Pidato Rabun Jauh : Yth. Guru Bahasa Indonesia, Bapak Edi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Guru Bahasa Indonesia, Bapak Edi spd. dan teman-teman yang saya banggakan.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul disini. Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak guru yang telah memberi kesempatan untuk berpidato dihadapan teman-teman. Pidato saya ini berjudul Menjaga kesehatan mata dari rabun jauh.

Bapak guru dan teman-teman yang saya hormati.

Mata adalah indera yang digunakan untuk melihat lingkungan sekitarnya dalam bentuk gambar sehingga mampu mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya dengan cepat. Jumlah mata manusia ada dua buah yang bekerja saling menunjang satu sama lain. Jika salah satu atau kedua mata kita mengalami gangguan pada fungsinya, maka saat itulah kita mengalami gangguan pada kesehatan mata.

Berkaitan dengan kesehatan mata, saya yakin kita sering mendengar kata rabun jauh, tapi belum tentu semua tahu apa maksudnya. Rabun jauh sering juga disebut dengan mata minus atau miopi. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas bila tidak dibantu dengan kacamata berlensa minus, walaupun penyakit ini tidak menular namun kita harus mencegah penyakit ini agar mata kita tetap sehat dan dapat melihat dengan jelas.

Bapak guru dan teman-teman yang saya hormati.

Menurut survey lembaga kesehatan mata, orang kota memiliki resiko lebih tinggi menderita rabun jauh dibanding orang desa. Faktanya adalah bahwa kebanyakan orang di kota menghabiskan banyak waktu bekerja atau berada di tempat yang jarak pandangnya tidak jauh. Contoh aktifitasnya adalah bekerja di depan komputer, membaca buku sambil tiduran, bermain video game, nonton tv terlalu dekat dan lain-lain. Dengan aktifitas seperti itu membuat mata kita tersiksa karena terus-menerus harus melihat jarak dekat tanpa banyak melihat jarak jauh. Alhasil mata kita yang tadinya tidak memiliki masalah melihat jarak jauh kini menjadi sulit melihat jarak jauh atau penglihatan kita menjadi buram.

Bapak guru dan teman-teman yang saya hormati.

Berdasarkan masalah yang saya sebutkan tadi, maka sebaiknya setiap orang perlu memperhatikan kesehatan matanya terutama dari penyakit rabun jauh dengan menjaga keseimbangan jarak pandang antara yang jauh dan yang dekat dan segera istirahatkan mata jika sudah terlalu lama melihat jarak dekat agar otot mata tidak stress dan kaku. Hindarilah kegiatan yang dapat merusak mata. Bantulah dengan meminum jus wortel dan lakukan senam mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik. Senam mata adalah salah satu sarana yang dianjurkan para ahli untuk menyembuhkan rabun jauh sehingga dapat membebaskan kita dari penggunaan kacamata dan lensa kontak yang terkadang membosankan dan menyebalkan. Saya berharap apa yang saya sampaikan tadi dapat teman-teman ambil manfaatnya, sehingga kesehatan mata teman-teman bisa terjaga dengan baik dan tidak perlu memakai kacamata seperti saya.

Demikian pidato singkat saya, semoga bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf bila ada kesalahan, saya akhiri wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb.

Kesesuaian dengan isi tema:5

Kedalaman isi/gagasan/ide:5

Kelengkapan unsur pidato(kerangka):5

Kalimat efektif:4

Penilaian kata dan tanda baca:4

23 x 4 = 92

Incoming search terms:

  • Teks Pidato tentang mata minus atau miopi
loading...

Leave a Reply