Pidato Tema: Pemanasan Global Kelas: XII-Cambridge

PIDATO

Tema: Pemanasan Global

Oleh: Christy A.B.

Kelas: XII-Cambridge

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua. Pemanasan global adalah masalah serius yang sedang mengancam Bumi kita saat ini. Salah satu akibat dari pemanasan global adalah rusaknya lapisan Ozon dan perubahan iklim yang tidak menentu. Ozon adalah lapisan mantel Bumi yang berfungsi melindungi Bumi beserta isinya dari sinar ultra violet secara langsung. Bisa dibayangkan jika tidak ada lagi lapisan ozon yang melindungi Bumi, maka tidak akan ada lagi siklus kehidupan.

Selama abad 20, suhu planet kita telah meningkat sekitar 1 F. Panel PBB pada bagian perubahan iklim menyatakan bahwa temperatur global akan mengalami kenaikan sebanyak 3-10F pada akhir abad ini, cukup untuk mencairkan seluruh kutub utara dan selatan. Jika lapisan es mencair, maka volume air laut pun akan mengalami pertambahan. Semua monumen, bangunan yang besar, serta rumah-rumah akan tenggelam di bawah lautan, termasuk negara kita Indonesia. Oleh karena itu, bagaimana tindakan yang dapat kita lakukan untuk membantu menyelamatkan Planet Bumi?

Jawabannya mungkin lebih sederhana daripada yang Anda pikirkan. Hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya segala dampak buruk dari pemanasan global adalah memperbaiki pola kehidupan kita, tentu saja dengan cara yang mudah dan tidak muluk-muluk.

Pertama, mulailah dengan menanam pohon-pohonan. Ketika sudah dewasa, pohon akan membantu proses pendinginan planet karena pohon mampu mengurangi zat-zat pencemar dalam udara. Hal sederhana lainnya seperti berjalan kaki, dan tidak mengendarai kendaraan bermotor untuk perjalanan jarak dekat juga akan membantu mengurangi polusi serta menghentikan pencemaran.

Menjaga batas kecepatan, atau tidak mengebut ketika berkendara juga dapat membantu mencegah pencemaran pada lingkungan. Semakin tinggi kecepatan yang Anda gunakan, maka bahan bakar yang digunakan oleh mesin pun semakin banyak dan membuat tingkat polusi udara semakin tinggi.

Lalu, terapkanlah prinsip mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang. Cukup beli barang-barang yang Anda butuhkan. Janganlah mengisi rumah Anda dengan benda-benda yang tidak Anda butuhkan. Gunakanlah kembali barang-barang yang Anda yang masih dapat digunakan, dan daur ulanglah yang tidak dapat Anda gunakan kembali. Selain itu, mematikan sumber daya yang tidak terpakai seperti televisi dan pendingin ruangan akan membantu menjaga kondisi lingkungan, serta menghemat uang Anda.

Jika setiap orang dapat melaksanakan beberapa contoh upaya penyelamatan Bumi yang telah saya sampaikan, maka kita dapat berperan besar dalam melindungi Bumi dari ancaman pemanasan global. Selain itu, pertimbangkanlah pula untuk memelihara Bumi kita dengan berbagai macam cara lainnya, sebab hanya dengan memelihara kondisi Bumilah kita dapat menjalani hidup dengan nyaman dan tenteram.

Demikianlah pidato yang saya sampaikan. Semoga pidato ini bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat salah kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatian Anda.

Leave a Reply