Pidato : Menanggulangi Terlambat Masuk Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahterah bagi kita semua. Yang terhormat ibu Sri selaku guru bahasa Indonesia dan teman-teman semua yang saya banggakan. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadiran Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul kembali di kelas XII IPA 2 ini dengan keadaan sehat walafiat. Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah membimbing dan membawa kita dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang benderang.

Teman-teman yang kubanggakan, apakah yang sering kalian lihat di pintu masuk SMAN 4 Jember, jika jarum jam sudah menunjukkan pukul 06.45 lebih?

Ya, benar sekali! Pasti kita semua melihat teman-teman kita yang sedang berlarian, bergegas untuk menuju kelas masing-masing, berharap agar tidak terlambat mengikuti pelajaran yang akan dimulai. Keterlamabatan merupakan masalah sehari-hari di sekolah kita, yang dianggap sepele oleh beberapa siswa-siswi yang terlambat. Itu salah besar! Bila kita sering terlambat, hal itu akan menjadi kebiasaan dalam hidup kita. Tidak hanya dalam lingkup sekolah, kebiasaan terlambat akan terus membawa kita dalam kebiasaan sehari-hari yang kurang baik. Apakah kita tidak merugi jika kita terlambat sekolah? Tentu saja kita merugi sekali contohnya, kita bisa ketinggalan pelajaran, mendapat sangsi dari pihak BK dan juga mendapat keterangan alpa dari beberapa guru tertentu.

Sebenarnya hal keterlamabat merupakan suatu masalah pengaturan waktu yang kurang baik atau kurang disiplin. Dimana kita masih belum dapat menghilangkan kebiasaan-kebiasaan kita diwaktu malam seperti, begadang , menonton TV sampai larut malam dan sebagainya. Saya memiliki tips-tips yang menarik agar teman-teman semua tidak lagi terlambat. Pertama yang terpenting gunakan waktu se-effesien mungkin, kedua jangan begadang atau melakukan kegiatan yang tidak penting sampai larut malam, ketiga pasang alarm untuk membiasakan anda bangun lebih pagi, keempat hindari minum kopi yang mengandung kafein pada malam hari, yang kelima ini hal yang terpenting, yaitu jangan lupa berdoa sebelum tidur! Khususnya untuk teman-teman yang sering terlambat. Saya yakin anda bisa untuk tidak terlambat kembali apabila anda sudah mempuyai niatan yang bulat untuk, memperbaiki kebiasaan yang kurang baik tersebut.

Demiakian pidato dari saya, apabila ada salah kata yang menyinggung perasaan teman-teman semua, saya mohon maaf.  Wa taufiq wal hidayah Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nama: Sandy Tri Radianto

Kelas: XII IPA 2

Nomor: 29

Leave a Reply