PIDATO PELESTARIAN BUDAYA

PIDATO PELESTARIAN BUDAYA

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Ibu Kepala SMP N Tunggal Harapan, yang terhormat para bapak / ibu serta karyawan sekolah serta teman teman Tunggal Harapan yang kami banggakan.

Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita semua masih dapat berkumpul bersama untuk memperingati hari yang amat penting ini yaitu untuk memperingati budaya Indonesia.Dan tanpa kasih dan karunia-Nya, kita tidak dapat menyelenggarakan acara ini.

Tanpa kita sadari, negara kita memiliki kebudayaan yang cukup banyak dan menarik.Dari ujung Pulau Sumatera sampai Pulau Papua-pun banyak kebudayaan yang cukup menarik bagi bangsa ini.Sayangnya, banyak dari kita yang tidak mengetahui sebenarnya kebudayaan apa saja yang kita miliki.ditambah lagi roda dunia yang terus berputar.Jika kita tidak memelihara kebudayaan yang kita miliki, bisa jadi kebudayaan kita menghilang dan diakui negara lain.

Dalam ikrar Sumpah Pemuda dijelaskan bahwa putra putri Indonesia siap bertanah air, berbangsa dan Berbahasa Indonesia.Jika kita jelaskan dari ikrar Sumpah Pemuda yang membahas tentang Tanah Air, sudah jelas jika Tanah Air kita Tanah Air Indonesia.Indonesia kaya akan budaya.Budaya sebenarnya sangat diterima oleh masyarakat.Tetapi apa nyatanya ?Budaya kita terus menghilang dan menghilang.

Bahkan, pada era globalisasi ini, kebudayaan yang terdapat di Indonesia bukan mengacu pada kebudayaan yang sifatnya positif, tetapi mengacu pada kebudayaan yang berbau negatif.Di sekitar kita banyak siswa yang sering minum minuman keras, merokok, bahkan tawuran.Hal yang berbau negatif itu seperti sajian utama bagi yang melakukannya.Dan perlu diketahui bahwa hal tersebut sudah menyebar ke Seluruh Indonesia dari sekolah biasa sampai sekolah unggulan di daerahnya.

Hadirin yang saya hormati,

Sebenarnya kebudayaan yang kita miliki juga bisa digunakan untuk proses pembelajaran, khususnya untuk pelajaran PKn, IPS, Seni budaya, dan muatan lokal Bahasa Daerah.Kebudayaan juga sangat penting untuk forum internasional, seperti pertukaran pelajar, pertukaran budaya, ajang budaya internasional, dan sebagainya.Kebudayaan juga bisa digunakan untuk pembelajaran tata krama.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kita terutama generasi muda saat ini harus melestarikan budaya kita sendiri agar tidak seperti yang dijelaskan tadi bahwa budaya dapat menghilang dan juga dapat dihilangkan.

Hadirin yang saya muliakan,

Harapan saya agar budaya terus lestari sampai akhir hayat ini agar anak cucu kita dapat merasakan / mengetahui kebudayaan kita. Lestarikan budaya kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa budaya yang menarik untuk kelangsungan hidup segenap komponen nusa dan bangsa.

Cukup sekian pidato dari saya.Mohon maaf apabila dalam pidato ini terdapat hal hal yang kurang berkenan di hati anda.Akhirnya tiada kata yang paling tepat selain ucapan terima kasih kepada anda semua.Ada pantun yang mengatakan Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi, dan jikalau ada umur panjang, boleh kita berjumpa lagi.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Merdeka !!!

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati bapak guru, Beserta teman-temanku yang saya sayangi.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur  atas kehadirat Allah SWT karena berkat rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini kembali.

Pada kesempatan ini,  saya akan menyampaikan sesuatu mengenai hal yang perlu kita jaga sebagai generasi penerus bangsa yaitu melestarikan budaya indonesia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, rasa bangga dan kepedulian melestarikan budaya kurang tertanam digenerasi muda indonesia saat ini. Mereka lebih tertarik mempelajari kebudayaan asing, salah satu faktor penyebabnya adalah banyaknya sarana yang memperlihatkan budaya asing.

Di era globalisasi ini budaya budaya barat sangat mudah masuk ke Indonesia. Budaya ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di Imdonesia. Kita, selaku generasi muda, lebih menyukai akan budaya ini ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih gaul jika meniru budaya barat. Kasus lain adalah masalah tentang pengakuan budaya kita oleh Malaysia yaitu reog ponorogo, tari pendet, batik, lagu sayange dan lainnya. Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan Malaysia yang telah mengklaim budaya kita. Kita sebagai rakyat Indonesia juga harus sadar akan kesalahan kita. Kita harus introspeksi diri kita. Berapa banyak dari kita yang sebelumnya peduli pada budaya asli Indonesia sebelum kejadian seperti ini ?

Untuk itu Marilah kita sama sama merenungkan dalam hati kita masing masing. Sudah seharusnya, kita bangga akan budaya kita sendiri. Karena bangsa lain pun iri terhadap apa yang kita miliki. Pedulilah terhadap budaya kita, budaya Indonesia. Kita harus bangga menjadi orang Indonesia ! Bangga akan budaya Indonesia yang beragam ! Ini budayaku! Indonesiaku! Sekarang nasib bangsa Indonesia ada di tangan kita, para pemudajadi berilah yang terbaik bagi Bangsa Kita, Negara Kita, Indonesia.

Sekiranya itulah yang ingin saya sampaikan. terima kasih atas perhatian Anda, mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualikum Wr. Wb

Bapak / Ibu Guru yang saya hormati,

Dan teman teman yang berbahagia

Assalamualaikum Wr. Wb

Marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena pada hari ini kita diberi kesempatan berkumpul bersama di pagi hari yang cerah ini. 

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sesuatu mengenai hal perlu kita jaga sebagai generasi penerus bangsa yaitu melestarikan budaya Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan keanekaragamannya. Terdapat ratusan bahkan lebih suku bangsa yang ada di bumi Indonesia. Dari suku suku ini kemudian terbentuk suatu budaya yang berbeda antara satu sama lain. Budaya Indonesia memang sangat kaya namun, berapa banyak budaya yang bisa kita disebutkan dari sedemikian banyaknya budaya yang dimiliki Indonesia ? Mungkin jawaban kita hanya bisa dihitung dengan jari. Ironis memang. Tapi inilah kenyataan yang ada. Kita, penerus generasi bangsa, seakan cuek terhadap budaya kita sendiri. Kita harusnya melestarikannya. Tapi mengapa kita malah tak peduli dan mengabaikannya ?

Di era globalisasi ini budaya budaya barat sangat mudah masuk ke Indonesia. Budaya ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di Imdonesia. Kita, selaku generasi muda, lebih menyukai akan budaya ini ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih PD dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat. Kasus lain adalah masalah tentang pengakuan budaya kita oleh Malaysia. Tentu kita geram akan Negara tetangga yang dengan seenaknya mengklaim budaya budaya kita seperti reog ponorogo, tari pendet, batik, lagu sayange dll. Ini merupakan tamparan keras bagi kita semua, rakyat Indonesia khususnya para generasi muda. Kita tidak bisa serta merta menyalahkan Malaysia yang telah mengklaim budaya kita. Kita sebagai rakyat Indonesia juga harus sadar akan kesalahan kita. Kita harus introspeksi diri kita. Berapa banyak dari kita yang sebelumnya peduli pada budaya asli Indonesia sebelum kejadian seperti ini ? Untuk itu Marilah kita sama sama merenungkan dalam hati kita masing masing.

 

Jika memang wayang kulit salah satu budaya yang kita miliki mengapa harus malu untuk menontonnya? Jika memang batik itu juga bagian dari budaya kita, mengapa merasa malu memakainya? Sudah seharusnya, kita bangga akan budaya kita sendiri. Karena bangsa lain pun iri terhadap apa yang kita miliki.

Pedulilah terhadap budaya kita, budaya Indonesia. kita harus bangga menjadi orang Indonesia ! Bangga akan budaya Indonesia yang beragam ! Ini budayaku! Indonesiaku! Sekarang nasib bangsa Indonesia ada di tangan kita, para pemudajadi berilah yang terbaik bagi Bangsa Kita, Negara Kita, Indonesia.

Sekiranya itulah yang ingin saya sampaikan. terima kasih atas perhatian Anda, mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualikum Wr. Wb

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Kepada yang terhormat Bapak kepala

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru

Serta teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayahnya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa ada halangan apapun. amin

Yang kedua kalinya tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiah. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengaruh internet bagi pelajar mengingat betapa familiarnya internet di kalangan remaja saat ini.

Dengan seiringnya zaman maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Dimana kita telah mengenal internet. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan HP yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya. Atau jika tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan warnet. Dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya
diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

Internet selain memiliki dampak positif juga memilikii dampak negative. Telah kita ketahui dampak2 positif dari internet yaitu kemudahan2 yang kita dapat seperti misal dalam dunia pendidikan penggunaannya di ramu dengan unsur hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga pengetahuan dapat di serap dengan baik karena lebih menarik dan menyenangkan, selain itu juga member manfaat lain melalui program aplikasi missal berbentuk games(permainan) membuat pelajar memiliki daya imajinasi yang tinggi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dampak negativenya contohnya membuat pelajar menjadi kecanduan seperti games dan aplikasi lainnya yang sedang hot saat ini adalah facebook yang mengakibatkan lupa waktu dan memacu anak menjadi malas belajar. Remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan ada lebih kurangnya saya mohon maaf sebesar2nya. Akhir kata wabillahitaufiqwalhidayah

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi semuanya.

Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan YME yang oleh karena rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Yang terhormat ibu Eny Azizah, selaku guru bahasa Indonesia SMA 1 Kudus, dan teman- teman yang saya sayangi dan saya cintai. Izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan tentang menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi sebaik-baiknya.

Kita tahu bahwa kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat dan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di bumi ini. Kemajuan teknologi itu salah satunya adalah internet. Internet sangat berdampak, baik positif maupun negatif.

Positifnya antara lain kita dapat berhubungan dengan orang di seluruh dunia, mendapatkan informasi, pengetahuan, dan lain-lain. Sedangkan negatifnya adalah perjudian, penipuan, penculikan, dan sebagainya. Maka dari itu kita harus pintar-pintar memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, terutama internet. Berikut akan saya sampaikan beberapa caranya.

Pertama, kita harus membagi waktu antara kewajiban kita dengan menggunakan internet. Jangan sampai kewajiban kita terabaikan akibat terlalu sibuk dengan internet sampai lupa waktu. Kedua, kita bisa menginstall software khusus yang mana akan memblok situs yang berbau sara. Sehingga kita tidak terpengaruh oleh situs tersebut.

Ketiga, jangan mudah percaya kepada orang yang baru anda kenal di jejaring sosial. Tidak sedikit orang yang tertipu, diculik, bahkan dijual sebagai budak belian karena mudah percaya dengan orang yang baru dikenalnya di jejaring sosial. Keempat, marilah kita buka situs-situs yang bermanfaat bagi kita. Selain mendapat informasi, kita juga dapat menambah wawasan dan masih banyak lagi.

Kelima, perteguhlah iman. Dengan memperteguh iman kita akan mempunyai filter yang akan menyaring pengaruh positif dan negatif kemajuan teknologi. Keenam dan yang terakhir adalah kita harus menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan. Kita harus memiliki prinsip untuk tidak menggunakan internet secara berlebihan.

Dari uraian saya tadi, dapat kita simpulkan bahwa, kemajuan teknologi memang sangat berguna dalam kehidupan manusia, tapi kita harus menghadapi dampak negatifnya, anda semua bisa menggunakan cara-cara yang telah saya uraikan tadi. Jika ada salah kata dan perbuatan saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatian anda. Dan selamat pagi.

Pidato Tentang Dampak Kemajuan Teknologi Informasi

Assalamualaikum.wr.wb

Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan YME yang oleh karena rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Yang terhormat ibu guru, selaku guru bahasa Indonesia SMP NEGERI 3 KLATEN, dan teman- teman yang saya sayangi. Izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan tentang dampak kemajuan teknologi informasi.

Kita tahu bahwa kemajuan teknologi informasi saat ini berkembang dengan pesat dan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di bumi ini. Kemajuan teknologi informasi itu salah satunya adalah internet. Internet sangat berdampak, baik positif maupun negatif.

Dampak positifnya antara lain:

  kita dapat berhubungan dengan orang di seluruh dunia,

  mendapatkan informasi,

  mendapatkan pengetahuan, dan lain-lain.

Dampak negatifnya antara lain:

  perjudian,

  penipuan,

  penculikan, dan sebagainya.

Maka dari itu kita harus pintar-pintar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut, terutama internet. Berikut akan saya sampaikan beberapa caranya agar kita tidak menyalah gunakan tentang dampak kemajuan teknologi informasi.

Kita harus menggunakan kemajuan teknologi informasi tersebut dengan sebaik-baiknya. Karena bila iman kita kuat kita akan mempunyai pikiran yang bisa membedakan adanya pengaruh positif dan negatif pada kemajuan teknologi informasi itu. Dan jangan mudah percaya kepada orang yang baru anda kenal di jejaring sosial. Tidak sedikit orang yang tertipu, diculik, bahkan dijual beliakan karena mudah percaya dengan orang yang baru dikenalnya di jejaring sosial. Marilah kita buka situs-situs yang bermanfaat bagi kita. Selain mendapat informasi, kita juga dapat menambah wawasan dan masih banyak lagi.

Dari pidato saya tadi, dapat kita simpulkan bahwa, kemajuan teknologi informasi memang sangat berguna dalam kehidupan manusia, tapi kita harus menghadapi dampak negatifnya, anda semua bisa menggunakan cara-cara yang telah saya bicarakan tadi.

Jika ada kata-kata yang salah saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya.

wassalamualaikum.wr.wb 

Assalamualaikum wr.wb.
Wassolatuwasalamuala asrafil anbiya iwal mursalin waala alihi washabbihi ajmain amma badu.

Yang terhormat Ibu Dwi Yanti selaku guru pelajaran bahasa Indonesia,
Dan teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul kembali untuk menuntut ilmu di sekolah yang kita cintai ini. Tidak lupa juga mari kita panjatkan sholawat serta salam kepada nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan kerabatnya.

Teman-teman sekalian, seperti yang kita ketahui bersama di era globalisasi ini kita semakin dimanjakan dengan berbagai teknologi yang semakin canggih. Dan kita juga semakin mudah untuk melakukan segala sesuatu.

Meskipun kita memiliki banyak kemudahan, namun kita tetap harus waspada dalam menggunakan teknologi. Karena segala sesuatu pasti memiliki sisi positif dan sisi negatifnya.

Oleh karena itu, saya berdiri disini hanya untuk mengingatkan teman-teman sekalian agar dapat memaksimalkan penggunaan teknologi dengan sebaik mungkin.

Sekarang mari kita ambil contoh, handphone misalnya. Kita sudah mengenal handphone sejak bertahun-tahun yang lalu. Handphone juga telah mengalami berbagai perkembangan teknologi.

Yang dahulu hanya dapat digunakan untuk mengirim sms, kini sudah dapat digunakan untuk BBM, Whatsapps, KIK Messager, dan lain sebagainya. Yang dahulu hanya dapat digunakan untuk menelfon dengan menggunakan pulsa, kini sudah dapat digunakan untuk menelfon dengan hanya bermodalkan internet. Yang dahulu hanya berwarna hitam-putih. Kini sudah berwarna-warni. Bahkan sudah dapat digunakan untuk mengambil gambar atau video yang langsung dapat diunggah ke situs jejaring sosial.

Perkembangan-perkembangan itulah yang semakin memudahkan kita untuk saling berkomunikasi, walau jarak jauh sekalipun.

Kini sudah hampir semua handphone memiliki fitur internet. Dari fitur inilah kita bisa mendapatkan banyak informasi. Apalagi kita sebagai pelajar, internet ini sangat dibutuhkan dan sangat membantu dalam proses belajar. Appun yang ingin kita pelajari semuanya ada pada internet.

Itulah sisi positif yang dapat kita ambil dari perkembangan teknologi. Namun kita tetap harus waspada dalam menggunakannya. Jangan sampai kita terjerumus kepada hal-hal negatif yang ada.

Disini kita juga bisa menjadi lalai dalam mengerjakan sesuatu. Coba kita berfikir sejenak, apa pernah kita meninggalkan pekerjaan rumah hanya karena handphone ataupun teknologi lainnya?

Bukan hanya sekedar membuat lalai. Prkembangan teknologi juga dapat membuat kita meremehkan sesuatu dan membuat kreatifitas kita hilang. Misal, kita diberi tugas untuk membuat sebuah karya tulis. Tetapi kita hanya brsantai Tenang masih ada internet itulah yang sering kali muncul dalam fikiran kita. Dan itu jugalah yang membuat kita mengandalkan internet dan menghilangkan kreatifitas yang ada pada diri kita.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai menyaring segala informasi yang kita dapat di era globalisasi seperti ini. Kita harus dapat memanfaatkan teknologi yang ada namun juga jangan sampai kita terjerumus kepada hal-hal yang negatif tadi. Dan semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Dan saya juga mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata ataupun ada kata-kata yang kurang berkenan dihati.

Waalaikumsallam.wr.wb

Assalamualaikum wr.wb.

Hadirin yang saya hormati saya berdiri disini akan membahas tentang Ilmu pengetahuan dan Teknologi atau biasa disingkat IPTEK. Jumlah manusia semakin meningkat hal ini menyebabkan jumlah kebutuhan manusia meningkat pula. Seiring peningkatan kebutuhan tersebut manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia mengembangkan IPTEK. Namun dalam kenyataannya pemuasan kebutuhan yang mereka harapkan jauh dari kenyataan, hal ini disebabkan IPTEK yang dikembangkan tidak hanya menimbulkan dampak positif tetapi juga dampak negatif yang merugikan manusia itu sendiri.
Dampak positif perkembangan IPTEK manusia dapat memuaskan kebutuhan hidupnya. Teknologi memudahkan manusia dalam hidupnya, misalnya kita sekarang tidak perlu bertemu seseorang jika sekedar untuk berbicara, kita dapat berbicara melalui handphone. Sekarang kita tidak perlu lagi perahu layar untuk keliling dunia karena sudah ada pesawat jet yang dalam hitungan jam dapat mengantarkan kemanapun kita inginkan di bumi ini. Masih banyak lagi kemudahan yang dapat kita peroleh dari perkembangan IPTEK dan akan terus berkembang seiring kemajuan jaman.
Perkembangan IPTEK tidak hanya memudahkan dan memuaskan kebutuhan hidup, tetapi menimbulkan dampak negatif juga bagi manusia. Banyaknya kendaraan dan pabrik yang didirikan manusia menimbulkan polusi udara. Limbah industri mencemari lingkungan. Kemudahan mengakses teknologi mencemari moral generasi muda. Dampak negatif tersebut dapat menimbulkan kerugian berupa menurunya kualitas hidup dalam berbagai segi.
Hadirin yang saya homati, demikian penyampaian dari saya semoga ada manfaatnya. Terakhir saya mengajak, marilah kita terapkan IPTEK secara berimbang agar tidak menimbulkan kerugian bagi kita sebagai pengguna.
Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Leave a Reply