Pidato Official : Yth. Walikota Kota Bandung,

Yth. Walikota Kota Bandung,

Yth. Ketua Pelaksana Pembangunan,

Yth. Kepala Pengurus Perpustakaan,

Saudara-saudara yang saya hormati.

Salam sejahtera untuk kita semua,

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul disini dalam acara peresmian perpustakaan kota.

Latar belakang didirikannya perpustakaan ini adalah karena kurangnya minat membaca masyarkat sehingga membuat bangsa kita menjadi terbelakang dalam ilmu pengetahuan. Perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Perlu diketahui bahwa minat membaca bagi suatu bangsa sangatlah penting. Dengan tingginya minat membaca, wawasan terhadap dunia akan terbuka lebar. Dengan membaca kita dapat kita dapat melihat dunia jauh lebih luas. Membaca juga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan kita. Tingkat ilmu pengetahuan sangat memperngaruhi perkembangan suatu bangsa. Negara-negara maju memiliki tingkat ilmu pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Hal ini disebabkan karena minat membaca masyarakat di negera maju jauh lebih tinggi di negara berkembang. Oleh karena itu, jika negara kita ingin maju mulailah dengan rajin membaca.

Pada tahun 2012 Indonesia berada di posisi 124 dari 187 negara dunia dalam penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), khususnya terpenuhinya kebutuhan dasar penduduk, termasuk kebutuhan pendidikan, kesehatan dan melek huruf. Indonesia sebagai Negara berpenduduk 165,7 juta jiwa lebih, hanya memiliki jumlah terbitan buku sebanyak 50 juta per tahun. Itu artinya, rata-rata satu buku di Indonesia dibaca oleh lima orang. Tentu saja hal ini sangat memprihatinkan mengingat bahwa bangsa kita ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara maju. Sangat disayangkan potensi tersebut tidak dapat dikembangkan karena tingkat pendidikan yang rendah akibat minat membaca yang sangat minim.

Hadirin yang saya hormati,

Saya berharap, semoga dengan adanya perpustakaan ini dapat memperbaiki tingkat minat membaca masyarakat agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, masyarakat akan menjadi cerdas dan berwawasan luas sehingga dapat memajukan negara tercinta kita ini.

Sekian kata sambutan yang dapat saya sampaikan. Bila ada salah kata saya mohon agar dimaafkan. Atas perhatian Anda, saya mengucapkan terima kasih.

Incoming search terms:

  • pidato hari jadi kota bandung
  • pidato ulang tahun kota bandung
  • contoh pidato berterima kasih menjadi walikota
  • contoh pidato di bandung
  • pidato hut kota bandung
  • pidato persuasif dengan tema seandainya menjadi walikota
  • pidato sunda berjudul kota bandung
  • pidato tentang ulang tahun bandung
  • pidatp peresmian kota
loading...

Leave a Reply