Rka Naskah Pidato 20080526 141530

PIDATO PEMBUKAAN

OLEH KETUA FORUM KOMITE

PADA ACARA PEMBUKAAN

INDONESIAN REGIONAL INVESTMENT FORUM YANG KEDUA

Jakarta, Ritz-Carlton Pacific Place, 26 Mei 2008

Bismillaahirohmaanirrohiim

Assalamualaikum warohmatullaahi wabarakatuuh

Yang Terhormat Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono

Yang Terhormat Ketua, Wakil Ketua, Para Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia atau DPD-RI, Para Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Para Duta Besar Negara Sahabat, Para Gubernur, Bupati dan Walikota, bapak Ibu Para Hadirin sekalian yang saya hormati.

Selamat pagi.

Sebagai Ketua Indonesian Regional Investment Forum dan Wakil Ketua DPD-RI, merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat menerima Bapak ibu Para Hadirin sekalian hari ini di tempat ini pada Forum kami yang kedua, yang akan segera dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Yang Terhormat Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Indonesian Regional Investment Forum memiliki tujuan untuk dapat menjadi katalisator pembangunan di provinsi, kabupaten dan kota yang telah secara bersama-sama terbentuk sebagai kesatuan negara yang besar ini, Indonesia. Di hari yang berbahagia ini, kami mengundang Bapak Ibu Para Hadirin sekalian untuk bergabung serta berpartisipasi sesuai dengan perannya masing-masing, dalam upaya membangun daerah-daerah yang indah dan beraneka ragam, yang juga merupakan masa depan negeri kita tercinta. Jika kita dapat bersama-sama meningkatkan investasi ke daerah, maka pada saat yang kita akan turut menciptakan ekonomi secara keseluruhan, serta pula meningkatkan kesejahteraan social bagi masyarakat kita. Masing-masing dari para Hadirin sekalian yang ada di sini pada hari ini dapat memainkan peranan penting untuk mencapai semua yang kita cita-citakan bersama.

Setelah sesi pembukaan, Yang Terhormat Ketua DPD-RI Bapak Ginandjar Kartasasmita, seorang abdi masyarakat yang paling senior yang juga seorang politisi ulung, akan membahas lebih jauh mengenai bagaimana investasi dapat berperan sebagai katalisator pembangunan daerah.

Pada masa 18 bulan sejak Indonesian Regional Investment Forum atau IRIF yang pertama digelar, banyak kemajuan-kemajuan positif yang telah dicapai, IRIF yang kedua digelar pada saat dunia sedang giat-giatnya mengamati perkembangan proses reformasi di Indonesia, dengan diterapkannya tata cara dan aturannya investasi yang baru serta pertumbuhan ekonomi daerah yang kian pesat. Meroketnya harga-harga berbagai komoditas, baik itu sumber daya alam maupun sector pertanian, telah menciptakan tingkat pertumbuhan ekonomi yang begitu tinggi di banyak daerah di Indonesia. Para pucuk pimpinan di daerah-daerah saat ini sedang bersiap-siap dan menunggu untuk dapat bekerjasama dengan para investor agar bisa membangun industri serta infrastruktur yang lebih maju lagi dalam rangka melanjutkan proses pertumbuhan ekonomi yang pesat ini.

Saat ini, para pemimpin di daerah jauh lebih menyadari pentingnya kebutuhan akan investor, dan semakin mampu merumuskan berbagai kebijakan dan kesepakatan yang tentunya akan memberikan manfaat dan keuntungan bagi daerah yang dipimpinnya. Pada acara Gala Dinner yang akan diselenggarakan malam ini, DPD-RI akan menganugerahi para pemimpin berprestasi tersebut dengan Regional Trade, Tourism and Investment Award atau Penghargaan RTTI.

Berbagai perkembangan situasi yang terjadi di dunia saat ini, seperti meningkatnya kebutuhan pasokan dan harga konsumsi energi serta persaingan untuk mendapatkan sumber daya alam, juga memiliki peran signifikan dalam mendorong masuknya investasi ke daerah. Permintaan yang tinggi akan biofuel atau bahan baker organic hanya merupakan salah satu peluang bagi daerah-daerah di Indonesia yang dapat dimanfaatkan melihat potensinya yang begitu strategis.

Pada dua hari kedepan, Bapak Ibu serta Hadirin sekalian akan berkesempatan untuk mendengar secara langsung dari pemerintah pusat dan daerah di Indonesia Mengenai upaya-upaya apa saja yang telah ditempuh untuk meningkatkan iklim investasi dan memicu pertumbuhan ekonomi di daerah.

Saudara-saudara sekalian juga telah mendengar dari salah satu dari lima guru manajemen tingkat dunia, Dr. Kenichi Ohmae, atau Mr. Strategy seperti halnya disebutkan dalam The Economist, yang akan menyinggung beberapa pokok=pokok mengenai tantangan dan peluang untuk Indonesia untuk dapat menjadi pusa bisnis dan investasi global. Prestasi dari Dr. Ohmae esok akan melihat kepada pembangunan persaingan di tingkat nasional melalui pengembangan ekonomi daerah.

Kita juga sangat berntung dapat memiliki deretan pembicaraan tingkat internasional seperti Tun Musa Hitam, Ketua dari Sime Darby, Ketua Forum Ekonomi Negara-negara Islam, dan juga merupakan mantan Perdana Mentri Malaysia, juga Profesor Kenneth Couris, mantan Chief Economist dari Grup Deutsche Bank dan Wakil Ketua Goldman Sachs, dan juga Dr. Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Mentri Thailand dan juga Ketua Klub Sepak Bola Manchester. Pemimpin-pemimpin yang sangat luar biasa ini akan membagi perspektif mereka mengenai investasi dan membangun persaingan daerah untuk Indonesia.

Untuk Saudara-saudara sekalian yang tengah mencari peluang-peluang investasi, anda tidak akan kecewa. Indonesia Regional Investment Forum yang kedua ini membawa peluang-peluang yang sangat besar untuk dapat menciptakan manfaat investasi yang saling menguntungkan. Kurang lebih 200 proyek yang bernilai lebih dari 19 milyar dollar amerika yang berasal dari 40 kabupaten/kota di Indonesia akan ditawarkan kepada saudara-saudara dalam waktu dua hari mendatang. Proyek-proyek ini, baik skala kecil maupun besar, meliputi berbagai sector industri termasuk tambang dan energi, minyak dan gas, infrastruktur, pertanian, property, serta pariwisata.

Secara ringkas, Indonesia Regional Investment Forum adalah mengenai kemitraan dan kerjasama, memacu pertumbuhan ekonomi daerah dan keuntungan yang positif dalam investasi yang dapat turut berperan dalam perbaikan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat kita.

Atas nama Komite Indonesian Regional Investment Forum saya ingin menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Yth. Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, untuk memberkati acara ini dengan kehadiran beliau, dan juga kepada seluruh pembicara, moderator dan panelis.

Kepada para pemimpin daerah, acara ini adalah merupakan suatu peluang untuk saudara mempromosikan dan meningkatkan investasi di daerah saudara dan menciptakan kedudukan yang lebih sejajar untuk masyarakat di daerah Saudara. Saya sangat berharap bahwa saudara akan dapat bertemu dengan mitra bisnis dan investor pada hari ini dan juga esok.

Saya juga ingin berterima kasih kepada lebih dari 500 investor domistik dan juga internasional berasal lebih dari 20 negara. Kami sangat menghargai itikat saudara untuk berinvestasi dan saudara dapat pegang komitmen kami bahwa kami akan senantiasa berjuang untuk menjadikan Indonesia lebih bersaing dan menjadi tujuan yang menarik untuk investasi saudara. Kami berharap hari ini hanya merupakan awal adanya jangka panjang, hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan dan kami akan selalu tawarkan dukungan untuk mencapai hal tersebut.

Terakhir saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para mitra dan sponsor kami, dan juga kepada Tony Gourlay dan Global Initiatives, yang tanpa mereka IRIF tidak akan mungkin terlaksana. Saya juga ingin berterima kasih kepada mitra strategis IRIF, Bpk. Sofyan Djalil, Mentri Negara BUMN. Terima Kasih.

Saya doakan untuk kesuksesan di hari ini dan juga di masa mendatang.

Terima Kasih.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Leave a Reply