Pidato : Bapak / Ibu Guru Yang Saya Hormati. Teman Teman

Assalamualaikum Wr Wb.

Bapak / Ibu guru yang saya Hormati. Teman teman sekelas yang saya banggakan. Puji syukur saya persembahkan kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah Nya, sehingga saya dapat membuat naskah pidato yang bertema seks bebas akibat pergaulan bebas .

Ibu/Bapak serta rekan semuanya, kesehatan memang sangatlah penting bagi diri kita semua baik untuk kalangan muda ataupun orang dewasa sekalipun. Maka dari itu sedah sepatutnya jika kita membiasakan diri kita untuk hidup secara sehat.

Sebelumnya marilah kita meninjau terlebih dahulu kebelakang tentang potret keadaan para remaja Indonesia pada saat ini. Melihat semakin tingginya frekuensi arus globalisasi di Era Industrialisasi yang sudah mengglobal serta arus modernisasi dan sekularisasi memang sangat berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas dengan lintas jenis (kempul kebo) baik diperkotaan maupun pedesaan.

Bapak dan ibu sekalian, sudah semestinya kita selalu memantau tumbuh kembang pergaulan dari anak-anak kita, agar mereka tidak salah memilih langkah dalam pergaulanya karena teman sepermainan juga menjadi salah satu faktor dalam timbulnya kesalahan dalam pergaulan. Banyak diantara para remaja saat ini yang terjerumus dalam pergaulan bebas dikarenakan hasutan dan bujukan dari teman-teman sepermainan mereka. Para pelajar yang sudah pernah melakukan hal yang biasa di lakukan oleh orang dewasa yaitu ,berhubungan intim , atau yang sering di sebut ML oleh anak muda jaman sekarang mereka menganggap semua itu adalah hal yang sudah biasa bermula dari ciuman, pelukan, meraba dan akhirnya seperti itu. kurangnya pengetahuan tentang ilmu sex di sekolah juga dapat menyebabkan para plajar tidak tahu akan bahaya sex bebas dan banyak juga pelajar yang mengakhiri hidupnya karena tidak mau menanggung malu dengan aib yang dia bawa akibat sex bebas .

Para hadirin sekalian, seks bebas memanglah sangat berbahaya karena tidak hanya dilarang oleh agama, namun seks bebas juga dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit. Seks di usia dini dapat merusak organ reproduksi, selain itu melakukan suatu hubungna seks dengan cara berganti-ganti pasangan juga memacu terjadinya penyebaran virus yang dapat menyebabkan HIV ataupun kanker serviks. selain itu melakukan kegiatan oral seks juga dapat memicu terjadinya kenker tenggorokan.

Untuk itu marilah kita memulainya dari sekarang dengan pola hidup sehat untuk diri kita sendiri dulu. Merubah pola hidup memanglah tidak gampang. tetapi sehat itu lebih murah daripada sakit yang mungkin rekan-rekan ketahui kalau biaya pengobatan dewasa ini tidaklah murah, meskipun pemerintah telah memberikan program bagi warga tidak mampu. Namun sekali lagi saya tekankan kalau sehat itu lebih baik dari segalanya.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini, apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri…

Wassalamualaikum Wr.Wb

SHERLY NOVIANA DEVI

2IPS3

Fitri Nuur Ainii / 2ips3

Assalamualaikum Wr Wb.

Bapak / Ibu guru yang saya Hormati. Teman teman sekelas yang saya banggakan. Puji syukur saya persembahkan kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah Nya, sehingga saya dapat membuat naskah pidato yang bertema Kenakalan Remaja .

Kenakalan Remaja terdiri dari kata kenakalan dan Remaja. Kenakalan terdiri dari kata nakal mendapat imbuhan ke + an kata nakal artinya suka berbuat kurang baik atau tidak menurut, suka mengganggu orang lain atau berbuat nakal.

Remaja berarti mulai dewasa atau pemuda Kenakalan Remaja ialah suatu perbuatan kurang baik yang dilakukan oleh orang yang mulai dewasa / seorang pemuda. Contoh : tidak menuruti nasihat orang tua, suka mengganggu orang lain.Jenis jenis kenakalan Remaja yaitu Remaja sering keluar malam, menghabiskan waktunya di malam hari tidak memikirkan pelajaran dan masa depannya.

Hadirin yang dinikmati Allah

Fakta penyebab Kenalan Remaja

– Kurangnya dasar keimanan

Seorang muslim yang baik sejak kecil mengaji, belajar agama sebagai benteng menjaga iman tetap lurus.

– Kurangnya perhatian dari Keluarga

Walaupan kedua orang tuanya bekerja wajib memperhatikan perkembangan anaknya baik perkembangan jiwa maupun raganya. Harus memenuhi kebutuhan anak sesuai kemampuannya.

– Pegaulan bebas.

Kita bergaul tidak boleh membeda bedakan teman, tetapi harus memilih teman yang memberi positif / baik, misalnya teman yang baik akan mengajak belajar bersama

Hindari Kawan kawan yang mengajak bermain malam hari : apa lagi mereka terpengaruh kebubudayaan asing yang tidak sesuai dgn norma norma bangsa kita misalnya : mengisap ganja, memakan pil ekstasi

– faktor lingkungan

Keluarga harmonis akan memberikan pengaruh yang baik terhadap pekembangan anak. Ini menyebabkan benteng keimanan akan kuat. Di samping itu ada. Lingkungan sekitar kita yang sangat berpengaruh besar terhadap anak. Tetapi juga dalam keluarga dasar imannya kuat, tidak akan terpengaruh hal hal yang negatif.

– hadirin sekalian yang berbahagia akibat yang ditimbulkan

– gejala awal

– sering mengamuk, loyo karena serinng keluar malam.

– suka menyendiri karena tidak ada teman yang bergaul dengan dia

Masa depan suram

Karena sering keluar malam, minum minuman keras dan mabuk dia jarang belajar akibatnya sekolah gagal, jadi pengangguran. Menjadi pembicaraan masyarakat karena menjadi pengangguran maka masyarakat akan bergunjing, membicarakan kegagalan keluarga itu. Nama baik keluarga akan tercemari anak pemabuk, tidak bisa mengontrol emosi. Menyebabkan perkelahian bahkan tawuran, ini menjadi urusan polisi, bisa bisa masuk penajara. Anak yang masuk penjara akan mencemari nama baik keluargannya.

Upaya yang dilakukan

– meningkatkan keimanan agar keimanan meningkat, belajar agama dengan giat, sholat tepat waktu, sering mengikuti mpengajian di masjid, di mushola maupun di majelis taklim.

– perhatian dan motivasi orang tua

Orang tua wajib memperhatikan anak anaknya baik perkembangan jasmani maupun rohaninya. Kebutuhan anaknya di sesuaikan oleh orang tua sesuai kemampuan orang tua memberikan motivasi agar anak anaknya belajar mandiri maupun berkelompok untuk masa depannya.

– memilih teman yang baik

Kita tidak boleh membeda bedakan teman bergaul, tetapi memilih memilih teman yang memberi dampak pisitif. Misalnya : kawan yang baik akan mengingatkan kita belajar untuk mencapai cita cita menjauhi orang yang merokok, minuman keras maupun ganja.

Simpulan dan saran.

Kenakalan Remaja ialah perbuatan kurang baik yang di lakukan orang mulai dewasa

Imbauan dan harapan

Untuk menghindari kenakalan Remaja

– belajar agama sejak dini sehingga iman kita kuat menghadapi kehidupan.

– patuhi nasihat orang tua.

– pilihlah teman yang baik agar terhindar dari pergaulan yang bebas.

Saya ucapkan terima kasih terhadap Bapak / ibu guru dan teman teman yang telah memberikan saran sehingga naskah pidato ini bisa selesai.

Leave a Reply