Pidato Kultum Siswa Kedisiplinan

PIDATO KULTUM SISWA—KEDISIPLINAN

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Alhamdulillah puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT. Tuhandan penguasa alam semesta,

Sholawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan kepada junjungan alam yakni Nabi Muhammad SAW.

Yang terhormat ibi/ bapa guru juga rekan siswa-siswi sekalian, pada kesempatan kali ini saya akn mencoba mengulas tentang kedisiplian siswa.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Sadar akan hakikatnya, setiap manusia Indonesia di muka bumi ini selalu berbuat untuk hal yang lebih baik. Untuk mengubah prilaku menuju ke hal yang lebih baik itu tidaklah semudah yang kita bayangkan. Perubahan itu melalui perjalanan yang panjang, berjenjang, dan berkesinambungan. Satu-satunya jalur yang dapat ditempuh yakni dengan pendidikan.

Siswa adalah orang yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan. Dalam perkembangannya harus melalui proses belajar. Termasuk di dalamnya belajar mengenal diri, belajar mengenal orang lain, dan belajar mengenal lingkungan sekitarnya. Ini dilakukan agar siswa dapat mengetahui dan menempatkan posisinya di tengah-tengah masyarakat sekaligus mampu mengendalikan diri.

Sifat pengendalian diri harus ditumbuhkembangkan pada diri siswa. Pengendalian diri di sini dimaksudkan adalah suatu kondisi di mana seseorang dalam perbuatannya selalu dapat menguasai diri sehingga tetap mengontrol dirinya dari berbagai keinginan yang terlalu meluap-luap dan berlebih-lebihan. Berarti dalam sifat pengendalian diri tersebut terkandung keteraturan hidup dan kepatuhan akan segala peraturan. Dengan kata lain, perbuatan siswa selalu berada dalam koridor disiplin dan tata tertib sekolah. Bila demikian, akan tumbuh rasa kedisiplinan siswa untuk selalu mengikuti tiap-tiap peraturan yang berlaku di sekolah. Mematuhi semua peraturan yang berlaku di sekolah merupakan suatu kewajiban bagi setiap siswa.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Di sekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik. Sebaliknya, pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi sudah dianggap barang biasa dan untuk memperbaiki keadaan yang demikian tidaklah mudah. Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk mengubahnya, sehingga berbagai jenis pelanggaran terhadap disiplin dan tata tertib sekolah tersebut perlu dicegah dan ditangkal.

Demikianlah uraian yang saya sampaikan, semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Terimakasih atas perhatianya

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur KeHadirat Allah SWT karena atas nikmat Rahmat, Taufik, Hidayah serta Inayahnya kita dapat berkumpu ditempat ini. Shalawat serta salam tak lupa kami Haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya yang membawa kita semua dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang saat ini. Dan Insya Allah akan kita nantikan Syafaatnya di Yaumil Kiamat nanti Amin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Disiplin dalam mengatur waktu belajar.

Kita tahu bersama bahwa di Zaman Modern sekarang ini jarang sekali kita temukan pelajar yang disiplin dalam mengatur waktu belajar. Mengapa demikian ??? karena para pelajar zaman sekarang lebih mementingkan menghabiskan waktu untuk, bermain, jalan-jalan, ataupun shopping bagi wanita.

Mereka berpendapat bahwa disiplin hanya brsifat mengatur-ngatur dan membatasi waktu bermain dan bersenang-senang. Padahal mereka salah, disiplin bukan bersifat mengatur, tapi menempatkan segala kegiatan berdasarkan waktunya. Misalnya, waktu bermain, belajar, ataupun waktu bekerja.

Jika kita dapat ciptakan disiplin dalam mengatur waktu belajar dengan baik, maka apapun yang kita cita-citakan dapat tercapai. Karena disiplin merupakan kunci kesuksesan. Dan kesuksesan merupakan impian dari setiap orang. Apalah arti kepintaran dan kepandaian tanpa kedisiplinan.

Tanpa kepintaranpun seseorang dapat meraih kesuksesannya. Kita lihat saja kenyataan didunia ini, tidak banya orang yang sukses rata-rata memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Hal itu karena mereka disiplin dan tekun dalam melakukan segala kegiatannya sehingga menciptakan ide-ide baru untuk menghasilkan uang. Misalnya saja seorang yang kesehariaanya bekerja sebagai pemulung. Karna kedisiplinannya, sampai saat ini bisa kita temui produksi daur ulang sampah.

Intinya ada pada diri kita masing-masing. Jika kita ingin sukses dan meraih apa yang kita inginkan dan kita cita-citakan, mulai dari sekarang belajarlah untuk disiplin dalam mengatur waktu belajar. Tapi jika tidak, bersenang-senanglah dengan membuang-buang waktu yang ada.

Oleh karena itu, saya mengajak teman-teman semua Marilah kita belajar untuk disiplin dalam -mengatur waktu belajar kita masing-masing agar apa yang kita cita-citakan dapat terwuju

AMIN

Demikianlah pidato singkat sya ini semoga dapat membuka pikiran teman-teman semua betapa pentingnya disiplin dalam mengatur waktu belajar. Sebelum saya menutup pidato ini, ada sebuah hadis yang sangat menarik untu dipahami. Hadis itu berbunyi :

Sesungguhnya dua nikmat allah yang paling disia-siakan manusia adalah Kesehatan dan Waktu Luang

Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan

Billahi taufiq Wal Hidayah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat untuk membicarakan masalah kedisiplinan siswa SMPN 13 Madiun.

Dengan adanya pengaruh dari era globalisasi semakin banyak siswa yang mulai meninggalkan adat istiadat, tata karma, termasuk kedisiplinan. Terutama anak sekolah sekarang yang mulai luntur sikap kedisiplinannya, Seperti tidak mematuhi atau mengabaikan aturan-aturan yang ada dalam sekolah. Contoh peraturan-peraturan yang diabaikan sisawa antara lain :

1.     Dalam berpakaian anak-anak suka tidak rapih dan atributnyapun ada yang kurang lengkap.

2.     Dalam menggunakan sepatu siswa di haruskan memakai sepatu yang berwarna hitam polos, tapi anak-anak malah memakai sepatu yang seharusnya tidak layak untuk di pakai di sekolah.

3.     Membawa HP di sekolah, Membawa HP di sekolah itu tidak di perbolehkan di karenakan dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar karena kebanyakan siswa suka menggunakan HP saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

4.     Untuk rambut bagi anak laki-laki maupun perempuan, untuk laki-laki hendaknya panjang rambut tidak boleh melebihi telinga dan bagi anak perempuan yang rambutnya panjang hendaknya untuk diikat, tujuan dari semua itu adalah agar siswa itu terlihat rapi selayaknya seorang pelajar sekolah.

5.     Dandanan untuk anak perempuan, seharusnya anak perempuan berdandan yang sewajarnya saja tidak usah berlebihan seperti memakai EYE LINER dan SOFT LENSE karena itu bisa menimbulkan pembicaraan yang kurang baik bagi warga sekolah.

6.     Dalam menjaga kebersihan, siswa seharusnya membuang sampah pada tempat yang di sediakan bukan malah sebaliknya, siswa suka sekali menyusuh seperti membuang sampah di loker meja dan di selokan. Selain terlihat kotor itu juga bisa menjadi sumber dari penyakit dan juga menimbulkan sarang nyamuk.

Sebenarnya kita boleh-boleh saja mengikuti dampak arus globalisasi tapi sebaiknya kita mengambil sisi positifnya saja jangan malah sisi yang negatifnya seperti mengikuti gaya-gaya yang kurang baik dan sebaiknya siswa itu tau dimana mereka harus mengikuti trend-trend tersebut jangan mengikuti trend-trend tersebut di lingkungan sekolah karena sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu bukan untuk ajang saling pamer memamerkan.

Sebagai siswa khan harusnya kita berperilaku yang sewajarnya saja mematuhi peraturan-peraturan yang ada dan tidak berperilaku yang macam-macam kayak artis-artis di Film-film.

Lagipula apa ruginya mematuhi peraturan-peraturan yang ada? Tidak ada bukan!  Malah kita untung karena bisa menciptakan lingkungan yang tertib di sekolah selain itu bisa membanggakan orang-orang di sekitar kita.

Jadi kesimpulannya adalah marilah kita mencipatan lingkungan sekolah yang tertib dan disiplin dalam mematuhi peraturan-peraturan yang ada dan ikuti dampak arus globalisasi yang positif jangan yang negative karena semua itu bertujan baik untuk diri kita semua.

Cukup sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf, karena seperti pepatah yang mengatakan Tak ada gading yang tak retak  Karena tak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Allah seorang.

Wassalamualaikum wr.wb.

Incoming search terms:

  • contoh pidato tentang disiplin siswa
  • pidato kedisiplinan siswa
  • kultum anak sekolah
  • kultum tentang disiplin
  • pidato Kedisplinan
  • pidato bertema kedisiplinan
  • pidato singkat tentang kedisiplinan
  • contoh pidato singkat tentang kedisiplinan
  • Kultum tentang kedisiplinan
  • pidato singkat tentang kedisiplinan siswa
loading...

Leave a Reply