Pidato BI : Selamat Pagi,

Selamat pagi,

Yang terhormat Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Suster, Bapak/Ibu Guru, Karyawan Karyawati dan teman-teman sekalian. Mari kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME karena atas berkat dan rahmatnya kita telah diizinkan berkumpul bersama disini.

Kita semua menyadari bahwa lingkungan yang tepat dan mendukung untuk kegiatan belajar mengajar adalah lingkungan yang bersih. Tanpa kebersihan, kita tidak dapat konsentrasi dalam belajar. Seperti contoh, beberapa murid lebih fokus memperhatikan kantong plastik yang terbang tertiup angin daripada gurunya yang sedang menjelaskan di depan kelas. Atau para murid marah-marah akan bau sampah dan tidak fokus belajar.

Kita sering melihat tulisan seperti, Bersih pangkal sehat, kebersihan adalah bagian iman, dsb. Tetapi apakah tulisan tersebut sudah mendorong kita untuk menjaga kebersihan? Janganlah tulisan tulisan tersebut hanya menjadi hiasan.

Sebelum kita lebih lanjut membahas tentang kebersihan lingkungan, kita itu harus mengetahui apa arti dari kebersihan lingkungan itu sendiri. Kebersihan lingkungan adalah kondisi dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dan kesehatan dapat terjaga dengan baik.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada musim hujan seperti ini, itu sangat diperlukan. Karena di masa-masa seperti ini, bibit penyakit mudah tersebar. Juga berhubung karena sebentar lagi kita akan menghadapi Ujian Nasional, kita harus tetap menjaga kesehatan kita dengan baik agar dapat mengikuti Ujian dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Sekarang kita telah menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan. Untuk menjaga kebersihan lingkungan kita bisa memulai dengan hal yang kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Masih banyak sampah seperti plastik, dan botol minum berserakan di sekitar lingkungan sekolah kita. Kita harus membuangnya di tempat sampah yang telah tersedia di berbagai tempat di sekitar sekolah kita.

Kebersihan lingkungan lain yang juga biasanya kurang diperhatikan adalah kebersihan kamar mandi. Beberapa orang kurang sadar apabila menyiram toilet setelah buang air besar atau kecil itu sangatlah penting. Karena kamar mandi yang kotor bisa menjadi sumber penyakit. Seperti malaria, DBD, diare, dsb.

Kebersihan lingkungan yang patut dijaga tidak hanya lingkungan sekolah. Melainkan juga lingkungan di sekitar rumah tempat tinggal kita. Karena sebagian besar hal berasal dari rumah kita sendiri. Dari keluarga dan lokasi pergaulan kita juga.

Jadi sekarang kita telah menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan cara menjaganya. Juga dengan menjaga kebersihan kita sama saja menjaga uang kita. Semoga setelah pidato ini lingkungan sekolah dapat menjadi lebih bersih. Sebagai penutup, saya ingin mengajak kita semua untuk saling tolong menolong menjaga kebersihan lingkungan sekolah ini, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung untuk berbagai macam kegiatan.

Demikian pidato saya, apabila ada salah kata, dan kekurangan mohon dimaklumi. Tuhan memberkati, dan terima kasih.

loading...

Leave a Reply