Pidato Global Warming : Nama Dhisa Yunita Advika S.A

Nama: Dhisa Yunita Advika S.A

NPM: 210 110 120 432

Kelas Ilkom K

SAVE OUR EARTH FROM GLOBAL WARMING

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi,

Yang saya hormati, Ibu Siti Karlinah selaku dosen retorika, dan

Yang saya sayangi teman-teman sekalian.

Puji syukur kita ucapkan atas kehadiran Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya lah kita dapat berkumpul dikelas ini dalam keadaan sehat wal afiat. dan tak lupa pula shalawat beriring salam kita hanturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul save our earth from global warming. Kenapa saya memilih tema ini untuk saya sampaikan lewat pidato? Karena saya merasa perihatin dengan kondisi bumi yang kita tempati saat ini. Dari hari ke hari kondisi bumi kita ini semakin memburuk dan kita pun mungkin sekarang sudah bisa merasakannya. Global warming. Global warming adalah masalah yang sangat besar yang sedang dihadapi bumi saat ini. global warming merupakan proses pemanasan bumi yg disebabkan oleh menipisnya lapisan ozon sehingga suhu panas dapat mudah masuk langsung ke bumi, berdasarkan pemikiran dan percobaan para ahli, menyimpulkan bahwa global warming adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer,laut dan daratan bumi.

Global warming itu disebabkan oleh berbagai hal. Bumi kita ini sebenarnya memproduksi gas karbon atau gas polutan tetapi masih dalam kadar rendah. Namun, saat ini tingkat produksi gas polutan tersebut sangat berlebihan. Karena banyaknya pabrik dan industri yang menghasilkan polusi yang sangat besar. Energi matahari yang masuk ke bumi sebenarnya tidak semua energy tersebut dimanfaatkan oleh bumi. Sisa energi tersebut seharusnya dipantulkan ke luar atmosfer bumi namun, karena banyaknya gas polutan yang ada dibumi sisa energy tersebut tertahan dan sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup bumi. Fenomena ini sering disebut dengan efek rumah kaca yang merupakan penyebab utama dari global warming. Selain efek rumah kaca, penyebab global warming lainnya yaitu seperti bocornya lapisan ozon yang disebabkan oleh penggunaan lemari es, air conditioner, dan lain-lain. Penggunaan kayu dan kertas yang semakin meningkat, penggunaan kendaraan pribadi yang semakin meningkat dan meningkatnya penggunaan tenaga listrik juga merupakan penyebab dari global warming.

Ada sebab tentu saja ada akibat. Global warming sangat memberikan dampak yang buruk bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Seluruh Negara yang ada di bumi pasti akan merasakan dampak yang ditimbulkan dari global warming tak terkecuali Indonesia. Indonesia merupakan salah satu Negara yang paling dirugikan dari global warming. Kenapa tidak? Diperkirakan pada 2070 sekitar 800 ribu rumah yang berada di pesisir harus dipindahkan dan sebanyak 2.000 dari 18 ribu pulau di Indonesia akan tenggelam akibat naiknya permukaan air laut. Selain itu Indonesia juga akan kehilangan beragam jenis flora dan faunanya seperti contoh terjadinya pemutihan karang seluas 30 persen atau sebanyak 90-95 persen karang mati di Kepulauan Seribu akibat naiknya suhu air laut. Global warming juga akan berpengaruh terhadap perubahan iklim. Perubahan iklim yang ekstrem, perubahan iklim yang tidak menentu akan menyebabkan terjadinya beragam jenis penyakit, menimbulkan bencana alam seperti longsor, banjir, angin topan, angin puting beliung dan sebagainya. Perubahan iklim ini juga memberikan dampak yang paling parah pada pasokan air. Kekurangan air di masa depan kemungkinan akan mengancam produksi pangan, mengurangi sanitasi, menghambat pembangunan ekonomi dan kerusakan ekosistem. Dan masih banyak dampak lainnya. Bisa dibayangkan bagaimana kehidupan yang akan dijalani oleh anak cucu kita dimasa depan nanti? Sangat menyedihkan.

Nah, untuk itu kita bisa melakukan sesuatu mungkin dari hal kecil untuk memperlambat proses global warming. Kita mungkin sudah tidak bisa mencegah tapi setidaknya kita masih bisa memperlambat. Sebagai remaja ada beberapa hal yang bisa kita lakukan secara nyata untuk memperlambat global warming. Yang pertama, batasi penggunaan kertas. Gunakanlah kertas se-efektif mungkin misalnya dengan mencetak print out bolak-balik pada setiap kertas. Bila anda nge-print sesuatu yang tidak terlalu penting, gunakanlah kertas bekas yang dibaliknya masih kosong. Gunakanlah kendaraan umum. Dengan menggunakan kendaraan umum, itu sama saja kita mengurangi emisi gas rumah kaca, karena dalam satu kendaraan umum bisa mengangkut puluhan orang, dan itu sangat hemat energi. Dibandingkan dengan kendaraan pribadi seperti sedan yang hanya mengangkut maksimal empat orang. Hindarilah screen saver. Shut down Komputer anda jika tidak akan digunakan dalam jangka lama, atau jika anda terpaksa meninggalkan komputer dalam keadaan menyala, matikan screen saver. Karena dengan mengaktifkan screen saver akan memakan energi dan mengeluarkan emisi Co2 yang sangat banyak. Selain itu, matikanlah listrik selama satu jam. Hanya dengan satu jam saja kita bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang. Mudahkan cara yang bisa langsung kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperlambat atau mengurangi dampak dari global warming? Maka dari itu, marilah kita bersama-sama melaksanakan hal-hal tersebut demi memberikan perubahan dimasa yang akan datang.

Manusia yang menyebabkan global warming maka manusia juga yang harus menghentikan global warming. Dimulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai saat ini.. Dan buatlah anak cucu kita nanti masih dapat merasakan indahnya dunia tanpa global warming. Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Reply