Pidato Bahasa Indonesia : Yang Terhormat Ibu Rosiana

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Yang terhormat Ibu Rosiana Febriyanti selaku guru Bahasa Indonesia kelas XII IPA-2 serta teman-teman yang saya cintai. Innal hamdalillah nastainuhu wa nastaghfiruhu wa naudzubillahi min syururi anfusina wa min sayyiati amalina man yahdillahu fala mudhillalah wa man yudhlil fala hadiyalah. Wa asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu warasuluhu la nabiyya badah.

Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia yang luar biasa dan tak terhingga kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat mulia yang insya Allah selalu diberkahi dan dirahmati oleh-Nya ini. Amin ya rabbal alamin. Shalawat serta salam tak lupa kita selalu curahkan kepada suri tauladan kita, junjungan terbaik kita, figur yang telah membawa umat jahiliyah menuju umat yang mendapat hidayah, yaitu nabi kita, nabi Muhammad SAW. Keselamatan atasnya, keluarganya, sahabat-sahabatnya serta umat yang setia membela agamanya, dan semoga kita masuk di dalamnya. Amin ya rabbal alamin.

Pada kesempatan kali ini, insya Allah saya akan menyampaikan sebuah ilmu yang berkaitan dengan persiapan amal sebelum kiamat datang.

Sebelum beranjak ke tema, saya akan menyampaikan pengertian hari kiamat terlebih dahulu. Hari kiamat adalah hari yang dimulai dengan kehancuran alam semesta ini, kemudian semua makhluk hidup menjadi mati, dan bumi ini berganti dengan yang lain. Begitupula segenap langit mengalami perubahan total. Tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui kapan datangnya hari ini. Meskipun tidak ada yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat, namun Allah telah membuat tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat telah dekat, seperti yang disebutkan di suatu hadits:

Yang artinya adalah: Rasulullah bersabda: aku diutus, sedangkan aku dan hari kiamat itu seperti dua jari ini. Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah

Hal tersebut merupakan perumpamaan dari nabi kita untuk menunjukkan bahwa betapa dekatnya masa ketika beliau diutus dengan datangnya hari kiamat. Al-Quran juga telah menyebutkan tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat. Beberapa tanda-tanda tersebut insya Allah akan saya bahas di sini.

Pertama, salah satu pertanda telah dekatnya kedatangan hari kiamat adalah diutusnya nabi akhir zaman, yaitu nabi Muhammad SAW. Kedua, banyak terjadi gempa bumi. Ketiga, muncul berbagai fitnah, dan yang terakhir adalah manusia berlomba-lomba untuk meninggikan bangunan.

Tanda-tanda yang baru saya sebutkan telah terjadi di bumi kita ini, yang berarti bahwa hari kiamat telah dekat. Oleh karena itu, kita harus sesegera mungkin mempersiapkan amal-amal sholeh kita seperti shalat, puasa, zakat dan sunnah-sunnah Rasul serta perbuatan-perbuatan yang telah Allah perintahkan untuk kita kerjakan. Apabila kita hanya lalai dan bersantai-santai, kita tidak mempersiapkan amal-amal tersebut, niscaya kita akan mengalami kerugian yang besar. Kerugian yang pertama adalah kerugian di dunia. Apabila kita hanya berbuat maksiat, pastilah Allah tidak meridhoi setiap langkah dan perbuatan kita, selain itu manusia pasti akan mengucilkan kita, menganggap kita sampah yang hanya dapat berbuat dosa. Kerugian kedua adalah kerugian di akhirat. Allah telah menjanjikan balasan berupa neraka bagi orang yang berbuat maksiat, sedangkan bagi orang yang beramal sholeh akan mendapatkan surga.

Oleh karena itu. Marilah kita persiapkan amal-amal sholeh kita sebelum hari kiamat datang. Selagi kita memilki umur, mari kita manfaatkan umur kita untuk hal-hal bermanfaat untuk diri kita dan orang lain.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Lebih kurangnya saya mohon maaf, karena sesungguhnya kelebihan itu datangnya dari Allah dan kekurangan datangnya dari saya. Akhir kata, billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

loading...

Leave a Reply