Pidato : Hanggara Phur Indratiasto

Hanggara Phur Indratiasto

21060111083015

PIDATO KETUA HIMPUNAN DALAM RANGKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2013

Assalamualikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Yuniarto, ST., MT. selaku Ketua Program Studi Diploma 3 Teknik Elektro Universitas Diponegoro

Yang saya hormati jajaran staf pengajar dan teknisi Program Studi Diploma 3 Teknik Elektro Universitas Diponegoro

Yang saya banggakan mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Diploma 3 Teknik Elektro

Dan tak lupa pula mahasiswa baru angkatan 2013 yang saya cintai.

Alhamdulillahirabbilalamin, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, rizki, kesehatan serta hidayah-Nya sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul di acara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PSD 3 Teknik Elektro Undip.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku ketua himpunan PSD 3 Teknik Elektro ingin menyampaikan beberapa pesan, khususnya untuk mahasiswa baru angkatan 2013.

Yang pertama, saya ingin mengucapkan selamat datang untuk mahasiswa baru angkatan 2013. Selamat belajar di lingkungan PSD 3 Teknik Elektro Undip dan semoga dapat segera beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran di jurusan ini. Mulai hari ini, kalian memasuki tahap pendidikan lanjutan, setelah berhasil menyelesaikan tahap pendidikan sebelumnya. Pada tahap pendidikan lanjutan ini, kalian akan mengikuti suatu proses pendidikan yang lebih tinggi, yang keberhasilannya selain ditentukan oleh kemampuan akademis, juga ditentukan oleh kedewasaan, kemandirian dan kerja keras. Saya yakin sekali, kakak-kakak angkatan kalian, serta staf pengajar dan teknisi disini akan senang menyambut kedatangan kalian.

Yang kedua, sebagaimana kalian ketahui, setiap perubahan jenjang pendidikan itu pasti ada program penyesuaian dan adaptasi, di tingkat universitas program ini biasa disebut dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau sering disebut dengan OSPEK. Kita semua tahu bahwa setiap universitas selalu melaksanakan kegiatan OSPEK untuk para mahasiswa barunya, baik itu tingkat fakultas maupun tingkat jurusan. Selain memiliki tujuan untuk membantu para mahasiswa baru agar segera menyesuaikan diri terhadap lingkungan pendidikan di jenjang universitas, program OSPEK juga mempunyai tujuan membentuk mental para mahasiswa baru untuk segera membenahi diri, untuk segera mengeluarkan jati dirinya dan untuk segera merubah dan membentuk sikap kedewasaan akan sebuah tanggung jawab. Kakak-kakak angkatan kalian sudah menyusun program sedemikian rupa untuk membantu proses adaptasi kalian. Saya yakin bahwa acara ini akan bermanfaat untuk kalian. Kegiatan ini akan mempercepat proses penyesuaian diri kalian.

Hadirin yang terhormat,

Selama pelaksanaan OSPEK nanti, mungkin akan ada banyak tugas dari kakak-kakak kalian. Semua tugas-tugas tersebut diberikan pada kalian agar kalian semua memiliki rasa tanggung jawab yang besar, untuk segera menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Tugas-tugas tersebut hanyalah bagian kecil dari sekian banyak tugas yang akan kalian laksanakan selama kuliah. Semua tugas awal dari kakak-kakak kalian semata-mata mengukur kesiapan kalian untuk melaksanakan pembelajaran di lingkungan universitas. Kalau diberi tugas yang mudah dari kakak-kakak kalian saja kalian tidak sanggup, lantas bagaimana nasib kalian kalau bapak ibu dosen juga memberi tugas yang nyatanya akan lebih sulit. Kalian nanti akan merasakan gunanya dilaksanakan serangkaian program OSPEK ketika kalian mulai kegiatan kuliah kalian nanti. Oleh karena itu, seriuslah dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan OSPEK ini.

Hadirin yang terhormat,

Pada akhimya, sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan saudara menjadi mahasiswa Undip di PSD 3 Teknik Elektro. Semoga Allah SWT melimpahkan rasa kepedulian dan kebersamaan yang tinggi, kekuatan dan kesabaran dalam upaya mencapai cita-cita luhur kita bersama pada kita semua.

Amin.

Wabillahi taufik walhidayah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply