Pidato Sektor Pedesaan Bupati

PIDATO BUPATI LABUHANBATU UTARA
PADA ACARA RAPAT EVALUASI PENERIMAAN PBB

SEKTOR PEDESAAN DAN PERKOTAAN

TAHUN 2012

ASSALAAMUALAIKUM WR WB.

SELAMAT SIANG DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

YANG SAYA HORMATI :

– Sdr. SEKRETARIS DAERAH KAB. LABUHANBATU UTARA,

-Sdr. KEPALA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KAB. LABUHANBATU UTARA,

– Sdr. KEPALA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA RANTAUPRAPAT,

-Sdr, PIMPINAN BRI CABANG RANTAUPRAPAT SERTA

Sdr. PIMPINAN BRI UNIT SE-KABUPATEN LABUHANBATU UTARA,

– Sdr, CAMAT SE-KABUPATEN LABUHANBATU UTARA,

– Sdr, UPTD SE-KABUPATEN LABUHANBATU UTARA,

– Sdr. KEPALA DESA/LURAH SEKABUPATEN LABUHANBATU UTARA SERTA HADIRIN SEKALIAN YANG BERBAHAGIA.

-2-

PERTAMA SEKALI MARILAH KITA PERSEMBAHKAN RASA SYUKUR KITA KEPADA ILLAHI RABBI, TUHAN YANG MAHA KUASA, KARENA ATAS RAHMAT DAN RIDHONYALAH KITA DAPAT BERKUMPUL DI RUANGAN INI UNTUK MELAKSANAKAN RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN TAHUN 2012 DI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA.

SAUDARA SAUDARA PESERTA RAPAT SEKALIAN,

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2009 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH MENGAMANATKAN BAHWA SELAMBAT-LAMBATNYA TAHUN 2014 PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN SEPENUHNYA SUDAH MENJADI PAJAK DAERAH.

SEHUBUNGAN DENGAN HAL TERSEBUT PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TELAH MENYIKAPINYA DENGAN MENETAPKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA NO 17 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN, YANG PELAKSANAANNYA EFEKTIF DIBERLAKUKAN 1 JANUARI 2013. DENGAN DEMIKIAN PENERIMAAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN SEJAK JANUARI 2013 AKAN MENJADI PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD).

-3-

SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN,

SAAT INI KITA BERADA PADA PERTENGAHAN TAHUN 2012, SEBELUM BERLAKUNYA PERDA NO 17 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN, BAHWA PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN ADALAH MERUPAKAN PAJAK PUSAT.

DENGAN DEMIKIAN KITA MENERIMA BAGI HASIL PBB SESUAI DENGAN REALISASI PENERIMAAN YANG KITA PEROLEH SEBAGAIMANA YANG TELAH DITETAPKAN DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. BAGI HASIL PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN ADALAH MERUPAKAN SALAH SATU PENERIMAAN DAERAH YANG SANGAT SIGNIFIKAN UNTUK MEMBIAYAI BELANJA DAERAH. UNTUK ITU SANGAT DIHARAPKAN SEKALI REALISASI PENERIMAAN PBB DAPAT DIPEROLEH 100% SEHINGGA BAGI HASIL YANG KITA PEROLEH DAPAT DITERIMA LEBIH BESAR.

SAUDARA-SAUDARA PESERTA RAPAT SEKALIAN,

KALAU KITA SEJENAK MENOLEH KEBELAKANG BAHWA PADA TAHU 2011 REALISASI PENERIMAAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN MASIH SANGAT JAUH DARI YANG DIHARAPKAN, RENDAHNYA REALISASI PBB INI DISEBABKAN OLEH BERBAGAI FAKTOR DIANTARANYA:

-4-

MASIH BANYAKNYA SPPT YANG BERMASALAH

RENDAHNYA PARTISIFASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PBB, DEMIKIAN PULA PETUGAS DI LAPANGAN KURANG OFTIMAL BEKERJA.

DISINYALIR MASIH ADA PETUGAS PEMUNGUT PBB YANG NAKAL DAN MENYALAHGUNAKAN DANA PBB YANG DI PUNGUT DARI WAJIB PAJAK DIGUNAKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI.

BERDASARKAN PERMASALAHAN TERSEBUT DIATAS, PADA HARI INI KITA DUDUK BERSAMA UNTUK MEMABAHAS BAGAIMANA JALAN KELUARNYA AGAR REALISASI PENERIMAAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN TAHUN 2012 SEBELUM JATUH TEMPO ( 30 SEPTEMBER 2012 0 ) TELAH TEREALISASI 100%.

SAYA TIDAK INGIN PENGALAMAN TENTANG PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN TAHUN 2011 TERULANG KEMBALI, MARI KITA GUNAKAN FORUM INI UNTUK BERKOORDINASI, SALING MEMBERI MASUKAN BUKAN SALING MENYALAHKAN.

SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN,

DALAM RANGKA MERELALISASIKAN PENERIMAAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN TAHUN 2012 AGAR TERCAPAI 100% AASEBELUM AAJATUHA TEMPO, UNTUK ITU SAYAAA MEMINTA

-5-

SAUDARA-SAUDARA YANG TERKAIT AGAR MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH SEBAGAI BERIKUT:

KEPALA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH AGAR MEMBERIKAN PERHATIAN EXTRA TERHADAP PERKEMBANGAN REALISASI PENERIMAAN PBB TAHUN 2012,

BERDAYAKAN UPTD YANG ADA DI KECAMATAN.

MEMBUAT BALIHO/SPANDUK TENTANG HIMBAUAN KEPADA MASYARAKAT AGAR MEMBAYAR PBB SEBELUM JATUH TEMPO DAN PASANG PADA TEMPAT-TEMPAT YANG STRATEGIS DISELURUH KECAMATAN.

PARA CAMAT SEGERA MEMBENTUK TIM INTENSIFIKASI PADA TINGKAT KECAMATAN.

TIM INTENSIFIKASI TINGKAT KECAMATAN AGAR TURUN LANGSUNG KELAPANGAN MEMANTAU SERTA MEMBERIKAN MOTIVASI KEPADA PARA PETUGAS YANG ADA DI KELURAHAN DAN DESA, DAN BILA PERLU TURUN SAMPAI KE DUSUN/LINGKUNGAN.

-6-

SETIAP MINGGU MELAKUKAN MONITORING KE BRI UNIT SETEMPAT UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PERKEMBANGAN REALISASI PENERIMAAN PBB DARI SETIAP DESA/KELUARAHAN.

MELAPORKAN SECARA BERKALA (MINGGUAN) HASIL REALISASI PENERIMAAN PBB KEPADA BUPATI MELALUI DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH.

KEPADA KEPALA DESA/LURAH AGAR MEMBENTUK TIM INTENSIFIKASI PBB TINGKAT DESA/KELURAHAN DENGAN MELIBATKAN SELURUH PERANGKAT DESA/KELUARAHAN.

MANFAATKAN PENGAJIAN-PENGAJIAN ATAU PERKUMPULAN LAINNYA UNTUK MENSOSIALISASIKAN KEPADA MASYARAKAT AGAR DENGAN SADAR DAN IKHLAS MEMBAYAR PBB TANPA MENUNGGU TANGGAL JATUH TEMPO.

BERDAYAKAN SELURUH STAFF PADA SEKRETARIAT DESA/KELURAHAN MAUPUN KEPALA DUSUN/LINGKUNGAN DENGAN MELAKUKAN PEMUNGUTAN PBB DARI PINTU KE PINTU.

-7-

HASIL PBB YANG DIKUTIP SEGERA DI SETORKAN KE BRI UNIT SETEMPAT.

KEPADA SAUDARA KAMI DARI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA RANTAUPRAPAT KIRANYA SPPT YANG BERMASALAH YANG DIAJUKAN OLEH PEMERINTAH DESA/LKELURAHAN MAUPUN MELALUI KECAMATAN, KIRANYA DAPAT SEGERA DI TINDAK LANJUTI AGAR JANGAN MENJADI MASALAH DARI TAHUN KE TAHUN

SAUDARA-SAUDARA PESERTA RAPAT YANG SAYA HORMATI.

DISAMPING KITA DITUNTUT UNTUK MENSUKSESKAN PENERIMAAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN TAHUN 2012, TAK KALAH PENTINGNYA ADALAH PENSUKSESAN PERALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN DARI PAJAK PUSAT MENJADI DAERAH. UNTUK ITU PADA KESEMPATAN INI SAYA MINTA KEPADA:

SAUDARA KEPALA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA RANTAUPRAPAT BESERTA JAJARANYA KIRANYA DAPAT MEMBERIKAN BANTUAN DAN DUKUNGAN BERUPA ILMU PEGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA KESEDIAANNYA MELAKUKAN PENDAMPINGAN PADA TAHUN PERTAMA PENERAPAN PBB SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN MENJADI PAJAK DAERAH.

-8-

SAUDARA KEPALA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH BESERTA JAJARANNYA AGAR BENAR-BENAR INTENS TERHADAP PERSIAPAN PERALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN YANG MENJADI KEWENANGAN PEMKAB LABUHANBATU UTARA. KHUSUS KEPADA STAFF DPPKAD YANG MENANGANI PBB AGAR BENAR-BENAR DIBEKALI DENGA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.

KEPADA PARA CAMAT DIMINTA AGAR MEMANTAU PELAKSANAAN PENDATAAN POTENSI OBJEK PAJAK BUMI DAN BANGUNAN BAIK SEKTOR PERDESAAN MAUPUN PERKOTAAN YANG ADA DIWILAYAHNYA MASING-MASING.

KEPADA PARA KEPALA DESA/KELURAHAN DIMINTA AGAR MELAKUKAN PENDATAAN ULANG DENGAN BERPEDOMAN PADA DATABASE YANG DIBERIKAN OLEH KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA RANTAUPRAPAT. JIKA ADA YANG BERMASALAH AGAR SEGERA DIPERBAHARUI SESUAI DENGAN KEADAAN YANG SEBENARNYA. KEMUDIAN OBJEK PAJAK YANG BELUM TERDAFTAR AGAR DI DATA DAN DISAMPAIKAN KEPADA DINAS PENDAPATAN PENGOLAHAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH UNTUK DITERBITKAN SPPT NYA.

-9-

DEMIKIANLAH ARAHAN DAN BIMBINGAN SAYA PADA KESEMPATAN INI, DENGAN HARAPAN KIRANYA ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG SENANTIASA MEMBERI KESEHATAN SERTA PETUNJUKNYA KEPADA KITA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS MULIA YANG KITA EMBAN.

BILLAHITAUFIQ WAL HIDAYAH WASSALAAMUALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH.

BUPATI LABUHANBATU UTARA

KHARUDDIN SYAH SE

Incoming search terms:

  • Pidato tentang pajak bumi dan bangunan
  • contoh pidato tentang pbb Pedesaan dan Perkotaan
  • Pidato Bumi dan pembangunan
loading...

Leave a Reply