Pidato Hari Pramuka : Pramuka

Pidato Hari Pramuka

Assalamu’alaikum wr. wb

Yth. Ibu Sulistyaningsih selaku guru Bahasa Indonesia

Dan teman-temanku yang saya sayangi

Salam pramuka ….

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat ALLAH SWT karena atas berkat dan hidayahnya kita diberi kesehatan shingga kita masih bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat. Kedua kalinya Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benerang yaitu addinul islam.

Wahai generasi tunas bangsa, mari kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas kita dalam melaksanakan tristya pramuka dan dasa darma pramuka. kita bisa!!!, Sebagai pemuda dan pemudi pramuka, marilah kita pelajari bersama tentang fungsi dan tujuan Pramuka.

Pada dasarnya fungsi pramuka adalah :

Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda

Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.

Pengabdian bagi orang dewasa

Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

Dan fungsi pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai Alat bagi masyarakat dan organisasi

Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk memenuhi dan untuk mencapai tujuan organisasinya. Dan kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Dari sanalah selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap gerakan kepramukaan sebagai mana fungsinya.

Tepok pramuka!!

Salam Pramuka…!!

Perlu teman-teman ketahui tentang tujuan pramuka!

Sebenarnya Tujuan Pramuka adalah sangat mulia karena Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

Anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.

anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya, anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Salah satu cara untuk menghargai tujuan mulia dari pramuka adalah tetap mengikuti kegiatan rutin pramuka yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lamongan pada setiap hari senin untuk tetap meningkatkan mental kita sebagai seorang siswa dalam menghadapi drama kehidupan yang semakin berliku dan memberi pelajaran tentang hidup yang sebenarnya.

Sebelum kita akhiri, Pramuka adalah sebuah pendidikan yang untuk bagaimana kita bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan semua norma. marilah kita jadikan peringatan hari pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri pribadi kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bisa bersungguh sungguh.

Demikian pidato dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan apabila ada salah-salah kata dan perbuatan yang kurang berkenan dihati teman-teman saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tepok Pramuka…!!

Salam Pramuka…!!

Wassalamu’alaikum wr.wb

Nama: Yoga Lestari Amilia

Kelas: X.10

Nomer Absen : 32

Leave a Reply