PIDATO KWN : Hadirin Sekalian Yang Berbahagia

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Pada kesempatan yang teramat baik ini, saya akan berbicara tentang Pancasila sebagai perekat bangsa, namun sebelum saya membahas lebih jauh izinkan saya menyampaikan tinjauan historis lahirnya Pancasila, apa sebenarnya yang melatar belakangi lahirnya Pancasila, mengapa harus ada Pancasila dan apakah fungsi dari Pancasila itu sendiri bagi Negara kita tercinta ini.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Setiap bangsa yang berdiri kokoh pasti telah memiliki pandangan yang jelas mengenai arah dan tujuan yang akan dicapai. Karena dengan pandangan hidup yang jelas, suatu bangsa akan memiliki pedoman dan pegangan yang kuat dalam memecahkan berbagai masalah yang timbul di berbagai aspek, baik ekonomi,sosial,budaya,hankam dan sebagainya.

Hal inilah yang melatar belakangi lahirnya Pancasila pada 1 juni 1945.

Pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup, pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa & negara agar dapat berdiri kukuh serta dapat mengetahui arah dan tujuan yang jelas utamanya di era globalisasi ini.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Berbicara mengenai fungsi Pancasila, hari ini saya akan menyoroti salah satu fungsi Pancasila yang paling vital yaitu Pancasila sebagai perekat bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Pancasila adalah falsafah dan ideologi bangsa yang berfungsi mempersatukan bangsa indonesia. Bangsa kita terdiri dari beragam suku bangsa, beragam ras, golongan agama dan Pancasilalah yang telah mempersatukan kita, dengan Pancasila bangsa ini ada dan merdeka. Dengan demikian, harapan yang ingin dicapai dari fungsi Pancasila sebagai perekat bangsa adalah terciptanya masyarakat indonesia yang bersatu,kerukunan antar umat, kenyamanan jiwa dan ketentraman hati karena persatuan.

Namun apakah kenyataan yang terjadi saat ini? Berbagai pergolakan daerah yang menuntut pemisahan diri, tawuran antar pelajar, bentrok antar mahasiswa dan sebagainya.

Seakan akan fungsi Pancasila sebagai perekat bangsa ini telah luntur!

Coba saja tengok lingkungan kita, lingkungan sekolah atau tempat tinggal kita, kita dapat melihat bahwa semakin jarang bahkan mungkin tidak ada lagi orang yang membicarakan, menyinggung atau menganggap penting Pancasila. Mereka cenderung bersikap skeptis,sinis bahkan frustasi kalau diajak membahas Pancasila. Tingkat penghayatan masyarakat terhadap nilai nilai Pancasila sebagai ideologi dan alat pemersatu bangsa seakan terus merosot dari waktu ke waktu!

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Melihat keadaan yang sangat memprihatinkan ini, apakah kita akan diam saja?diam melihat perpecahan bangsa ini, diam melihat daerah daerah lepas satu persatu dari NKRI ? dimana semangat kebangsaan kita hadirin sekalian? Apakah kita tega membiarkan pancasila, dasar negara kita, ideologi bangsa kita luluh lantak dan nyaris hilang terhanyut ombak globalisasi?

Tentu saja kita tidak boleh tinggal diam. Upaya menyelamatkan Pancasila sebagai ideologi & pemersatu bangsa ini wajib hukumnya!

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Sekarang pertanyaannya, upaya apakah yang yang harus kita lakukan?

Di sini saya akan memberikan sebuah solusi yang saya yakin dapat mngembalikan kewibawaan Pancasila di mata masyarakat. Yaitu sosialisasi terhadap urgensi nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari pada masyarakat.

Pancasila sebagai falsafah dan ideologi pokok bangsa sampai saat ini hanya tersosialisaikan sebatas di dunia akademik saja, dalam hal ini sekolah/Perguruan tinggi. Pancasila seakan akan hanyalah menjadi wacana yang tidak semua orang mengetahui fungsi dan urgensinya. Oleh karenanya, sosialisasi terhadap urgensi pancasila sebagai ideologi bangsa sangatlah mendesak untuk segera dilakukan. Bagaimana realisasi konkritnya? Yaitu dengan mengaktualisasi nilai nilai Pancasila secara konkrit dalam kehidupan sehari hari di masyarakat, tidak hanya di kalangan pelajar namun di seluruh komponen dan lapisan masyarakat.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Saya yakin dan percaya, apabila kita semua bersatu, duduk bersama membincangkan masalah dasar negara yang kehilangan wibawanya ini, berupaya mencari solusi terbaik dalam upaya penyelamatannya. Saya yakin Pancasila sebagai ideologi dan pemersatu bangsa indonesia yang berwibawa dan dihormati oleh segenap masyarakatnya akan kembali terwujud.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Kita sebagai generasi muda memegang amanat yang teramat sangat penting bagi bangsa ini, masa depan bangsa ini ada di pundak kita!Oleh karena itu marilah mulai sekarang kita introspeksi diri kita, kita tanya pada diri kita, apa yang telah kita beri buat Indonesia kita tercinta ini?apa?adakah?

Jangan bertanya apa yang telah indonesia beri buat kita, tapi tanyakan pada diri kita apa yang bisa kita perbuat untuk indonesia kita tercinta ini.

Baiklah Hadirin sekalian yang berbahagia,

Sekiranya hanya ini yang dapat saya smpaikan, maafkanlah apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati hadirin sekalian, karena bagaimanapun juga saya hanyalah anak manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan.

Dan semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat memberikan motivasi bagi kita untuk lebih maju, hari ini dan di masa yang akan datang.

wassalamualaikum Wr. Wb…

Leave a Reply