PIDATO : Pengaruh Sinetron Bagi Pelajar

Pidato Pengaruh Sinetron Bagi Pelajar

Assalamualaikum wr wb,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. Kepada yang terhormat ibu guru penguji dan rekan rekan yang saya cintai

Terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh Sinetron Bagi Pelajar.

Segala sesuatu pasti ada positif dan negatifnya.

Pengaruh positif sinetron yang bertema mendidik, dapat menjadikan wawasan dan ilmu pengetahuan seorang siswa  berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Inti cerita dari sinetron yaitu perbuatan baik selalu menang juga baik untuk kehidupan sehari hari. 

Informasi mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, Entertainmen/ hiburan, dan lain sebagainya.

Pengaruh negative sinetron pada pelajar

– Pada para pelajar remaja (SMP & SMA)Sinetron menyodorkan berbagai cara untuk menciptakan ketergantungan pada remaja. Hal ini menyebabkan remaja menjadi pribadi yang lentur, tidak mempunyai pengalaman empiric untuk menempati empati sosial.Pelajar yang keranjingan sinetron akan merasa ketergantungan dengan televisi, mereka akan malas untuk melakukan kegiatan lain selain menonton tivi. Mereka akan cenderung meniru pengaruh negatif yang mereka lihat di tayangan televisi atau sering dikatakan para psikolog what they see is what they do (apa yang mereka lihat adalah apa yang mereka kerjakan.) dan pastinya lebih memilih menonton sinetron dibanding belajar atau mengerjakan tugas sekolah.

Sinetron juga memiliki gejala-gejala yang sangat membahayakan, karena akan menjadikan otak pasif, melumpuhkan kemampuan berpikir kritis, dan merusak kecerdasan otak sebelah kanan. Dan bisa mengalihkan orang dari membaca.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini harus ada solusi untuk mengatasinya. Solusi yang melibatkan berbagai pihak yang bertanggung jawab dalam masalah ini. Melibatkan para pemilik televisi, para produser dan insan pembuat sinetron, masyarakat dan organisasi atau lembaga sosial masyarakat yang terkait. demi masa depan generasi penerus bangsa. Jangan sampai penerus bangsa kita menjadi tidak kreatif karena terbiasa dengan budaya menonton sinetron negatif.

Peranan guru sangat penting untuk membimbing dan mengarahkan ke kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilakukan selama pelajar berada dilingkungan sekolah.
Peranan orang tua untuk mendidik anak (siswa) juga sangat penting dan diperlukan untuk mendiddik, membina & memonitor kegiatan pelajar  serta  yang paling penting adalah kesadaran dari siswa itu sendiri haruslah tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang hendak ia lakukan

Akhirul kata, terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf bila ada kesalahan dan wassalamualaikum wr wb.

Nama : DIMAS SAPUTRA

Kelas : IX F

No : 08

Leave a Reply