PIDATO HERY : LAPORAN KETUA PANITIA PELAKSANA PENINGKATAN

LAPORAN KETUA PANITIA PELAKSANA PENINGKATAN MUTU TENAGA KEPENDIDIKAN KHUSUS BAGI GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPA DALAM HAL PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEQIP DAN MEQIP TAHUN 2010

Assalamu Alaikum warrohmatullohi wabarokatuh dan selamat pagi salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat ibu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Mamuju

Yang terhormat Bapak Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kab.Mamuju

Yang terhormat Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kec.Mamuju

Yang terhormat Bapak Instruktur/fasilitator Matematika dan IPA

Yang terhormat Pengawas Pendidikan Dasar wilayah I Kec. Mamuju

Yang terhormat Ketua komite RSDBI No 1 Mamuju

Yang terhormat Kepala RSDBI No 1 Mamuju

Dan yang terhormat para peserta pelatihan

Alhamdulillah, pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita sekalian, dengan rahmat dan hidayah itulah, sehingga kita bisa berkesempatan untuk hadir ditempat ini dengan tiada halangan suatu apapun juga. Tak lupa pula shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, bersama para sahabat dan segenap keluarganya.

Hadirin para peserta pelatihan dan para tamu undangan yang saya hormati

Sebagai ketua panitia penyelenggara kegiatan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran bapak, dan ibu guru sekalian dalam kegiatan pelatihan ini terkhusus buat para pemandu yang telah meluangkan waktunya untuk hadir ditempat ini. Rasa terima kasih saya sampaikan pula kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini. Tanpa bantuan bapak, ibu dan rekan-rekan semua. Kami segenap panitia tak akan bisa bekerja dengan baik. Semoga bantuan bapak, ibu dan rekan-rekan sekalian diterima allah swt dan dibalas dengan pahala setimpal. Amin. Tak lupa pula kami segenap panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya bilamana dalam kegiatan ini masih kurang memenuhi selera dan hati para peserta. Saya menyadari semua itu karena keterbatasan pengalaman kami dalam hal ini.

Hadirin para peserta pelatihan dan para tamu undangan yang saya hormati

Salah satu visi kementerian pendidikan nasional tahun 2025 adalah menghasilkan insan Indonesia cerdas dan kompetitif . Yang dimaksud dengan insan Indonesia cerdas adalah insane yang cerdas komprehensif, yaitu cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas social, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik. Dalam rangka mencapai visi tersebut pemerintah melalui direktorat pembinaan TK dan SD, direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan menengah telah memberikan bantuan peningkatan mutu matematika dan IPA tahun 2010 yang disalurkan melalui DIPA kegiatan peningkatan manajemen SD tahun 2010, nomor : 034.0/023-03.0/-/2010 tanggal 31 desember 2009 kepada seluruh RSDBI dan SDSN 33 provinsi se Indonesia dengan –

Tujuan untuk meningkatkan mutu RSDBI dan SDSN khususnya di Sulawesi barat dari komponen pengembangan pembelajaran dan teknik evaluasi, serta fasilitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika dan IPA di sekolah dasar. Dan Mendekatkan pola pengelolaan pembelajaran konvensional teacher centre dengan pola berpusat pada siswa student centre pada mata pelajaran Matematika dan IPA di sekolah dasar.

Hadirin para peserta pelatihan dan para tamu undangan yang saya hormati

Seperti kita ketahui salah satu permasalahan utama pendidikan di Indonesia saat ini khususnya di Sulawesi Barat adalah terjadinya disparitas atau keragaman mutu pendidikan khususnya yang berkaitan dengan 1. Ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memadai secara kuantitas, kualitas, maupun kesejahtreraanya, 2) sarana dan prasarana belajar yang belum memenuhi kebutuhan, kalaupun ada tidak dimanfaatkan secara efektif, 3) pendanaan pendidikan yang belum memadai untuk menunjang terciptanya proses belajar mengajar yang optimal. Permasalahan tersebut diatas akan bertambah parah, jika tidak didukung dengan komponen utama pendidikan seperti kurikulum, sumber daya manusia yang berkualitas, sarana dan prasarana, serta pembiayaan yang belum memadai disegala aspek pendidikan. Oleh karena itu dengan adanya bantuan peningkatan mutu Matematika dan IPA tahun 2010 ini segala permasalahan yang kita hadapi saat ini akan bisa terselesaikan apabila semua stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan bantuan ini bisa bekerja sama demi terciptanya mutu pendidikan yang berkualitas di Indonesia khususnya di Sulawesi Barat yang malaqbi ini.

Hadirin para peserta pelatihan dan para tamu undangan yang saya hormati

Kegiatan pelatihan peningkatan mutu Matematika dan IPA tahun 2010 ini merupakan kegiatan yang ke-2 kalinya kita laksanakan, dimana pada kegiatan tahap pertama dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar tepatnya di SDSN 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulya selama 4 hari dan di ikuti beberapa guru Matematika dan IPA dari 5 sekolah yang berada di sekitar RSDBI dan SDSN, serta di bimbing langsung oleh pemandu atau pelatih yang telah melewati tahapan pelatihan yang dilakukan di tingkat pusat. Selain itu tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan atau guru RSDBI dan SDSN itu sendiri dalam hal bagaimana mempraktekkan komponen-komponen SEQIP dan MEQIP agar tercipta proses pembelajaran yang efektif , efisien dan menyenangkan. Oleh karena itu saya berharap kepada semua peserta pelatihan kiranya dapat mengikuti kegiatan ini sampai tuntas supaya ilmu yang kita dapatkan bisa diaplikasikan kepada teman guru yang lain utamanya pada anak didik kita demi terciptanya sumber daya manusia Sulawesi barat yang berkualitas yang unggul secara intelektual, anggun dalam moral, kompeten menguasai IPTEK, produktif dalam karya dan memiliki komitmen yang tinggi untuk berbagai peran social, serta berdaya saing terhadap daerah dan bangsa lain di era global sekarang ini.

Hadirin para peserta pelatihan dan para tamu undangan yang saya hormati

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada hari dan

Leave a Reply