Pidato Aja : Nama Vita Khoirisha Diana

Nama: Vita Khoirisha Diana

Kelas: XII AP 1

MENINGKATKAN PERAN GENERASI MUDA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA

                   :

Yang terhormat Drs. Hudlori, M.Pd selaku penguji dan teman teman yang saya cintai.

     Pertama marilah kita panjatkan puja syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita nikmat sehat jasmani dan rohani, sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

        Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang membawa kita dari zaman unta sampai ke zaman honda seperti sekarang ini.

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, serta teman temanku yang sayangi.

Pada kesempatan kali ini perkenanlah saya menyampaikan sedikit ulasan tentang Meningkatkan Peran Serta Generasi Muda untuk Melestarikan Budaya Nasional. Bangsa Indonesia memiliki beribu ribu budaya dari puluhan ribu pulau yang ada. Banyak sekali kebudayaan yang dapat kita pelajari. Keragaman budaya di Indonesia   memang tidak bisa dipungkiri lagi keberadaannya. Akan tetapi, sangat minim sekali kepedulian masyarakat Indonesia untuk melestarikannya. Masih banyak mayoritas masyarakat menganggap bahwa kebudayaan Indonesia sangat membosankan untuk diikuti perkembangannya.

Saat sekarang ini contohnya, kita ambil dari sekeliling kita. Anak anak kecil, mereka cenderung terbawa oleh teknologi yang memanjakan mereka dengan berbagai macam mainan digital, game online, duduk berjam jam di depan komputer hanya untuk bermain game. Sedikit sekali anak anak yang masih mau bermain mainan tradisional seperti enggrang, lompat tali, dan lain sebagainya. Bahkan anak anak sekarang beranggapan bahwa permainan tradisional itu kuno, dan bukan zamannya lagi untuk dimainkan lagi. Sekali lagi perlu kita ketahui bahwa budaya sangat perlu dilestarikan, karena itu adalah warisan bagi penerus bangsa.

Generasi muda adalah penerus bangsa, kitalah pemegang estafet kepemimpinan bangsa di masa depan. Generasi muda memiliki peran penting dalam menentukan masa depan suatu bangsa. Kita yang akan memimpin bangsa di masa depan. Peran generasi muda untuk melestaikan kebudayaan sangatlah penting. Kita patut bangga terhadap budaya kita. Mengapa demikian? Budaya kita sudah dikenal di luar negeri sana. Seharusnya kita bersyukur karena kita tidak perlu susah payah menciptakan, kita hanya perlu menjaga dan mempertahankan agar kebudayaan kita tidak punah, dan masih bisa kita ajarkan kepada anak cucu kita.

Bapak dan Ibu guru dan teman temanku yang saya banggakan.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melestrikan budaya kita. Contohnya, dengan mengadakan kesenian daerah sebagai ekstrakulikuler. Seperti megadakan ekstrakulikuler tarian tradisional, grup paduan suara dengan lagu traisional, dan lain lain. Sehingga dengan mengikuti kegiatan tersebut paara peserta didik di sekolah mampu mengenbangkan diri dan nantinya bisa melestarikan kebudayaan negara Indonesia. Contoh lainnya yaitu dengan mengadakan pertunjukan kebudayaan, misalnya pada saat perpisahan, para siswa bisa ikut serta menjadi pengisi acara tersebut. Dengan demikian secara tidak langsung bisa menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan bangsa. Usaha usaha tersebut hanyalah sebadian kecil untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia. Oleh karena itu, marilah kita mulai dari diri kita sendiri, para generasi muda untuk menanamkan rasa cinta tanah air, cinta terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

Bapak dan Ibu guru dan teman temanku yang saya banggakan.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan tutur kata yang kurang berkeanan di hati Bapak dan Ibu guru sekalian.

Wasalamualaikum Warahnatullahi Wabarakatuh.

http://crazyfootbalista.blogspot.com/2013/04/pdato-hari-kebangkitan-nasional.html

Leave a Reply