PIDATO_BAHASA_INDONESIA_suraya_dan_elin : PIDATO

PIDATO

DENGAN MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

MARI KITA TINGKATKAN RASA PERSATUAN DAN KESATUAN

SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN NASIONAL

DISUSUN OLEH :

Nama : Suraya Atika (26)

Kelas: Xii Administrasi Perkantoran 2

Guru Diklat : Purmi Astutiek, S.Pd.

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMK NEGERI 1 MUARA ENIM

TAHUN PELAJARAN 2013 2014

LEMBAR PENGESAHAAN

DENGAN MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

MARI KITA TINGKATKAN RASA PERSATUAN DAN KESATUAN

Muara Enim, 12 Februari 2014

Guru Pembimbing,

Purmi Astutiek, S.Pd.

NIP 19600313 198610 2 001

Muara Enim, 12 Februari 2014

Guru Pembimbing,

Purmi Astutiek, S.Pd.

NIP 19600313 198610 2 001

Mengetahui,

Waka Kurikulum

Pahroni, S.E.

NIP 19670605 199103 1 007

Mengetahui,

Waka Kurikulum

Pahroni, S.E.

NIP 19670605 199103 1 007

DENGAN MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

MARI KITA TINGKATKAN RASA PERSATUAN DAN KESATUAN

Yang kami hormati, Bapak Kepala SMK Negeri 1 Muara Enim

Dewan Guru, Staff Tata Usaha

Teman-teman yang kami sayangi dan kami banggakan

Assalamualaikum Warahmutaullahi Wabarakatuh,

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena pada hari ini telah diberikan-Nya kesempatan dan kesehatan untuk dapat berkumpul di SMK Negeri 1 Muara Enim ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru serta teman-teman yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan pidato kami yang berjudul Dengan Memperingati Hari Sumpah Pemuda Mari Kita Tingkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan.

Hadirin yang berbahagia,

Kami akan menjelaskan tentang latar belakang masalah. Mengapa hari Sumpah Pemuda perlu diperingati setiap tanggal 28 Oktober ?

Menurut sejarah, karena tanggal 28 Oktober 1928 terjadi peristiwa penting yaitu, gagasan penyelenggara Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indoneisa (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Rapat Pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Dalam sambutannya, Soegondo berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat Kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Rapat Ketiga, Gedung Indonesisch Huis Kramat pada sesi berikutnya, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.

Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres.

Hadirin yang kami hormati,

Masalah yang kita hadapi saat ini adalah :

Mengapa generasi muda Indonesia kurang memiliki rasa persatuan dan kesatuan ?

Sehingga sering terjadi perpecahan di antara generasi muda, bentrok antar siswa, demo antar aparat, dan generasi muda tidak saling menolong, generasi muda banyak terjerumus ke penjara akibat kriminalitas, tidak adanya rasa penghormatan terhadap pahlawan.

Hadiri yang berbahagia,

Kami akan menjelaskan hakikat kajian masalah. Apakah yang dimaksud dengan sumpah, pemuda, rasa persatuan dan kesatuan.

Sumpah : Pernyataan yang diucapkan secara resmi. (W.J.S. Purwadarminta, 2007:1003).

Pemuda : Orang muda. (W.J.S. Purwadarminta, 2007: 847).

Sumpah adalah janji seorang pemuda.

Pemuda adalah berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Jadi Sumpah Pemuda, merupakan bukti orentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya Bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu.

Isi Sumpah Pemuda

Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.

Kami putra putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

Kami putra putri Indonesia berbahasa satu bahasa Indonesia.

(www.wikipedia.com, 2014)

Rasa : Tanggapan. (W.J.S. Purwadarminta, 2007)

Persatuan : Ketahanan sebuah bangsa.

(www.artirasapersatuandankesatuan.com, 2014)

Kesatuan : Mengesampingkan perbedaan-perbedaan sempit berdasarkan kedaerahan.

(www.artirasapersatuandankesatuan.com, 2014)

Jadi rasa persatuan dan kesatuan merupakan suatu ketahanan bangsa demi mengesampingkan perbedaan-perbedaan berdasarkan kedaerahan.

Hubungan Sumpah Pemuda dan rasa persatuan sangat erat. Jika Sumpah Pemuda tidak ada dalam sejarah Bangsa Indonesia maka rasa persatuan dan kesatuan tidak akan timbul dalam jati diri putra-putri Indonesia. Sebaliknya dengan adanya Sumpah Pemuda maka rasa persatuan pasti timbul dalam jati diri putra-putri Indonesia.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Tujuan kami membahas masalah ini :

Untuk mengetahui sebab-sebab generasi muda kurang memiliki Rasa Persatuan dan Kesatuan.

Untuk mengetahui akibat-akibat, jika generasi muda kurang memiliki Rasa Persatuan dan Kesatuan.

Untuk mengetahui solusi, agar generasi muda memiliki Rasa Persatuan dan Kesatuan.

Agar generasi muda selalu memiliki Rasa Persatuan dan Kesatuan.

Hadirin yang berbahagia,

Fakta yang kami temui menunjukkan bahwa

Fakta pertama,

Mengapa rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda sangat kurang ? Karena di zaman yang modern sekarang ini banyak pemuda yang lebih mencintai budaya luar daripada budaya sendiri. Selain itu para pemuda bersikap tidak saling menghormati, saling membedakan agama satu dengan agama yang lainnya dan menganggap sukunya lebih baik dari suku lainnya.

Fakta kedua,

Menurut buku karangan Dr. Abdul Syukur menjelaskan tentang memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda, memberitahukan bahwa kehidupan masyarakat Indonesia masih dihantui oleh manisnya rasa persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat itu sendiri. Berbagai konflik yang memiliki tendensi etnis, suku, agama, budaya, golongan, dan lain sebagainya, masih terus mewarnai perjalanan bangsa ini. Makna Sumpah Pemuda semakin relavan dan kontekstual dengan tantangan hidup bermasyarakat dan berbangsa yang meliputi persoalan ekonomi, politik, sosial, budaya dan keamanan.

Hadirin yang kami cintai,

Kami akan menyampaikan sebab, akibat, dan solusi agar pemuda Indonesia meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

Pertama, disebabkan Faktor Lingkungan misalnya, tidak saling menghormati, tawuran antar siswa. Akibatnya, tidak terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan di antara masyarakat yang berkelahi itu. Solusinya, sebaiknya pemuda lebih mengutamakan rasa saling menghargai dan menghormati terhadap satu sama lain.

Kedua, Faktor Pergaulan. Akibatnya, sering terjadi pembunuhan, pemerkosaan dan penghinaan. Solusinya, sebaiknya saling mengerti dan tidak melakukan hal-hal di luar akal pikiran.

Ketiga, disebabkan Faktor Agama. Akibatnya, kurangnya keimanan di diri pemuda Indonesia. Akibatnya pemuda mudah sekali terjerumus ke dalam hal-hal yang dilarang agama misalnya, berzina, berjudi dan mencuri. Solusinya, sebaiknya pemuda Indonesia lebih meningkatkan lagi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Keempat, disebabkan Faktor Pendidikan yang rendah. Akibatnya, dengan adanya pendidikan yang rendah, pemuda memiliki pengetahuan yang kurang luas. Solusinya : pemuda seharusnya memanfaatkan fasilitas sekolah gratis yang dicanangkan oleh pemerintah daerah tingkat kabupaten maupn tingkat provinsi. Dengan fasilitas pendidikan tersebut pemuda bias belajar dengan focus dan sungguh-sungguh tanpa memikirkan biaya sekolah. Dan dari pembelajaran yang didapatkan, pemuda dapat berbagi ilmu kepada anak-anak kurang mampu dan anak-anak jalanan yang lebih membutuhkan pengetahuan dengan mendirikan sekolah singgah.

Kelima, disebabkan Faktor Ekonomi yang kurang mampu. Akibatnya, dengan kondisi yang kurang mampu, pemuda cenderung memikirkan kebutuhan diri sendiri. Solusinya : seharusnya pemilik modal menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga pemuda yang kurang mampu ekonominya bias mengisi lapangan kerja tersebut. Pemuda seharusnya mengerjakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sehingga mendapatkan imbalan untuk mencukupi kebutuhan sendiri dan juga untuk membantu orang lain yang kurang mampu.

Hadirin yang berbahagia,

Kami dapat menyimpulkan bahwa generasi muda Indonesia kurang memiliki rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga sering terjadi perpecahan di antara generasi muda, bentrok antar siswa dan generasi muda tidak saling tolong menolong. Generasi muda banyak terjerumus ke narkoba akibat pergaulan bebas, tidak adanya penghormatan kepada orang tua. Cara mengatasinya : generasi muda tersebut harus memperbanyak pergaulan di masyarakat, agar dapat mengerti dan dapat berkumpul saling bertukar pikiran, hal ini dapat menjadikan seorang pemuda mengerti tentang arti persatuan dan kesatuan.

Hadirin yang kami hormati,

Marilah kita meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan agar generasi muda Indonesia bisa mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan terhadap Negara dan Bangsa Indonesia. Kami mengharapkan generasi muda Indonesia selalu memiliki rasa persatuan dan kesatuan.

Demikianlah pidato kami, terima kasih karena hadirin telah mendengarkan pidato ini. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin kami minta maaf,

kepada Allah kami mohon ampun.

Kami akhiri Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

DAFTAR PUSTAKA

Kesatuan, http://id.shvoog.com (Diunduh Selasa, 08 Januari 2014).

Latar Belakang, http://google.sejarah.com. (Diunduh Sabtu, 05 Januari 2014).

Pengertian Sumpah Pemuda, http://id.artisumpahpemuda.com (Diunduh Selasa,

01 Januari 2014).

Persatuan, http://wikipedia.com (Diunduh Senin, 07 Januari 2014).

Purwadarminta, W. J. S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Incoming search terms:

  • contoh pidato dengan tema administrasi perkantoran
  • contoh pidato materi administrasi perkantoran
  • isi pidato poernomowoelan
  • pidato tentang generasi muda perlu untuk mengetahui tentang persatuan nasional
  • pidato tentang semangat persatuan dalam sanubari para pemuda
loading...

Leave a Reply