Pidato : Whenni K. XII L.K

Whenni K. XII L.K

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yth. Bu Hakimah selaku Guru Bahasa Indonesia

Serta teman-teman yang saya banggakan.

Saya sampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di ruangan ini tanpa kurang suatu apapun.
Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato mengenai kewajiban kita untuk mencintai lingkungan.

Teman-teman yang berbahagia

Saat ini, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Hampir setiap hari hujan deras mengguyur wilayah kita dan bencana banjir mulai terjadi diberbagai daerah. Bencana banjir tersebut tak jarang menelan korban jiwa dan kerugian materi yang cukup besar. Bencana banjir seakan-akan menjadi agenda tahunan di negeri kita dan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk mencari solusi yang tepat guna mencegah dan menanggulangi bencana banjir. Pemerintah sendiri telah membuat program yang dinilai dapat mencegah dan menanggulangi banjir di setiap tahun, seperti Banjir Kanal Timur yang berada di Jakarta dan program penanaman sejuta pohon setiap tahun. Ini menjadi bukti nyata bahwa pemerintah telah berusaha menekan prosentase bencana banjir setiap tahun. Meskipun demikian, tidak kita pungkiri bahwa bencana banjir masih sering terjadi. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini bisa terjadi karena program yang dibuat oleh pemerintah tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Masih sering kita dengar mengenai penebangan hutan secara liar, kebiasaan membuang sampah sembarangan dan masih banyak yang lainnya.

Teman-teman yang berbahagia

Dapat kita simpulkan bahwa, program pemerintah tidak akan membuahkan hasil yang maksimal apabila tanpa kesadaran dari masyarakat sendiri untuk menjaga lingkungan. Kesadaran dari diri kita sendiri untuk menjaga lingkungan sangat diperlukan. Kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, dan menanamkan kebiasaan mencintai lingkungan sejak dini. Tidaklah sia-sia kita memulainya dari sekarang, semua yang kita lakukan demi menjaga lingkungan dan mewariskan kepada anak cucu kita kelak. Menjaga lingkungan sama dengan menjaga kelangsungan hidup. Oleh karena itu kita harus menanamkan pada diri kita sendiri untuk mencintai lingkungan. Sedangkan kita sebagai pelajar dapat memulainya dengan peduli lingkungan dikawasan rumah, sekolah dan disekitar kita. Sebagai generaasi penerus bangsa kita wajib untuk peduli terhadap lingkungan. Marilah kita jaga dan peduli terhadap lingkungan kita !

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaar bagi kita semua. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan saya sampaikan mohan maaf dan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply