NASKAH PIDATO : Nama Ahmad Andika Himawan

Nama: Ahmad Andika Himawan

NIM: 21030112120021

NASKAH PIDATO

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat, Bapak Camat Sekupang, Rofiq Nurdiyansyah, S.E., M.Hum.

Yang terhormat, Bapak Lurah Tiban, Drs. Ilyas Kiki.

Dan yang saya cintai, masyarakat Kecamatan Sekupang.

Alhamdulillah, puji syukur kita sampaikan ke hadirat Allah S.W.T. karena atas berkat rahmat dan limpahan karunia-Nya, kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir mengikuti acara Penyuluhan Teknologi Komunikasi dan Informasi bagi Masyarakat Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Tidak lupa, shalawat serta salam kita sanjungkan kepada nabi besar Muhammad S.A.W. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan untuk keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Camat Sekupang, Bapak Lurah Tiban, serta masyarakat yang telah memberikan waktu dan kesempatan kepada saya selaku staf ahli kementrian komunikasi dan informatika untuk menyampaikan pidato yang berjudul Dua Sisi Teknologi Komunikasi dan Informasi: Manfaat serta Dampaknya.

Masyarakat yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui, teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, dan lain-lain. Teknologi komunikasi adalah sarana dimana dapat disimpan, diolah sehingga terjadinya persamaan presepsi dan tindakan. Teknologi ini bertujuan untuk menghubungkan presepsi satu dengan yang lainnya yang dapat diterima secara global. Peran yang diberikan oleh teknologi komunikasi dan informasi adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan lain-lainya.

Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran. Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam sesama pengguna internet. Dunia internet semakin menjamah semua kalangan, termasuk kalangan anak-anak. Internet memungkinkan anak-anak mengambil ilmu pengetahuan atau informasi dari situs-situs yang tidak mengenal waktu dan jarak. Disamping itu masih banyak manfaat yang didapat dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet, misalnya:

Surat menyurat (e-mail).

Fasilitas ini sudah sering kita dengar karena dengan fasilitas ini tidak hanya untuk saling mengirim pesan yang panjang tetapi juga dapat mengirim tugas dalam proses pembelajaran.

Berbincang (chatting).

Fasilitas ini memungkinkan orang untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya dengan belahan dunia manapun.

Mengambil/mengirim informasi (download/upload)

Berbagai informasi apapun dapat diperoleh melalui internet, dan juga kita dapat mengirimkan (upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui.

Teknologi teleconference

Menggunakan teknologi teleconference dapat bertatap muka secara langsung dari tempat yang berbeda dengan beberapa orang secara sekaligus. Teknologi ini dapat menghemat waktu.

Mendapatkan hiburan

Tidak hanya bagi orang dewasa saja, anak-anak kecil pun sudah memanfaatkan internet, walaupun hanya untuk mendapatkan kesenangan. Misalnya bermain game online.

Memotivasi semangat belajar anak

Internet juga memotivasi cara belajar anak dengan cara memanfaatkan software yang menarik minat belajar anak. Isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kegembiraan.

Masyarakat yang saya hormati,

Sudah saatnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai hal dilaksanakan. Kami dari pemerintah juga terus memberikan penyuluhan-penyuluhan dan perhatian khusus kepada masyarakat tentang betapa banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi informasi dan komunikasi sehingga membantu pekerjaan yang terasa berat menjadi ringan. Tetapi sudah tidak diragukan lagi bahwa memang teknologi informasi dan komunikasi juga membawa dampak negatif, diantaranya:

Pornografi

Kekerasan

Penipuan

Perjudian

Kami pemerintah telah mengupayakan segala usaha untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Informasi Teknologi dan Elektronika (RUU-ITE) menjadi Undang-Undang Informasi Teknologi dan Elektronika (UU-ITE). Dengan begitu, barang siapa yang melakukan pelanggaran yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi akan langsung dijerat oleh pasal-pasal UU-ITE.

Masyarakat yang saya hormati,

Jadi kesimpulannya, keamanan teknologi informasi dan komunikasi bisa terancam, orang semakin gampang mencari informasi yang dibutuhkannya, hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan maka dengan sekejap informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut dapat muncul. Kita menjadi sulit membedakan informasi mana yang benar dan mana yang salah. Sekarang banyak orang yang tidak mempedulikan informasi tersebut benar atau salah, sehingga informasi ini malah justru dimanfaatkan untuk hal-hal yang megatif. Seharusnya kita sebagai pengguna teknologi harus bijak dalam memilih informasi mana yang benar dan mana yang salah agar tidak terseret kedalam tindakan yang negatif.

Demikian pidato yang saya sampaikan, jika ada salah kata dari saya mohon dimaafkan. Terakhir,

Jika pedang melukai tubuh

Ada harapan untuk sembuh

Jika kata melukai hati

Kemana obat hendak dicari

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply