Bahasa Indonesia Contoh Pidato

Topik : Bahaya Radiasi yang Dipancarkan Oleh TV

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak/Ibu warga Komplek Perumahan Bukit Indah

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa nikmat sehat kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah topik sederhana yang berkaitan dengan hal yang kita lakukan setiap hari yaitu menonton TV. Tahukah anda bahwa menonton TV terlalu lama dapat menyebabkan berbagai macam penyakit? TV yang selama ini kita memancarkan sesuatu yang disebut radiasi.

Radiasi adalah pancaran dan transmisi energi dalam bentuk partikel atau gelombang. Jadi, radiasi itu adalah salah satu jenis transfer energi. Lalu, manakah radiasi yang berbahaya dan mana yang tidak? Dikatakan berbahaya apabila radiasi tersebut punya cukup energi untuk mengionkan materi yang dilewatinya. Maka, dikenalah 2 macam radiasi yaitu radiasi pengion dan non-pengion. Yang dipancarkan melalui TV adalah radiasi non-pengion.

Radiasi non-pengion tidak lebih berbahaya daripada radiasi pengion. Akan tetapi, radiasi non-pengion tetap berbahaya, terutama bagi mata kita. Terlalu lama menonton TV dapat menyebabkan saraf-saraf mata kita rusak akibat gelombang yang dipancarkan. Akibatnya mata kita menjadi susah melihat dekat maupun jauh.

Kita semua dapat mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh TV agar mata kita tidak cepat rusak. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan lampu dibelakan TV atau di sekitar TV. Lampu yang ditempatkan adalah lampu yang berintensitas rendah agar dapat mengurangi radiasi TV yang langsung ke mata.

Bapak/Ibu, serta hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan pengetahuan tambahan dan manfaat bagi kita semua. Akhirnya, saya mohon maaf jika terdapat kata-kata yang salah atau kurang berkenan di hati.

Terima kasih,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

loading...

Leave a Reply