Pidato Bind : Yang Terhormat Ibu Tiarah Selaku Guru Bahasa

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Ibu Tiarah selaku guru Bahasa Indonesia, dan teman teman yang saya sayangi. Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang Pemanfaatan internet dalam meningkatkan kualitas pengetahuan.

Teman teman yang saya sayangi,

Beberapa dari kita mungkin sering mendengar pepatah bahwa "buku adalah jendela dunia". Tapi apakah pepatah ini masih berlaku di era informasi seperti saat ini?

Teman teman yang berbahagia,

Hal itu nampaknya tidak berlaku lagi dalam menghadapi tantangan besar di masa sekarang ini. Betapa tidak, kecanggihan dalam bidang teknologi komunikasi memberikan efek yang besar terhadap masyarakat kita. Khususnya terhadap budaya baca.

Nampaknya buku tidak lagi menjadi jendela dunia. Fungsi buku dalam memberikan pengetahuan bagi pembacanya telah digantikan oleh internet. Di kota, di desa, di kantor, di sekolah bahkan di rumah, kita dengan mudah dapat mengakses informasi dari internet lewat sebuah telepon genggam.

Terlihat jelas bahwa teknologi telah mengubah cara kita dalam belajar. Kita tidak lagi perlu menenteng buku tebal ke sekolah. Cukup membawa netbook. Bahkan produsen netbook sendiri sudah banyak yang bekerjasama dengan instansi pendidikan untuk membuat netbook khusus pelajar, dengan harga terjangkau.

Teman teman yang saya sayangi,

Ketika ingin mencari definisi atau meneliti suatu masalah, kita tidak perlu lagi ke perpustakaan. Mencari referensi dalam buku-buku tua yang tebal dan bau. Cukup nyalakan penerima wifi pada laptop, hubungkan ke internet dan cari di situs wikipedia. Hampir semua definisi ada di situs ini.

Ketika anda ingin melanjutkan pendidikan, tetapi terkendala oleh jarak tempat kuliah yang ada di seberang pulau, anda cukup membuka website instansi pendidikan tersebut. Telah banyak universitas Indonesia yang membuka kelas jauh. Di mana proses belajar mengajar dan interaksi pendidikan terjadi dalam dunia maya.

Seperti yang bisa kita lihat pada contoh-contoh di atas, teknologi telah mempermudah orang untuk mendapatkan pendidikan. Teknologi telah mengatasi hambatan jarak, waktu dan biaya dalam pendidikan.

Teman teman dan Ibu guru yang terhormat,

Tak hanya memberikan efek positif, teknologi juga membawa efek negatif dalam bentuk mudahnya materi pornografi dan budaya asing diakses oleh para anak didik. Tentu saja pemerintah harus ikut campur dalam memfilter berbagai pengaruh buruk dari internet. Dukungan pemerintah juga dibutuhkan dalam mengembangkan fasilitas teknologiyang telah dirintis agar dalam penggunaannya dapat makin dioptimalkan bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.

Teman teman sekalian,

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya juga mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wasallamuaikum warahmatullahi wabarakatuh

Chandra Fitriya N.

XII IPA 6/06

Leave a Reply