Kerangka Pidato

Kerangka Pidato

I.Pembukaan/Pendahuluan

a.       Salam

b.      Salam Hormat

c.       Ucapan Puji Syukur

d.      Tema : Hari Pendidikan Nasional

II.Isi

a.       Alasan mengapa 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional

b.      Manfaat Hari Pendidikan Nasional

c.       Arti penting peringatan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional

d.      Sikap yang harus dilakukan oleh pelajar

e.       Peran pelajar dalam menyikapi Hari Pendidikan Nasional

f.       Hal-hal yang perlu dihindari oleh para pelajar

III.Penutup

a.       Simpulan : perlunya kemauan dan tekad dari dalam hati, untuk meningkatkan cara belajar yang lebih baik.

b.      Harapan : dapat belajar dengan sungguh-sungguh agar apa yang di harapkan dapat terwujud.

c.       Ucapan terima kasih dan permohonan maaf

d.      Salam penutup

Nama               : Afia Azhari

Kelas               : IX.1

No.absen         : 1

naskah pidato

 Assalamualaikum wr.wb

Kepada yang terhormat ibu Erni Wulan, yang terhormat ibu Nurhayati dan teman2 yang saya cintai. Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan kita rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul bersama pada hari ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul Hari Pendidikan Nasional

Teman-teman yang berbahagia

Tanggal 2 mei tepatnya adalah hari pendidikan nasional. Hari dimana lahirnya pendidikan di Indonesia. Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasional bertepatan dengan hari lahirnya salah satu tokoh pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara. Ki hajar dewantara adalah bapak pendidikan nasional yang  mendirikan taman siswa. Dalam perjalanan hidupnya beliau benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Bertolak dari usaha, kerja keras serta pengorbanan dirinya beliau dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Pergerakan Nasional. penghormatan itu terbukti dengan ditetapkan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Teman-teman

Manfaat diperingatinya hari pendidikan nasional yaitu kita dapat lebih menghargai kerja keras dan keuletan ki hajar dewantara dan melestarikan nilai-nilai semangat perjuangan beliau. Tidak hanya itu hari pendidikan nasional juga mempunyai arti penting yaitu untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.

Kita sebagai pelajar seharusnya menyikapi hari pendidikan nasional dengan baik, dengan cara rajin belajar menanamkan dalam hati kalau aku pasti bisa dan mempunyai kemauan yang tinggi. Kemauan itu sangat penting dalam kemajuan proses belajar kita tanpa kemauan kita tidak akan bisa apa2 tanpa kemauan kita pasti akan malas-malasan belajar. Oleh karena itu peran kita sebagai pelajar harus dijalani dengan sungguh2 dengan tekad yang besar. Sebagai seorang pelajar kita mempunyai kewajiban yaitu belajar. Namun kenapa masih banyak seorang pelajar atau siswa yang tidak melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar. Sebagai contoh masih banyak siswa yang malas-malasan mengerjakan tugas dari guru, lebih banyak bengobrol dan becanda didalam kelas saat guru sedang menjelaskan pelajaran . Padahal sebagai pelajar yang baik kita harus tau kapan saatnya untuk becanda atau mengobrol dan kapan kita harus serius belajar. Dan juga kita harus tau Mana yang kewajiban dan mana yang bukan kewajiban Mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk menghindari sikap tersebut kita harus pintar-pintarnya memanfaatkan waktu.

oleh karena itu perlunya kemauan dan tekad dari dalam hati kita, untuk meningkatkan cara belajar kita yang lebih baik. Saya berharap agar teman-teman dapat belajar dengan sungguh-sungguh agar apa yang kita harapkan dapat terwujud. Terimakasih atas perhatian teman-teman apabila ada perkataan yang kurang berkenan dihati teman-teman mohon dimaafkan. Sekian pidato dari saya.

Wasalamualaikum wr.wb

Leave a Reply