Pidato Dai Cilik : Buah Belimbing Buah Belimbing…tapi Can

Assalamualikum warohmatullohi wabarokatuh….

Buah belimbing buah belimbing…tapi can asak

Kakuping sih kakuping tapi…jawab salamna teu acan kompak

Ulangi ya…..

Assalamualaikum warohmatullohi wabarakatuh….

Innal hamdal lilah, pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Alloh yang maha ghofur…..

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjunan alam, yakni habibana wanabiyyana wamaulana Muhammad Sholallohu alaihi wassalam

Dewan juri yang saya hormati

Ibu bapak guru yang begitu telaten mendidik kami

Alangkah berbahagianya, saya bisa berdiri di depan para asatid, para tokoh masyarakat, dan rekan-rekan ikhwan fillah

Jamaah ye…oh jamaah

Alhamdulillah

 Izinkanlah pada kesempatan ini saya menyampaikan ceramah dengan judul MANFAAT SHODAQOH.

Kalau difikir-fikir ya bu…..

Kalau difikir-fikir ya Pa…

Hidup ini terasa sangat singkat.

9 bulan dalam kandungan ibu kita,,lalu dilahirkan, jadi bayi, anak-anak terus tumbuh jadi remaja, kemudian dewasa, lalu berumah tangga punya anak, punya cucu, lalu…..is death alias meninggal.

Nah…nah…pertanyaannya bu…

Pertanyaannya pa…

Kalau kita sudah meninggal, apa yang akan kita bawa sebagai bekal di akhirat nanti?

Apakah kita akan membawa HP terbaru yang sangat canggih yang bernama Samsung Galaxy?

Jawabannya : No

Atau kalau kita meninggal, apakah mobil bergengsi yang bernama Mersi yang akan kita bawa ?

Jawabannya : No

Atau rumah mewah dengan peralatan yang serba wah ?

Jawabannya : No

Uang yang banyak ?

No

Jadi, apa dong ?

Yang akan kita bawa ke alam baka, tiada lain dan tiada bukan adalah amal baik kita.

Amal baik itu banyak macamnya.

Membantu orang tua…itu amal baik

Rajin belajar…itu juga amal baik

Shodaqoh…..itu juga amal baik lho.

Hadirin rohimakumulloh….Mengenai shodaqoh, banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan, tapi dengan satu syarat : Ikhlas.

Keuntungan   utama dari shodaqoh, tergambar dalam Sabda Nabi :

                                              

Bersodaqohlah kalian, karena shodaqoh itu sebagai pelepasmu dari api neraka

Ini jelas sekali, ternyata kebiasaan melaksanakan shodaqoh disertai dengan hati yang ikhlas, dapat menghindarkan diri kita dari panasnya api neraka.

Mungkin ada pertanyaan, bagus mana sodaqoh banyak tapi tak ikhlas, atau sodaqoh sedikit tapi ikhlas.

Rijal mau jawab, yang paling bagus adalah……banyak tapi ikhlas. Setuju tidak ?

Jadi kesimpulannya, marilah kita biasakan beramal sodaqoh, mau dengan harta, dengan tenaga, dengan fikiran, ataupun perilaku baik kita. Semoga kita dihindarkan dari api neraka. Amin ya Robbal alamin.

Akhir kata, kalau ada piring yang pecah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata-kata Rijal yang salah, jangan disimpan di dalam hati.

Burung Irian burung cenderawasih, cukup sekian terima kasih.

Undzur ma Qola wala tandzur man qola, billahi fi sabilil haq, wassalamualaikum wr.

Rasulullah Suri Tauladan

. . . . . . ..

Hadirin,, bapak dan ibu,, serta teman-teman yang di rahmati Allah

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Yang telah melimpahkan nikmat-NYA kepada kita semua, sehingga pada kesempatan hari ini kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Kedua kalinya, sholawat serta salam juga tidak lupa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. Yang kita peringati kelahiran beliau pada hari ini dengan penuh semangat dan suka cita. Kita semua berharap semoga kelak akan mendapat syafaat dari beliau di yaumul qiyaamah. Aamin allahumma  Aamien.

Hadirin,, bapak,, ibu,, rahimakumullah

Setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul awal, kita selalu memperingati sebuah peristwa besar yaitu  Maulid Nabi Muhammad saw. dari peristiwa tersebut Kita bisa memetik hikmah serta mengambil manfaat untuk kita jadikan sebagai pedoman pada kehidupan kita sekarang dan masa yang akan datang.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini saya akan menyampaikan tema yang berkaitan dengan suri tauladan yang bisa kita ambil dari Rasulullah Muhammad saw.

Allah swt telah berfirman dalam al-Quran, surat al-Ahzab ayat 21; yang berbunyi

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu contoh teladan yang baik bagimu; ialah bagi orang yang mengharapkan rahmat Allah dan kedatangan hari Qiamat dan ia banyak ingat menyebut Allah (Q.S. Al-Ahzab 21 )

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saat ini kita banyak melihat anak-anak serta remaja yang mencari-cari seseorang untuk dijadikan contoh/panutan. Dalam hal ini, banyak diantara kita dan mereka yang lebih mengagumi tokoh-tokoh popular/terkenal dari kalangan artis dan selebritis, yang menonjol barangkali karena wajahnya yang cantik ataupun ganteng, dan juga meniru gaya mereka yang katanya sok keren. Anak-anak dan remaja lebih suka menjadikan mereka idola atau pujaan hati mereka dibanding dengan tokoh-tokoh Islam yang ada.

Dalam ajaran Islam, menjadikan seseorang sebagai contoh dan memuja mereka secara berlebihan hukumnya tidak boleh. Dalam pendidikan Islam Contoh yang terbaik untuk diikuti ialah Rasulullah. Rasulullah selama 13 tahun berusaha berdakwah kepada umat Islam di Mekah untuk meninggalkan berhala yang menjadi idola dan sembahan mereka dan mengajak mentauhidkan Allah yang Esa.

Watak Rasulullah dibentuk oleh Allah melalui Al-Quran. Sifat-sifat Nabi yang mulia, kebijaksanaan dalam memimpin negara, berlemah-lembut dan berhikmah dalam berdakwah serta berlaku sederhana dalam kehidupan sehari-hari. bahkan Rasulullah senantiasa menunjukkan budi pekerti yang baik dan terpuji kepada umatnya.

Nabi Muhammad saw. Adalah seorang Nabi yang diutus untuk seluruh ummat manusia, dimana ajaran-ajaran beliau mengajak pada kedamaian, kasih sayang, moral dan etika yang baik serta kesejahteraan manusia. Allah swt. memberi kelebihan dan keutamaan kepada kita, umat Muhammad, berupa misi beliau yang menebar rahamatan lil aalalmien. Sungguh benar firman Allah swt,

 

Dan Kami tidak mengutus kamu, kecuali sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta. Al Anbiya:107

 

Setiap kita yang mengaku sebagai seorang muslim dan muslimah memiliki kewajiban untuk meneladani Rasulullah saw dalam berbagai aspek kehidupan, karena hal tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk mencapai keamanan dan kebahagiaan di dunia serta keberuntungan dan nikmat di akhirat.

Nabi Muhammad saw. merupakan contoh agung dalam berkasih sayang dan bersikap lembut terhadap sesama. Beliau adalah teladan besar dalam pendidikan anak-anak.

Nabi Muhammad saw. sebagai ayah yang penyayang, sebagai kakek yang lembut dan penuh perhatian terhadap semua anak-anak. Inilah pribadi Muhammad yang patut kita contoh dan kita tiru.

Sungguh, Nabi Muhammad saw. memberi pelajaran dan pengalaman berharga bagi kita semua dalam hal pendidikan. Agar kita mampu mencetak dan menjadi generasi yang mampu mengemban tanggungjawab luhur dan mengangkat tinggi panji Islam.

dari sejarah kehidupannya, Nabi telah mengajarkan kepada kita prinsip-prinsip pendidikan, yaitu pentingnya anak-anak memiliki rasa percaya diri, mandiri dan mampu mengemban tanggungjawab di usia dini. Inilah problematika kita sekarang, anak-anak muda sekarang ini kehilangan sikap percaya diri, sikap mandiri serta sikap yang terpuji / akhlaqul kariimah.

Pendidikan Sikap dan Perilaku

Nabi Muhammad saw. mengajarkan dasar-dasar ajaran agama yang lurus kepada anak-anak sejak dini. Beliau mendorong kita semua untuk mempelajari etika umum dan perilaku lurus atau akhlaqul karimah yang orang Barat sekarang menamakannya sebagai Seni Etika.

Ayah Yang Penyayang

Ketika kita berbicara kasih sayang dan kelembutan Nabi Muhammad saw. terhadap anak-anak, maka tidak akan pernah kita temukan bandingan dan permisalan seperti beliau saw. Banyak peristiwa dalam sejarah kehidupan Nabi yang mempesona berkaitan dengan kasih sayang beliau terhadap anak-anak. Baik beliau sebagai seorang  Ayah, Kakek atau Pendidik bagi semua anak-anak.

Perilaku Nabi Muhammad saw. yang demikian tidak hanya kepada keluarganya saja, tapi untuk semua anak-anak pada masa itu, bahkan sampai pembantunya sekalipun. Anas Bin Malik telah memberikan kesaksiannya, ia mengatakan bahwa Saya telah sepuluh tahun menjadi pelayan Rasul, selama itu beliau tidak pernah berkatauf atau huss ataupun aah kepada saya.

selain itu, Nabi Muhammad saw. juga sangat memperhatikan penampilan anak-anak.

Diriwayatkan dari Nafi bin Umar, bahwa Nabi saw. melihat anak kecil rambutnya dipotong separuh dan separuh lagi dibiarkan, maka beliau melarang hal yang demikian, seraya bersabda, Cukur semuanya atau tidak sama sekali.

Inilah bukti kepedulian beliau terhadap penampilan anak, agar anak-anak tampil lebih baik, yaitu penampilan yang Islami, sopan dan santun. Contoh peristiwa kepedulian Muhammad saw. terhadap pendidikan perilaku dan kasih sayang beliau terhadap anak-anak sangatlah banyak sekali.

Sunggguh Agung Kepribadian Nabi Muhammad

Sungguh, sungguh menakjubkan pribadi engkau wahai Muhammad. Engkau tetap menjadi teladan, model dan idola yang layak dicontoh bagi setiap manusia dalam segala sisi kehidupan. Engkau adalah kasih sayang yang dihamparkan Allah swt. di muka bumi. Engkau telah menjadikan kami sebagai khairu ummah, sebaik-baik umat manusia. Engkau adalah suri tauladan yang sempurna bagi seluruh manusia, dan bagi setiap yang menginginkan kesempurnaan dalam berbagai bentuk amal dan perbuatan, segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada Nabi Muhammad saw untuk kami semua, dan segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada mu untuk umat manusia seluruhnya.
Shalawat dan salam semoga selalu tercurah untukmu Ya Rasulallah. Aamien

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekhilafan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Aakhirul kalam,,,,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Assalamualaikum wr wb

Cereme buah  cereme jalan jalan beli opak

Rame sih rame jawab salam kurang kompak  sekali lagi ah

Assalamualaikum wr wb

Innal hamdalillah

Nahmaduhu wanuhuastainuhu wanas tagpiruhu wanauzubillahi minsururi anfusina

 wamin saiati amalina

mayadihilahu fala mudilalah wayudlil fala hadialah

asyhaduala ilaha illalah waasyhaduanna

Segala puji kehadirat illahi robbi yg telah memberi tanpa henti kini telah terbukti gaya hidup semakin bergengsi,pakaian rapi berdasi,rumah mewah berpagar besi,didepanya mobil mersi,perabotan meja dan kursi,ditambahtv dan c…d,makanan keju dan ro…ti,ini anugrah yg patut kita syukuri betul apa betul.

Solawat salam kita sanjungkan kepada rosulullah juru selamat dunia akhirat beliau pembimbing umat,sekarang persaiangan semakin ketat,harga sembako semakin meningkat,disana sini banyak orang maksiat,ini bertanda kiamat sudah dekat[nauzubillahi mindalik].

teman-teman seperjuangan yg budiman tema bahasan kali ini adalah menyayangi orang tua.hadirin kita diharuskan saling menyayangi diantaranya sayang ibu sayang ayah,sayang teman,sayang adik kakak,pokoknya sayang semuanya.kalo kita ingin disayang ibu,ingin di sayang ayah kita juga harus menyayangi mereka berdua caranya menaati perintahnya terutama rajin belajar teman-teman yu kita nyanyi aku sayang ibu. Satu satu aku sayang ibu,dua dua juga  sayang ayah,tiga tiga sayang adik kakak,satu,dua,tiga,sayang semuanya.sekarang kita ganti syairnya.satu satu aku cinta allah,dua dua cinta rosulullah,tiga tiga hormat ibu bapak ,satu,dua,tiga jalan masuk surga.

 Hadirin rohimakumullah

Orang tua kita terutama ibu sangat besar jasanya beliau yg telah mengandung sembilan bulan lamanya,melahirkan,mengurus dengan penuh kesabaran hingga kita seusia ini.

Allah robul ijati melarang keras manusia berbuat tidak baik kepada orang tua

Allah swt berpirman dalam al quran.

Yang artinya:                                                                                             

Maka sekali kali janganlah engkau mengatakan kepada kedua orang tuamu perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yg baik.

   Ini menandakan bahwa kita harus sayang kepada kedua orang tua kita

Bahkan nabi muhammad saw bersabda:

Yang artinya:

Keridoan allah terletak pada keridoan orang tua kita

Sayang orang tua banyak caranya….

Membantu ibu memasak….boleh

Membantu cuci piring ….boleh juga

Dan yang penting, kita patuh dan selalu berdoa untuk mereka.

Sudah hafal ya doa untuk ayah dan ibu ?

Yu kita sama-sama berdoa….

Mudah-mudahan kita menjadi waladun solihun. Aamin ya Robbal Alamin

Akhir kata, kalau ada piring yang pecah jangan disimpan di dalan peti, kalau ada kata-kata Anna yang salah, jangan disimpan di dalam hati.

Burung Irian burung Cenderawasih, cukup sekian terima kasih…..

Undzur ma qoola, walaa tandzur man qola…

Billahi fi sabilil haq,

Wassalamualaikum wr. wb.

1. janganlah engkau MENUNTUT ILMU , karena pada dasarnya ILMU itu tidak bersalah

2. janganlah pula engkau MENIMBA ILMU , karena didalam sumur tidak ada ILMU

3. jangalah engkau MEMBALAS BUDI , karena belum tentu BUDI yang melakukannya

4. janganlah engkau MENGURUSI TEMAN , karena belum tentu temanmu ingin berbadan KURUS

5. janglah engkau MEMBANGUNKAN RUMAH untuk kelurgamu , karena rumah memang tidak pernah TIDUR

6.janglah engkau MEMBERI TAHU orang yang bertanya , kerena orang itu mungkin tidak suka makan TAHU

7. janglah engkau MENGARUNGI LAUTAN karena KARUNG memang lah cocok untuk beras

dan, janganlah engkau MERESAPI kata – kata bijak ini , karena MERES handuk aja susah , apa lagi MERESSAPI

Rasulullah Suri Tauladan

Setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul awal, kita selalu memperingati sebuah peristwa besar yaitu  Maulid Nabi Muhammad saw. dari peristiwa tersebut Kita bisa memetik hikmah serta mengambil manfaat untuk kita jadikan sebagai pedoman pada kehidupan kita sekarang dan masa yang akan datang.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini saya akan menyampaikan tema yang berkaitan dengan suri tauladan yang bisa kita ambil dari Rasulullah Muhammad saw.

Allah swt telah berfirman dalam al-Quran, surat al-Ahzab ayat 21; yang berbunyi

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu contoh teladan yang baik bagimu; ialah bagi orang yang mengharapkan rahmat Allah dan kedatangan hari Qiamat dan ia banyak ingat menyebut Allah (Q.S. Al-Ahzab 21 )

Saat ini kita banyak melihat anak-anak serta remaja yang mencari-cari seseorang untuk dijadikan contoh/panutan. Dalam hal ini, banyak diantara kita dan mereka yang lebih mengagumi tokoh-tokoh popular/terkenal dari kalangan artis dan selebritis, yang menonjol barangkali karena wajahnya yang cantik ataupun ganteng, dan juga meniru gaya mereka yang katanya sok keren. Anak-anak dan remaja lebih suka menjadikan mereka idola atau pujaan hati mereka dibanding dengan tokoh-tokoh Islam yang ada.

Dalam ajaran Islam, menjadikan seseorang sebagai contoh dan memuja mereka secara berlebihan hukumnya tidak boleh. Dalam pendidikan Islam Contoh yang terbaik untuk diikuti ialah Rasulullah. Rasulullah selama 13 tahun berusaha berdakwah kepada umat Islam di Mekah untuk meninggalkan berhala yang menjadi idola dan sembahan mereka dan mengajak mentauhidkan Allah yang Esa.

Watak Rasulullah dibentuk oleh Allah melalui Al-Quran. Sifat-sifat Nabi yang mulia, kebijaksanaan dalam memimpin negara, berlemah-lembut dan berhikmah dalam berdakwah serta berlaku sederhana dalam kehidupan sehari-hari. bahkan Rasulullah senantiasa menunjukkan budi pekerti yang baik dan terpuji kepada umatnya.

Nabi Muhammad saw. Adalah seorang Nabi yang diutus untuk seluruh ummat manusia, dimana ajaran-ajaran beliau mengajak pada kedamaian, kasih sayang, moral dan etika yang baik serta kesejahteraan manusia. Allah swt. memberi kelebihan dan keutamaan kepada kita, umat Muhammad, berupa misi beliau yang menebar rahamatan lil aalalmien. Sungguh benar firman Allah swt,

 

Dan Kami tidak mengutus kamu, kecuali sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta. Al Anbiya:107

 

Setiap kita yang mengaku sebagai seorang muslim dan muslimah memiliki kewajiban untuk meneladani Rasulullah saw dalam berbagai aspek kehidupan, karena hal tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk mencapai keamanan dan kebahagiaan di dunia serta keberuntungan dan nikmat di akhirat.

Nabi Muhammad saw. merupakan contoh agung dalam berkasih sayang dan bersikap lembut terhadap sesama. Beliau adalah teladan besar dalam pendidikan anak-anak.

Nabi Muhammad saw. sebagai ayah yang penyayang, sebagai kakek yang lembut dan penuh perhatian terhadap semua anak-anak. Inilah pribadi Muhammad yang patut kita contoh dan kita tiru.

Sungguh, Nabi Muhammad saw. memberi pelajaran dan pengalaman berharga bagi kita semua dalam hal pendidikan. Agar kita mampu mencetak dan menjadi generasi yang mampu mengemban tanggungjawab luhur dan mengangkat tinggi panji Islam.

dari sejarah kehidupannya, Nabi telah mengajarkan kepada kita prinsip-prinsip pendidikan, yaitu pentingnya anak-anak memiliki rasa percaya diri, mandiri dan mampu mengemban tanggungjawab di usia dini. Inilah problematika kita sekarang, anak-anak muda sekarang ini kehilangan sikap percaya diri, sikap mandiri serta sikap yang terpuji / akhlaqul kariimah.

Pendidikan Sikap dan Perilaku

Nabi Muhammad saw. mengajarkan dasar-dasar ajaran agama yang lurus kepada anak-anak sejak dini. Beliau mendorong kita semua untuk mempelajari etika umum dan perilaku lurus atau akhlaqul karimah yang orang Barat sekarang menamakannya sebagai Seni Etika.

Ayah Yang Penyayang

Ketika kita berbicara kasih sayang dan kelembutan Nabi Muhammad saw. terhadap anak-anak, maka tidak akan pernah kita temukan bandingan dan permisalan seperti beliau saw. Banyak peristiwa dalam sejarah kehidupan Nabi yang mempesona berkaitan dengan kasih sayang beliau terhadap anak-anak. Baik beliau sebagai seorang  Ayah, Kakek atau Pendidik bagi semua anak-anak.

Perilaku Nabi Muhammad saw. yang demikian tidak hanya kepada keluarganya saja, tapi untuk semua anak-anak pada masa itu, bahkan sampai pembantunya sekalipun. Anas Bin Malik telah memberikan kesaksiannya, ia mengatakan bahwa Saya telah sepuluh tahun menjadi pelayan Rasul, selama itu beliau tidak pernah berkatauf atau huss ataupun aah kepada saya.

selain itu, Nabi Muhammad saw. juga sangat memperhatikan penampilan anak-anak.

Diriwayatkan dari Nafi bin Umar, bahwa Nabi saw. melihat anak kecil rambutnya dipotong separuh dan separuh lagi dibiarkan, maka beliau melarang hal yang demikian, seraya bersabda, Cukur semuanya atau tidak sama sekali.

Inilah bukti kepedulian beliau terhadap penampilan anak, agar anak-anak tampil lebih baik, yaitu penampilan yang Islami, sopan dan santun. Contoh peristiwa kepedulian Muhammad saw. terhadap pendidikan perilaku dan kasih sayang beliau terhadap anak-anak sangatlah banyak sekali.

Sunggguh Agung Kepribadian Nabi Muhammad

Sungguh, sungguh menakjubkan pribadi engkau wahai Muhammad. Engkau tetap menjadi teladan, model dan idola yang layak dicontoh bagi setiap manusia dalam segala sisi kehidupan. Engkau adalah kasih sayang yang dihamparkan Allah swt. di muka bumi. Engkau telah menjadikan kami sebagai khairu ummah, sebaik-baik umat manusia. Engkau adalah suri tauladan yang sempurna bagi seluruh manusia, dan bagi setiap yang menginginkan kesempurnaan dalam berbagai bentuk amal dan perbuatan, segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada Nabi Muhammad saw untuk kami semua, dan segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada mu untuk umat manusia seluruhnya.
Shalawat dan salam semoga selalu tercurah untukmu Ya Rasulallah. Aamien

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekhilafan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Aakhirul kalam,,,,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply