PIDATO KENAKALAN REMAJA

PIDATO KENAKALAN REMAJA

Selamat pagi,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati Bapak Masaledi Gea dan yang saya cintai teman-teman dari kelas XII IPA,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena kasih karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama-sama di hari yang berbahagia ini.

Masa remaja adalah masa peralihan usia anak menuju dewasa dimana masa tersebut juga disebut masa penuh goncangan, masa mencari diri, dan periode paling berat. Sebenarnya remaja sendiri mempunyai pengelompokan-pengelompokan yaitu pertama adalah pra-remaja yaitu pada usia sebelum 10 tahun sampai dengan 10 tahun. Selanjutnya yaitu proses remaja awal terjadi pada usia lebih dari 10 tahun sampai dengan 14 tahun, selanjutnya ketika kita berusia lebih dari 14 tahun sampai dengan 17 tahun disebut dengan remaja pertengahan. Untuk remaja akhir adalah ketika kita berusia lebih dari 17 sampai dengan 21 tahun.

Kita tahu dan menyadari saat ini begitu banyak terjadi apa yang disebut kenakalan remaja. Aneka perbuatan negatif atau menyimpang yang dilakukan oleh para remaja sepertinya dianggap oleh mereka seperti biasa-biasa bahkan ada yang menganggapnya sebagai sebuah kebanggaan. Mereka mengatakan hal tersebut menunjukkan simbol sebuah keberanian. Ini tentu sangat memprihatinkan kita semua.

Teman-teman dan guru yang tercinta, kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas sewajarnya. Banyak anak di bawah umur sudah mengenal rokok, narkoba, free sex, dan terlibat banyak tindakan kriminal. Perilaku seperti ini merugikan diri sendiri dan orang lain. Banyak remaja putra yang lebih senang menghabiskan waktu di luar rumah, bermain game sampai menginap di warung internet. Remaja putri pun banyak yang demikian. Terkena silaunya dunia gemerlap.

Ada beberapa penyebab kenakalan remaja, yaitu

Kurangnya kasih sayang dari orang tua. Kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan anaknya. Bisa akibat salah pola asuh orang tua atau dari dalam keluarga itu sendiri. Juga bisa karena penggunaan waktu luang yang tidak terarah sehingga memilih lingkungan dan teman bergaul yang tidak tepat.

Kurangnya pengawasan. Pengawasan dari berbagai pihak dapat menjaga remaja untuk melakukan penyimpangan

Peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif

Dasar-dasar agama yang kurang

Pergaulan teman. Seorang teman merupakan cermin diri kita. Jika kita berteman dengan teman baik, kita pun akan menjadi baik, dan sebaliknya. Maka dari itu, pandailah dalam memilih teman.

Kebebasan yang berlebihan

Tidak selektif terhadap kebudayaan Barat. Dengan adanya era globalisasi, seharusnya kita dapat menyaring budaya-budaya luar yang bersifat negatif.

Ada satu perasaan di kalangan remaja bahwa memiliki banyak kawan adalah merupakan satu bentuk prestasi tersendiri. Makin banyak kawan, makin tinggi nilai mereka di mata teman-temannya. Apalagi mereka dapat memiliki teman dari kalangan terbatas. Misalnya, anak orang yang paling kaya di kota itu, anak pejabat pemerintah setempat bahkan mungkin pusat ataupun anak orang terpandang lainnya.

Bapak guru dan teman-teman yang saya hormati,

Pilihlah lingkungan dan teman-teman gaul secara selektif. Jangan asal senang. Jika lingkungan itu akan menjerumuskan kalian lebih baik tidak mendekatinya sama sekali. Banyak tempat gaul yang positif yang bisa kalian pilih baik di sekolah maupun di luar sana. Misalnya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Teman-teman dan Bapak guru yang saya hormati,

Adapun macam-macam kenakalan remaja yang sering terjadi diantaranya adalah :

Tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar adalah perbuatan yang sangat bodoh, karena dapat merusak fasilitas umum maupun fasilitas yang terdapat di sekolah. Tawuran juga dapat merusak masa depan, karena jika tertangkap polisi nama mereka yang tertangkap akan tercemar.

Mencuri

Mencuri juga dapat merusak nama baik kita, karena jika kita ketahuan mencuri, kita akan merasa sangat malu, dan kita juga akan di jauhi oleh orang-orang yang dekat dengan kita.

Bolos

Merusak fasilitas sekolah

Merusak fasilitas sekolah juga akan merugikan diri sendiri dan orang lain, karena kita tidak bisa lagi memakai atau menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut.

Pergaulan bebas

Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba merupakan singkatan dari Narukotika, Psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Narkoba adalah semua zat padat, cair maupun gas yang dimasukkan kedalam tubuh yang dapat merubah fungsi dan struktur tubuh secara fisik maupun psikis. Obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil.

Teman-teman yang saya cintai dan bapak guru yang saya hormati,

Di samping maraknya kenakalan remaja saat ini, ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja tersebut, yaitu

Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya

Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.

Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.

Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun.

Mentaati nasehat-nasehat yang telah kita terima khususnya dari orang tua kita atau dari orang lain seperti guru atau teman-teman kita.

Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan hukum dianggap salah.

Mempunyai konsep hidup yang benar.

Menyusun rencana masa depan untuk kehidupan masa depan yang baik.

Teman-teman yang saya cintai dan bapak guru yang saya hormati,

Sebagai pelajar dan warga Negara yang baik sebaiknya kita menghindari atau tidak mencontoh sikap-sikap yang menurut kita memang tidak pantas dilakukan. Supaya Negara ini tidak kehilangan asset-asset berharganya untuk membentuk Negara yang maju dengan moral yang baik. Tidak ada hal yang terindah dalam hidup ini selain kita mengisi dan menjalani hidup ini dengan hal-hal yang baik.

Teman-teman yang saya kasihi dan bapak guru yang saya hormati,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih atas semua perhatiannya.

Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply