Print Pidato : Tugas Bahasa Indonesia

Tugas bahasa Indonesia

Disusun oleh:

Nama : Jauhari

Kelas : x.1

No.urut : 33

Nis : 11.2674

Kerangka pidato :

Pendahuluan

Isi

Pemuda adalah salah satu tiang kemajuan suatu ngara yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Peristiwa yang berhubungan dengan sumpah pemuda.

Pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk lebih giat dan aktif dalam mengisi kmerdekaan.

Kesimpulan

Penutupan

Teks pidato :

Sumpah pemuda

Yang terhormat kepala SMAN 21 makassar , yang saya hormati Ibu Hasmiati sebagai guru pembimbing, dan rekan-rekan seprjuangan .

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu,

Pemuda adalah salah satu tiang berdirinya suatu negara dimana pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan pembagunan negara. Negara berhasil ialah negara yang dapat membuat para pemudanya mempunyai sikap serta prilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur yang ada pada negara itu, namun akhir-akhir ini pemuda Indonesia tidak memperlihatkan hal itu dan yakin serta percaya bahwa hal tersebut dapat terjadi karena pudarnya persatuan , kesatuan serta ksetiakawanan diantara mereka.Sehingga apa? Terjadinya tawuran anatar pemuda, bentrokan , serta domokrasi yang berujung dengan keanarkisan.

Hadirin yang berbahagia.

Tapi, apakah sebenarnya yang mendorong kita sebagai kaum muda agar senantiasa memperingati hari sumpah pemuda? . Untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan itu , mari kita simak kembali sedikit peristiwa berhubungan dengan sumpah pemuda. Sebelum terjadinya kesepakan sumpah pemuda , pada saat itu Indonesia masih di belenggu penjajah . banyak organisasi pumuda yang hanya bersifat kedaerahan saja, disebut kedaerahan karena mereka hanya melakukan perlawanan di daerah saja tanpa persatuan antar-daerah.Diantaranya organisasi khusus pemuda Sulawesi, Jawa, Sumatra, Kalimantan, dll.

Namun setelah sadar, bahwa mereka sebagai pemuda dituntut untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakan (SARA) Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan.Sehingga saat itumereka mengadakan kongres pada tahun 1926 di Jakarta , selang dua tahun mereka mengadakan konres . para pemuda kembali mengadakan kongres untuk kedua kalinya tepaynta pada tanggal 28 oktober 1928 yang disebut dengan kongres pemuda ke II. Adapun isi dari sumpah pemuda itu adala: SATU NUSA, SATU BANGSA , DAN SATU BAHASA yaitu bangsa, dan bahasa Indonesia .Dengan semangat membaja karena cinta tanah air para pemuda bertekad bersama membebaskan Indonesia dari belenggu penjajahan dan belenggu kebodohan.Pada kongres pemuda kedua pada saat itu dikumandangkan lagu Indonesia raya yang mencermintakan semangat pahlawan serta semangat pemuda dlam memperoleh satu kata yaitu kemerdekaan.

Hadirin yang berbahagia.

Dengan semangat sumpah pemuda yang kita peringati ini saya menghimbau kepada tamen-teman selaku kaum muda yang akan melanjutkan pembangunan, dengan ini kita ciptakan ersatuan baik dari organisasi manapun , serta kita tingkatkan persaudaraan dan kesetiakawanan dalam mengisi pembagunan yang tengah menghadapi lepas landas yang membutuhkan persiapan mntal kita brsama,

Mulalaui peringatan sumpah pemuda, marilah kita mngambil hikma untuk kita jadikan bekal dalam mengarungi samudra kehidupan sebagai generasi penerus bangsa untuk lebih giat dan aktif dalam mengisi kemerdekaanngan melestarikan dan melangsungkan pembagunan demi terwujudnya negaraindonesia yang aman, damai dan sejahtera serta di rahmati-Nya.

Bapak, ibu serta hadirin yang berbahagia.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan . semoga apa yang saya sampaikan dapat memupuk persaudaraan, kesatuan , serta kesetiakawanan diantara kita. Dan sya mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang berkenen di hati saudara.

Saya akhiri,tak ada gadibg yang tak retak dan tak ada sungai yang tak bermuara.

Wabillahi taufik walhidayah wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Incoming search terms:

  • print pidato
loading...

Leave a Reply