Pidato Faqih : Nama Muhammad M

Nama : Muhammad Faqih M

Kelas/No : XII IPA 5/17

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Ibu C Restu Wahyuningsih M.Pd selaku guru bahasa Indonesia SMAN 1 bantul dan teman-teman kelas XII IPA 5 SMAN 1 Bantul yang saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul di ruang kelas XII IPA 5 ini untuk melaksanakan ujian praktik bahasa indonesia dalam keadaan sehat.

Tidak lupa solawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman jahiliah menuju zaman islamiah seperti sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang dampak perkembangan teknologi terkait dengan dunia pendidikan. Namun sebelum kita membahas tentang dampak perkembangan teknoologi terkait dengan dunia pendidikan ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apakah yang dimaksud teknologi. Tentu setiap orang memiliki jawaban masing masing tentang pengertian teknologi itu sendiri. Ada yang berpendapat bahwa teknologi merupakan hasil dari ilmu pengetahuan. Ada juga yang berpendapat bahwa teknologi adalah segala sesuatu yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Teknologi merupakan hasil dari ilmu pengetahuan yang berguna membantu mempermudah pekerjaan manusia. Teknologi bagai sebuah peluru yang keluar dari sebuah senapan,lajunya tidak akan bisa dihentikan lagi dan apabila tidak tepat pada sasaran akan menimbulkan dampak bagi sekitarnya.

Segala sesuatu pasti memiliki dampak, baik itu dampak positif maupun juga dampak negatif. Begitu juga dengan teknologi, suatu teknologi juga mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif tentunya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa teknologi pada saat sekarang mempunyai andil besar dalam kemajuan berbagai aspek salah satunya dalam aspek pendidikan. Penciptaan penciptaan teknologi ini dimaksudkan untuk mempermudah kerja manusia. Selain itu penciptaan ini juga bertujuan agar semakin mudahnya kita berkomunikasi serta memperoleh informasi. Perkembangan dibidang teknologi memberikan beberapa dampak positif bagi dunia pendidikan seperti munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan seperti jaringan internet, Lab.Komputer Sekolah dan lain-lain. Dengan adanya internet menjadikan guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, itu sebabnya guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan media informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Selain itu perkembangan teknologi mengakibatkan munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, dengan bantuan teknologi materi yang abstrak tersebut akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Kemajuan Ilmu dan Teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan Teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalah gunaannya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya dari penyalah artian teknologi ini adalah menimbulkan sifat malas. Hal ini bisa kita lihat dari semakin mudahnya kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan internet, seringkali membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk bermain internet yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti bermain game online, bermain jejaring social seperti Facebook dan Twitter , Chating, dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa.

Seperti kita ketahui bahwa perkembangan teknologi memiliki dampak positif maupun negatif bagi dunia pendidikan, maka dari itu teman-temanku yang berbahagia suatu teknologi akan bermanfaat bagi kita jika kita tidak menyalah artikan teknologi tersebut, dan menggunakannya untuk hal-hal yang baik bukan untuk hal- hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Marilah dengan sikap kebijaksanaan kita, kita pergunakan teknologi untuk mendatangkan manfaat bagi kita maupun orang lain.

Pergi ke bank membayar pajak

Jangan sampai kamu terlambat

Gunakan teknologi dengan bijak

Agar ilmu menjadi manfaat

Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatian teman-teman, apabila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Semoga pidato singkat dari saya ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam penggunaan teknologi, agar kita dapat menggunakannya untuk sesuatu yang baik bukan sesuatu yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply