Pidato Bi : TUGAS BAHASA INDONESIA

TUGAS BAHASA INDONESIA

MENYUSUN NASKAH PIDATO

FITRIA X-1/11

Sabtu, 2 Februari 2013

SMA NEGERI 1 MALANG

Jl. Tugu Utara 1, Telp.0341-366454., Fax.0341.329487 Malang 6511

Website: http//www.sman1-mlg.sch.id Email: mitrekasatata@sman1-mlg.sch.id

Assalamualaikum Wr Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang terhomat Bapak Ibu Guru beserta staf dan karyawan

Serta siswa-siswi SMA Negeri Majusari yang saya banggakan

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang teleh berkenan memberikan kita rahmatnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan hari kemerdekaan ini tanpa ada satu halangan apapun.
Dalam Suasana hari kemerdekaan Indonesia ini, saya ingin menggelorakan semangat kemerdekaan Indonesia yang saya rasa sudah terkikis terlalu banyak di jiwa para pemuda Indonesia.
Kita seluruh bangsa Indonesia masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, sungguh tidak ternilai jasa mereka.
Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawan-pahlawan kita, tetapi yang lebih penting lagi pada saat ini ialah mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing untuk menuju kepada cita-cita kemerdekaan yang pada hakikatnya merupakan juga cita-cita luhur para pahlawan yang gugur mendahului kita yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.
Marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita itu dengan semangat pembangunan. Pembangunan juga merupakan perjuangan yang tak kalah pentingnya dengan perjuangan merebut kemerdekaan . Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara. Kita berusaha tetapi Tuhan yang menentukan. Tetapi ingat saudara-saudara… Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang jika manusia sendiri tidak mau berusaha mengubahnya.
Kemerdekaan yang kita peroleh juga merupakan rahmat dari Tuhan. tetapi jangan diharap tuhan memberikan semua apa yang kita cita-citakan jika kita sendiri tidak mau mengusahakannya.
Sekali lagi, marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan pahlawan kita, semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat pembangunan untuk mengisi kemerdekaan ini.
Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, Kurang dan lebihnya, saya mohon maaf. Akhirnya marilah berdoa dan berjuang. Tuhan bersama kita, merdeka ! Terima kasih

Wassalamu’alaikum wr. wb…

Sumber : http://mbahkarno.blogspot.com/2012/03/contoh-naskah-pidato-hari-kemerdekaan.html

Diakses pada Kamis, 31 Januari 2013 pukul 20:43 WIB

KERANGKA PIDATO

a. Pembukaan (Paragraf 1)

Terdiri dari : – Ucapan salam

Sapaan

Ucapan syukur

Maksud dan tujuan

b. Isi (Paragraf 2 7)

– Kerangka paragraf 2 : Memberikan semangat terhadap pemuda Indonesia.

– Kerangka paragraf 3 : Mengingat perjuangan pahlawan.

– Kerangka paragraf 4 : Menghargai jasa pahlawan.

– Kerangka paragraf 5 : Meneruskan perjuangan pahlawan.

– Kerangka paragraf 6 : Kemerdekaan adalah rahmat Tuhan.

– Kerangka paragraf 7 : Mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa.

c. Penutup (Paragraf 8)

Terdiri dari : – Permohonan maaf

– Ucapan terima kasih

– Ucapan salam

KERANGKA PIDATO

a. Tema: Narkoba

b. Tujuan: Memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang penyalahgunaan

narkoba.

c. Judul: Penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat Indonesia.

d. Kerangka :

1. Pembukaan (Paragraf 1)

Terdiri dari : – Salam

– Sapaan

– Ucapan Syukur

– Maksud dan tujuan

2. Isi (Paragraf 2-5)

– Kerangka paragraf 2 : pengertian dan jenis narkoba.

– Kerangka paragraf 3 : penyalahgunaan narkoba oleh masyarakat.

– Kerangka paragraf 4 : ciri-ciri pengguna narkoba.

– Kerangka paragraf 5 : cara menghindari penyalahgunaan narkoba.

3. Penutup (Paragraf 6)

Terdiri dari : – Permohonan maaf.

– Harapan

– Ucapan terima kasih

– Salam

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Desa Kalisongo

Yang terhomat Bapak dan Ibu Karyawan beserta staf Balai Desa

Yang terhormat segenap warga Desa Kalisongo

Marilah kita bersama-sama mengucap puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di Balai Desa Kalisongo ini dalam rangka penyuluhan mengenai penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa narkoba adalah obat-obatan terlarang yang sekarang peredarannya sudah tersebar luas di Indonesia. Sebenarnya narkoba bermanfaat di dunia kedokteran. Namun karena sekarang sudah disalahgunakan menjadi obat penghilang stres, maka narkoba menjadi sesuatu yang sangat mengerikan. Jenis-jenis narkoba ini antara lain sabu-sabu, ganja, pil ekstasi, putaw dan sebagainya.

Dengan disalahgunakannya narkoba tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang meninggal akibat kecanduan barang tersebut.Para pecandu memperoleh jenis-jenis narkoba dari para pengedar. Pertama-tama korban hanya menghisap dosis yang sedikit, namun lama-lama dosis tersebut akan terus naik sehingga pada suatu titik tertentu pecandu akan mengalami overdosis. Overdosis ialah dosis yang sudah melampaui batas maksimum sehingga menyebabkan pecandu bisa meninggal dunia.

Biasanya orang yang mencandu narkoba memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-cirinya yaitu antara lain suka mengigau, takut air sehingga jarang mandi, sering mual, muntah, pusing, sering hilang kesadaran dan masih banyak lagi. Para pecandu ini juga cenderung sering menyendiri dan suka menghabiskan uang banyak untuk membeli narkoba. Jika pecandu menghentikan pemakaian narkoba, maka dirinya akan mengalami sakaw yang sakitnya luar biasa.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari dampak penyalahgunaan narkoba, banyak cara yang bisa ditempuh agar tidak terjerumus oleh barang haram tersebut. Antara lain yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif, berkumpul dengan orang-orang yang tepat, serta berpasrah diri kepada Allah SWT jika ada masalah, bukan malah menggunakan narkoba. Penggunaan narkoba ini tidak bisa menyelesaikan masalah malah akan menambah masalah baru lagi.

Sekian yang dapat saya haturkan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga narkoba ini tidak merusak masa depan bangsa. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Leave a Reply