Pidato Contoh : Bismillahirramannirrohim

Bismillahirramannirrohim

Yang saya hormati bapak kepala sekolah, ibu dan bapak guru

Teman-teman sekalian yang saya banggai dan sayangi.

Serta para Hadirin yang berbahagia.

Assalammualaikum wr wb

Salam sejahtera untuk kita semua.

Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato

Yang saya beri judul

upaya mencegah terjadinya banjir

Teman teman sekalian berbicara tentang banjir maka yang sering terbayang oleh sebagian banyak orang adalah datangnya genangan air dengan jumlah yang amat besar, ia melanda perumahan penduduk, ia melanda komplek perkantoran, ia melanda pedesaan, perkotaan dan sebagainya.

Bahkan beberapa waktu belakangan ini ia memporak-parandakan Jakarta ibu kota negara Republik Indonesia. Setiap banjir datang selalu mendatangkan kerugian, lahan lahan pertanian rusak gara gara banjir, harta benda mereka hanyut, rumah tempat berteduh juga rusak, yang paling menyedihkan sampai memakan korban yang menyebabkan kematian di antara masyarakat itu sendiri.

Teman teman sekalian, sangat sedikit diantara kita yang berpikir, kenapa dan apa yang menyebabkan terjadinya banjir, sebagian orang berpendapat banjir hanyalah salah satu fenomena alam, ia datang dan pergi menurut hukum alam semesta, banjir datang pada musim hujan, kebakaran datang pada musim kemarau yang panjang. Memang hal tersebut tidak salah, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa, aktivitas di muka bumi ini memberi andil terhadap terjadinya banjir.

Sesuai dengan firman tuhan dalam Al-Qur an yang artinya kurang lebih Alloh tidak akan mendatangkan bencana di bumi ini, melainkan ulah tangan manusia itu sendiri.

Jadi jelaslah bahwa banjir bukan datang dari fenomena alam semesta semata. Manusia telah banyak merusak ekosistem alam, pohon-pohon dihutan yang berfungsi menyerap air, mereka tebangi seenaknya tanpa menghitung kelestariannya. Sehingga ketika hujan datang semua air akan mengalir seluruhnya secara serentak mencari tempat yang rendah sehingga terjadilah banjir. Begitu juga mereka yang tidak peduli tentang sampah, mereka-mereka membuang sampah di sembarang tempat, seperti ke sungai dan parit-parit yang menyebabkan aliran air tersumbat yang juga mengakibatkan datangnya banjir.

Adapun yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir adalah sebagai berikut :

-hutan-hutan yang telah terlanjur rusak mari kita tanami kembali dengan cara reboisasi.

-bagi hutan yang masih ada mari kita lestarikan.

-jangan buang sampah sebarangan ter utama ke sungai dan parit-parit.

-adakan gotong royong secara rutin untuk membersihkan lingkungan dari sampah.

Temanteman, hal-hal tersebutlah yang mesti kita lakukan untuk dapat mencegah terjadinya banjir. Dan jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan ter utama ke sungai dan parit-parit dan satu 1 lagi jangan menebang pohon seenaknya atau sembarangan.

Demikian lah, kalau ada kata yang salah, mohon di maafkan.

Assalammualaikum wr wb.

Pembukaan UUD 1945
Republik Indonesia

Pembukaan UUD 1945

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

"Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada :

Ketuhanan Yang Maha Esa,

kemanusiaan yang adil dan beradab,

persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,

serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Leave a Reply