PIDATO : Nilai Pendidikan di Mata Masyarakat Miskin

PIDATO

Thema: Pendidikan

Judul: Nilai Pendidikan di Mata Masyarakat Miskin

Salam sejahtera,

Yang terhormat bapak kepala SMP. Negeri 5 Kupang,Yang terhormat bapak/ibu guru, serta teman-teman yang saya cintai.Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karna berkat dan rahmatnya, kita masih di perbolehkan hadir dalam acara pidato pada pagi hari ini. Pagi ini saya akan membacakan pidato yang berjudul..

Nilai Pendidikan di Mata Masyarakat Miskin

Pendidikan adalah pintu menuju kesuksesan. Banyak orang yang sudah berpendidikan selalu menganggap pendidikan yang mereka dapat tak bermanfaat bagi kehidupan yang mereka jalani. Terkadang mereka menyia-nyiakan pendidikan yang telah di dapat untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna sedikit pun. Namun, bagisebagian masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan, pendidikan sangatlah berarti di mata mereka. Mereka rela bekerja siang malam untuk dapat duduk di bangku pendidikan.

Sebagian masyarakat yang belum tahu arti pendidikan, beranggapan bahwa pendidikan yang mereka dapat hanyalah harapan-harapan kosong dan mereka merasa waktu mereka terbuang sia-sia hanya untuk pendidikan. Sebenarnya anggapan itu salah. Karna, pendidikan sangatlah bermanfaat bagi kelangsungan hidup setiap manusia. Melalui pendidikan, setiap orang dapat mengetahui dan memperoleh ilmu pengetahuan. Kita juga dapat mengetahui perkembangan jaman.

Bagi masyarakat miskin, pendidikan diibaratkan Mencari sebuah jarum di dalam tumpukan jerami. Artinya, bagi mereka pendidikan itu sangat berharga dan tak mudah di temukan. Pendidikan yang mereka dapatkan walaupun sedikit, tapi mereka selalu memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Hal ini membuktikan bahwa nilai pndidikan di mata masyrakat miskin sangatlah BERHARGA.

Tetapi sayangnya, tidak semua rakyat miskin menganggap bahwa pendidikan itu berharga. Ada sebagin orang yang lebih memilih untuk bekerja dari pada meneruskan sekolah mereka, padahal mereka sudah diberi biaya atau tunjangan untuk melanjutkan sekolah mereka. Hal ini juga membuktikan bahwa sebagian masyarakat belum sadar akan arti pentingnya pendidikan.

Harapan saya adalah semoga pemerintah dapat lebih memperhatikn rakyat kecil agar mereka dapat melanjutkan pendidikan mereka. Dan juga, semoga lebih ada kesadaran dari dalam diri masing-masing orang untuk lebih mengerti arti pendidikan yang sesungguhnya.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila dalam pidato ini ada kata-kata yang salah, sebab Tak Ada Gading yang Tak Retak.

Akhir kata saya ucapkan TERIMA KASIH.

Nama: Natalia N. Masiweni

Kelas: IX A

Jumlah kata: 348 kata

PIDATO

Thema: Pendidikan

Judul: Pendidikan Murah Tetapi Berkualitas

Selamat pagi dan salam sejahterah umtuk kita semua.

Bapak kepala sekolah yang saya hormati, Bapak/ibu guru yang saya cintai serta teman- teman yang saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karna atas bimbingan dan penyertaannya kita semua dapat hadir di tempat ini dalam keadaan sehat dan selamat.

Ijinkan saya menyampaikan isi pidato saya mengenai ..

Pendidikan Murah Tetapi Berkualitas

Bapak/ibu guru dan teman-teman, cobalah kita semua pikirkan makna dari pendidikan murah tetapi berkualitas. Pemerintah telah memberikan kepada kita sebagai peserta didik fasilitas serta biaya pendidikan yang murah, tetapi karna kurangnya kesadaran kita akan pendidikan maka sebagian dari penduduk Indonesia menjadi buta huruf.

Padahal dengan adanya pendidikan yang murah kita dapat mengembangkan bakat dan keterampilan yang kita miliki. Sekolah merupakan sarana utama untuk membantu kita menjadi seseorang yang berguna. Bapak/Ibu guru merupakan perantara ilmu untuk kita, apa yang mereka peroleh mereka ajarkan kepada kita. Tetapi kadang kala jika kita mau rajin membaca mungkin kita bisa lebih pintar dari mereka. Belajar bukan saja di sekolah tetapi waktu yang paling tepat dan banyak yaitu di rumah.

Dengan adanya pendidikan murah dan gratis, dapat mengurangi beban orang tua dan masyarakat yang kurang mampu. Tetapi pendidikan murah bukn berarti membuat kita sebagai orang yang miskin terhadap ilmu pengetahuan. Apakah kita tidak merasa malu dan iri kepada orang-orang di negara maju yang dapat menciptakan berbagai karya cipta yang mereka inginkan. Dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang luas membuat mereka menjadi orang-orang yang berkualitas.

Teman-teman, sebagai tunas bangsa, dengan adanya pendidikan yang murah marilah kita berusaha menjadi manusia yang berkualitas untuk mengubah masa depan bangsa menjadi bangsa yang maju dan berkualitas di mata negara- negara asing.

Demikian pidato singkat ini semoga kita sebagai siswa selalu berusaha menjadi yang terbaik di atas yang terbaik.

Terima kasih, selamat pagi dan selamat berjuang.

Nama:Torina Y. Kolo

Kelas: IX A

JUMLAH KATA: 300.

Leave a Reply