Pidato : HAMDAN WASYUKRON LILLAH

Assalamualaikum Wr, Wb.

HAMDAN WASYUKRON LILLAH, Amma Badu.

Yang saya hormati Kepala UPTD pendidikan dasar Bapak. Basri, S.Pd.

Yang saya hormati Pengawas TK SD Bapak H. Epi sumarna, M.Pd.

Yang saya hormati para bapak dan ibu guru serta teman teman yang berbahagia.

Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan kita beribu-beribu bahkan berjuta-juta nimat . Alhamdulillah

Solawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada pemimpin kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman gelap gulita sehingga ke jaman yang terang benderang, dari jaman onta sampai jaman toyota. Alhamdulillah.

Teman teman sekalian yang berbahagia

Berdirinya saya disini akan berpidato dengan tema NUZULUL QURAN

Sebentar lagi tanggal 17 romadon akan tiba dan tentunya kita tidak akan lupa pada tanggal dimana terjadi peristiwa yang sangat bersejarah bagi ummat islam ialah malam pertama diturunkannya Al-Quranul Karim oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW digoa hiro.

Al Quran adalah kitab suci yang menjadi petunjuk bagi ummat manusia.

sebagaimana diterangkan dalam Al Quran surat albakoroh ayat 185 yang artinya :

bulan romadon, bulan yang didalamnya diturunkan AL QURAN sebangai petunjuk bagi manusia dan penjelasan -penjelasan megenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil

Teman-teman sekalian yang saya cintai!

Al-Quran diturunkan kepada Rosulullah SAW di goa Hiro pada waktu beliau berumur 40th lebih 6 bulan dan 8 hari. Atau 13 th sebelum beliau melakukan hijrah dari mekkah ke Madinah, terjadi pada tanggal 17 Romadhon, bertepatan dengan tanggal 6 Agustus tahun 610 Masehi.

Adapun ayat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah…

Iqro bismirobbikalladzi kholaq* kholaqol insana min alaq*Iqro warobbukal Akrom* alladzi allama bilqolam* Allamal insana malam yalam.

Dengan turunnya ayat ini, Maka Nabi Muhammad diangkat oleh Allah SWT sebagai rosul untuk seluruh umat manusia di dunia ini tanpa kecuali.

Sehubungan dengan itu kita sebagai umat islam yang telah dibekali dengan kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup dan yang kita peringati setiap bulan romadhon hendaknya dapat mengamalkan dan menjaganya. Karena dengan Al Quran itulah kita mendapat petunjuk didalam mengarungi kehidupan menuju ke jalan yang lurus dan benar serta jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Akhirnya marilah kita selalu berpegang kepaa Al Quran dan sunnah Rosul. Niscaya hidup kita tidak akan tersesat dan selalu didalam limpahan rahmat Allah.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan, tak ada gading yang tak retak segala salah hanyalah milik saya dan segala yang benar adalah milik Allah. Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin, Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr,Wb.

Leave a Reply