Pidato : Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Assalamualaikum w.w.,

Kepala Desa Suka Damai yang saya hormati,

Bapak/Ibu yang saya hormati,

serta Kader-kader yang saya hormati,

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWt yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara Sosialisasi Pencegahan Demam Berdarah.Saya mewakili petugas dari Puskesmas mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa ,Bapak/ibu,serta Kader-Kader yang telah mengijinkan kami melakukan sosialisasi di Desa Suka Damai. Tanpa bantuan dan dukungan dari Anda semua mungkin sosialisasi ini tidak dapat berjalan lancar.

Hadirin yang saya hormati,

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit dengan gejala demam yang sering desertai pendarahan dan renjatan yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue. Pada manusia virus tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegepti. Gejala awal penyakit ini adalah demam mendadak dua sampai tujuh hari yang disertai gejala lain seperti lesu,nafsu makan berkurang,mentah meupun nyeri pada sendi,kepala dan perut. Pada hari kedua dan ketiga demam dapat timbul pandarahan baik yang ringan (pendarahan di bawah kulit,mimisan, dan gusi) maupun yang berat (muntah darah dan berak).

Hadirin yang saya hormati,

Pencegahan demam berdarah dengue, dapat dilakukan dengan memberantas sarang nyamuk Aedes yakni dengan jalan pengasapan dan melenyapkan tampat biaknya. Hal ini dilakukan agar nyamuk tidak mendapat kesempatan untuk berkembang biak. Cara lain adalah dengan menerapkan 3M yakni menguras bak mandi dan tempat penampungan air sekurang-kurangnya satu minggu sekali,menutup rapat tempat penampungan air,membersihkan halaman dengan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menampung air hujan (kaleng,botol,dll). Disamping itu, pencegahan dapat pula dilakukan dengan sering mengganti air vas bunga dan tempat minum burung (bila ada). Bila tempat penampungan air tidak mungkin dibersihkan setiap saat, tuangkan larvasida (obat pembunuh jentik nyamuk) kedalamnya.

Hadirin yang saya hormati,

Selain menggunakan cara tersebut, pencegahan juga dapat dilakukan dengan

Jangan membiasakan menggantung pakaian dalam kamar

Tutup lubang-lubang pada potongan-potongan bambu/pohon dengan tanah

Bubuhkan bubuk Abate/Altosid di tempat-tempat penampungan air

Perbaiki talang air yang tidak lancar/rusak

Pelihara ikan pemakan jentik nyamuk

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga informasi tentang pencegahan Demam Berdarah Dengue tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah dalam perlataan saya, kurang sopan dalam menyampaikan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum w.w.,

Nama: Agus Setyani S

Kelas: X B

No : 01

Leave a Reply