Pidato Pembukaan Pim IV 2011

13

13

PENGARAHAN

BUPATI ROKAN HULU

PADA ACARA PEMBUKAAN

DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV (DIKLATPIM TK. IV) ANGKATAN KE VII

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH

KABUPATEN ROKAN HULU

Pekanbaru, Tanggal September 2011

Yth. Bapak Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau (atau yang mewakili)

Yth. Ibu Kepala UPT Balai Diklat Pegawai Provinsi Riau;

Yth. Widyaiswara/tenaga pengajar UPT Balai Diklat Pegawai Provinsi Riau;

Yth. Panitia Penyelenggara dan seterusnya para peserta Diklat yang saya hormati.

Sebelumnya marilah kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya Kepada ALLAH SWT yang telah memberikan nikmat yang luar biasa kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita dapat melanjutkan perjuangan kita membangun daerah ini dan meningkatkan kualitas aparatur kita melalui PEMBUKAAN PENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TINGKAT IV (DIKLATPIM TK. IV) ANGKATAN VII DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN ANGGARAN 2011.

Shalawat beserta salam kita sampaikan pula kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW, dengan ucapan Allahumma Shalli Ala Muhammad Wa Ala Ali Muhammad.

Hadirin dan peserta Diklat yang berbahagia,

Tidak dapat kita pungkiri birokrasi sebagai unsur utama dalam penyelenggaraan pemerintahan masih lemah baik dalam sisi kualitas Sumber Daya Manusia maupun dedikasi, hal tersebut bukanlah hal yang dilebih-lebihkan dan, meskipun kabupaten Rokan Hulu sudah mampu meningkatkan dispilin Pegawai melalui berbagai kebijakan, namun masih perlu perbaikan-perbaikan di sana-sini terutama pada kualitas Pegawai Kita.

Apalagi dalam menghadapi tantangan global, kita ditantang oleh tingginya kualitas dan produktifitas kerja yang maksimal. Melihat kompleksitas masalah sekarang ini, dalam organisasi memerlukan pemimpin yang berorientasi pada corak kepemimpinan masa kini. Kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang mampu membawa organisasi sesuai dengan asas-asas manajemen modern, sekaligus bersedia memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan kepada bawahan dan masyarakat luas. Karena itu keberhasilan seorang pemimpin dapat dinilai dari produktivitas dan prestasi yang dicapainya, juga dapat dinilai dari kepiawaiannya dalam memimpin suatu organisasi. Untuk mendapatkan pemimpin yang sesuai dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini, diperlukan kejelian dalam menghadapi segala permasalahan-permasalahan yang ada, disamping itu juga harus mempunyai kemampuan memimpin, kemampuan intelektual yang tidak diragukan sehingga di dalam memutuskan suatu kebijakan dapat diterima baik oleh masyarakat luas maupun di dalam organisasi yang dipimpinnya.

Pemberdayaan adalah kata kunci untuk memperlancar latihan pengetahuan. Menurut Jack Welch, organisasi pada abad ke 21 akan berkonsentrasi pada tujuan setiap orang karena masing-masing mempunyai informasi dan kekuasaan yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan. Akan ada banyak cara dalam melakukan hal-hal yang dianggap tepat, tidak hanya satu cara saja. Tim dan individu, keduanya akan diberdayakan tetapi pemberdayaan ini akan menghadirkan suatu hal yang lebih maju dibandingkan dengan yang ada sekarang. Orang akan diberdayakan menjadi self-leader yang benar dan akan meningkatkan kemampuan mengatasi sistem kekuasaan yang meningkat.

Seorang super leader harus mampu memimpin orang lain, dan memimpin dirinya sendiri, sehingga menyerahkan hampir sebagian besar keputusannya. Super leader hanya membuat keputusan yang penting, yang benar-benar dipikirkan secara matang dalam waktu yang cukup panjang agar keputusan itu benar-­benar berharga. Keputusan lainnya dibuat oleh orang-orang yang tepat sesuai dengan masalah, isu atau peluangnya. Sebagai super leader harus mengidentifikasi 5 peran:

Sebagai pemimpin, penjaga utama, penterjemah, Guru.

Sebagai penasehat utama.

Sebagai petugas akuntabilitas.

Sebagai selebrator, cheer leader yang dapat membantu memecah konflik.

Sebagai pemimpin yang memilih orang yang akan membuat keputusan akhir.

Untuk membangkitkan rasa memiliki yang konsisten dengan organisasi belajar, dapat dilakukan melalui pemanfaatan kelompok di seluruh organisasi. Dalam hal ini tidak diperlukan peraturan baku, dan prosedur yang detil. Buku panduan yang diperlukan adalah organisasi pembelajar, dimana orang-orang di sekitar kegiatan dapat berkreasi dan mengkreasikan kembali, membuat keputusan, strategi dan mengalokasikan keuangan dan anggaran yang tersedia.

Manusia pada dasarnya akan bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Beberapa prinsip dasar yang harus digunakan dalam rangka penerapan premis di atas yaitu :

Mengurangi jumlah tingkat pengawasan untuk

meningkatkan komunikasi

Membentuk kelompok untuk dapat bekerja sama.

Tiap kelompok diorganisir dalam bentuk

pengelolaan diri sendiri.

Proses perubahan penting diimplementasikan

secara bottom up.

Jalan menuju pengelolaan diri sendiri cukup

berbeda satu dengan yang lainnya.

Prinsip-prinsip perubahan ini harus menjadi inspirasi dan panduan bagi nilai-nilai inti organisasi dan selalu menggambarkan proses bottom up yang menunjukkan percaya diri yang besar bahwa pegawai yang memiliki kemampuan khusus untuk mengerjakan hal-hal yang paling cocok dengan mereka. Kegiatan seperti itu akan menciptakan lingkungan yang memiliki nilai yang menyenangkan bagi setiap karyawan.

Untuk bisa mengelola diri sendiri atau memimpin diri sendiri, seorang super leader maupun self leader harus bisa berpikir kreatif dalam menjawab tantangan-tantangan persaingan yang dihadapkan pada mereka yang dalam tujuan keseluruhannya adalah pencapaian tujuan organisasi secara maksimal.

Hadirin dan peserta Diklat yang berbahagia,

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, untuk dapat menjadi perhatian kita bersama. Selanjutnya kepada para peserta DIKLATPIM Tk. IV angkatan VII saya pesankan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan, sikap dan tingkah laku saudara selama melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan ini. Disiplin terhadap waktu, karena pada dasarnya Pendidikan dan Pelatihan adalah membentuk kepribadian yang baik. Sehingga nantinya tujuan dari pelaksanaan Diklat ini dapat tercapai dengan baik sesuia harapan dari pemerintah. Sementara kepada panitia saya berpesan untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik, tertib dan lancar sehingga memberikan manfaat bagi kita semuanya.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Selasa, tanggal 27 September 2011, Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VII di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2011 secara resmi saya nyatakan dibuka, semoga Allah Subhanahu Wataala melindungi kita semua.

terima kasih.

Wabillahitaufik walhidayah

Assalamualaikum wr. wb

BUPATI ROKAN HULU,

Drs. H. ACHMAD, M.Si

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Latihan Kab. Rokan Hulu

Leave a Reply