PIDATO PEMAPARAN

PIDATO PEMAPARAN

VISI DAN MISI

PILKADES DESA DONGGULU

DISAMPAIKAN

O

L

E

H

DRS. ABDUL GAFAR L TONGANI

CALON KEPALA DESA DONGGULU

PERIODE 2014-2019

ASSALAMUALAIKUM WR. WB

SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN.

YANG SAYA HORMATI,

BAPAK SEKRETARIS CAMAT KASIMBAR

BAPAK SEKRTARIS DESA DONGGULU

TOKOH MASYARAKAT

TOKOH AGAMA

TOKOH ADAT

TOKOH PEMUDA

DAN YANG SAYA BANGGAKAN,

PARA TAMU UNDANGAN DAN CALON KANDIDAT KADES YANG HADIR PADA KESEMPATAN INI…

PADA KESEMPATAN INI PERTAMA-TAMA SAYA MENGAJAK KITA SEMUA MARILAH SENTANTIASA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA KUASA, KARENA DENGAN LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA KEPADA KITA SEMUA SEHINGGA PADA HARI INI KITA DAPAT BERKUMPUL DI TEMPAT INI, UNTUK MENGIKUTI VISI DAN MISI PEMILIHAN CALON KADES UNTUK PERIODE TAHUN 2014 SAMPAI DENGAN 2019

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA, DALAM KERANGKA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN SISTEM OTONOMI DAERAH SETELAH MASA REFORMASI BERGULIR, DISADARI SEBAGAI SUATU PROSES YANG MEMERLUKAN TRANSFORMASI PARADIGMATIK DALAM PENYELEGGARAAN PEMERINTAH DI DAERAH. SEHINGGA DALAM BERBAGAI ASPEK, PEMERINTAH DAERAH MEMILIKI OTORITAS DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DI DAERAHNYA.

DAN SEBAGAI WUJUD NYATA DARI KEPUTUSAN TERSEBUT ADALAH DIKELUARKANNYA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 72 TAHUN 2005 TENTANG DESA, PADA BAB 1 KETENTUAN UMUM DI PASAL 1 AYAT 6, SECARA UMUM DIJABARKAN BAHWA PEMERINTAH DESA ADALAH PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAH OLEH PEMERINTAH DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENGATUR DAN MENGURUS KEPENTINGAN MASYARAKAT SETEMPAT BERDASARKAN ASAL-USUL DAN ADAT ISTIADAT SETEMPAT YANG DIAKUI DAN DIHORMATI DALAM SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA .

SEBAGAI TINDAK LANJUT DARI PROSES KEWENANGAN PEMERINTAH DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHANNYA, PADA BAB III PASAL 7, CUKUP JELAS DIURAIKAN BAHWA URUSAN PEMERINTAHAN YANG MENJADI KEWENANGAN DESA MENCAKUP :

URUSAN PEMERINTAHAN YANG SUDAH ADA BERDASARKAN HAK ASAL USUL DESA;

URUSAN PEMERINTAHAN YANG MENJADI KEWENANGAN KABUPATEN/KOTA YANG DISERAHKAN PENGATURANNYA KEPADA DESA;

TUGAS PEMBANTUAN DARI PEMERINTAH, PEMERINTAH PROVINSI, DAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA; DAN

URUSAN PEMERINTAHAN LAINNYA YANG OLEH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DISERAHKAN KEPADA DESA.

DARI SEKIAN BANYAK PERATURAN BAIK YANG TERKAIT DENGAN PERUNDANG-UNDANGAN, PERATURAN PEMERINTAH, PERATURAN GUBERNUR DAN PERATURAN BUPATI TENTANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA, DAPAT DISIMPULKAN BAHWA URUSAN PEMERINTAHAN YANG MENJADI KEWENANGAN KABUPATEN DAN KOTA PENGATURANNYA DISERAHKAN KEPADA PEMERINTAH DESA GUNA SECARA LANGSUNG DAPAT MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN DITINGKAT MASYARAKAT.

DALAM KAITAN PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA ATAU PILKADES DESA DONGGULU UNTUK 5 TAHUN KEDEPAN TERHITUNG DARI PERIODE TAHUN 2014 S/D 2019 MENDATANG, IZINKAN SAYA SELAKU CALON KEPALA DESA MEMAPARKAN VISI DAN MISI DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAN MEMAJUKAN DESA DONGGULU YANG KITA CINTAI BERSAMA UNTUK SEBUAH HARAPAN BERSAMA TERWUJUDNYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

ADAPUN VISI DAN MISI SAYA ADALAH :

VISI

TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA YANG ADIL, MAKMUR DAN SEJAHTERA.

MISI

MELAKUKAN REFORMASI SISTEM KINERJA APARATUR PEMERINTAHAN DESA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT;

MENYELENGGARAKAN PEMERINTAHAN YANG BERSIH, TERBEBAS DARI KORUPSI DAN BENTUK-BENTUK PENYELEWENGAN LAINNYA;

MENYELENGGARAKAN URUSAN PEMERINTAHAN DESA SECARA TERBUKA, DAN BERTANGGUNG JAWAB SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN;

MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BERUPA PENYULUHAN KHUSUS KEPADA UKM, WIRASWASTA, PETANI DAN NELAYAN;

MENIGKATKAN MUTU KESEJAHTERAAN MASYARAKAT UNTUK MENCAPAI TARAF KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK DAN LAYAK SEHINGGA MENJADI DESA YANG MAJU DAN MANDIRI.

STRATEGI

PENGALOKASIAN ANGGARAN BERDASARKAN SKALA PRIORITAS AGAR PROGRAM PEMERINTAH DESA DAPAT BERJALAN SECARA CEPAT, TEPAT DAN AKURAT YANG DITUNJANG DENGAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN APARATUR DAN LEMBAGA YANG ADA DENGAN MENGEDEPANKAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK;

PENATAAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA;

MEMBERDAYAKAN LEMBAGA YANG ADA DAN MENGOPTIMALKAN KEGIATAN PEMUDA DAN OLAHRAGA GUNA MENEKAN TINGKAT KENAKALA REMAJA;

PENIGKATAN SUMBER DAYA MASYARAKAT AGAR MASYARAKAT MENJADI LEBIH PRODUKTIF DAN MAMPU BERDAYA SAING MENGHADAPI PERKEMBANGAN LINGKUNGAN;

MENINGKATKAN PENGEMBANGAN KEGIATAN KEAGAMAAN;

PENINGKATAN PENGELOLAAN JALAN DESA, JALAN LINGKUNGAN, SARANA HUNIAN PEMUKIMAN YANG LAYAK HUNI, PENINGKATAN SARANA AIR BERSIH, SALURAN AIR PERTANIAN, SARANA KEAGAMAAN, PENDIDIKAN DAN KESEHATAN SERTA INFRASTRUKTUR LAINNYA.

DEMIKIAN PEMAPARAN VISI DAN MISI SAYA, SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA DAN AKAN MENJADI LANDASAN SERTA ACUAN KEDEPAN DALAM KEPEMIMPINAN SAYA APABILA TERPILIH, SERTA DAPAT MENJADI MASUKAN KEPADA CALON KEPALA DESA YANG TERPILIH LAINNYA GUNA KEMAJUAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KHUSUSNYA DI DESA DONGGULU YANG KITA CINTAI BERSAMA….

AKHIR KATA DAN PESAN BIJAK JADIKANLAH HARI INI LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN MAKA KTA TERMASUK ORANG YANG BERUNTUNG, WASSALAMU ALAIKUM WR. WB.

CALON KEPALA DESA

DRS. ABDUL GAFAR L TONGANI

Leave a Reply