Pidato Kesehatan : Dinna Aurora M 09/280556/KU/13065

Dinna Aurora M09/280556/KU/13065

Pidato dengan tema Kesehatan Wanita

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu serta teman teman yang saya banggakan,

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya lah kita dapat berkumpul di sini. Shalawat dan salam juga tidak lupa kita panjatkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, manusia istimewa di sisi Allah. Teladan dan panutan bagi kita yang mencintainya. Keteguhan hatinya membuat inspirasi keyakinan bagi kita, kekuatan kehendaknya seperti menyalurkan energi dan semangat bagi kita semua. Pada kesempatan pagi hari ini saya akan menyampaikan sebuah pidato mengenai kesehatan, khususnya penyakit penyakit yang rentan di derita oleh kaum wanita.

Hadirin yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui bersama, kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan juga merupakan anugerah dari Tuhan kepada kita agar kita dapat melakukan berbagai kegiatan. Maka dari itu, kesehatan harus dijaga agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang ada di lingkungan sekitar. Pemeliharaan kesehatan yang dimaksud adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

Hadirin yang berbahagia,

Wanita merupakan salah satu unsur kekuatan bangsa. Dari rahimnya, lahir generasi muda harapan masa depan agama dan negara. Dengan penuh kelembutan hatinya, kekuatan tekat dan kegigihan serta perjuangan dalam usaha melahirkan, merawat, dan mendidik buah hati membuat kita semakin menghargai pentingnya seorang wanita. Dari wanita pula, kita sandarkan proses peralihan generasi dan peradaban ini. Sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan dari wanita di seluruh dunia. Salah satu hal yang penting dilakukan wanita untuk menjaga kesehatannya adalah dengan mengetahui penyakit penyakit yang rentan diderita, dengan begitu wanita bisa melakukan upaya upaya preventif untuk menjaga kesehatan badan. Selain itu, upaya skrining atau deteksi dini juga perlu dilakukan ketika wanita mengetahui ada sesuatu kelainan atau gangguan pada kesehatannya.

Hadirin yang saya hormati,

Berdasarkan data kesehatan di Indonesia, penyakit yang paling sering di temukan pada kaum wanita adalah kanker leher rahim, kanker payudara, anemia, depresi, dan osteoporosis. Kanker leher rahim merupakan tumor ganas yang terjadi pada lapisan permukaan leher rahim. Kanker leher rahim menjadi urutan pertama penyakit pembunuh wanita, dan diikuti oleh kanker payudara yang menduduki posisi kedua terbanyak pada perempuan di Indonesia. Dewasa ini, kanker merupakan masalah yang serius dan terus meningkat baik di negara berkembang maupun negara maju. Sekitar 7,6 juta (13%) kematian di dunia disebabkan oleh kanker.

Selain kanker yang sudah disebutkan, penyakit anemia juga berperan besar untuk mengganggu kesehatan. Diperkirakan dari 39% penduduk dunia menderita anemia, dan sebagian besar berada di daerah tropik. Anemia ditandai dengan menurunnya kadar zat warna merah dalam sel darah yang disebut dengan hemoglobin.

Penyakit berikutnya adalah depresi. Depresi adalah dimana pikiran kita sedang mengalami stress atau tekanan. Meskipun terlihat sederhana, tetapi dari kondisi ini dapat membuat kita rentan terkena penyakit misalnya karena dengan nafsu makan berkurang, tidur terganggu serta kehilangan minat dan kegembiraaan.

Terakhir adalah penyakit pengeroposan tulang atau yang kita kenal dengan osteoporosis. Osteoporosis adalah keadaan dimana terdapat pengurangan massa tulang, dan memburuknya susunan jaringan tulang sehingga tidak mampu melindungi atau mencegah terjadinya fraktur (patah tulang) terhadap trauma (benturan). Osteoporosis tersebar di seluruh dunia dan sampai saat ini masih merupakan masalah penting dalam kesehatan masyarakat, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Patah tulang karena osteoporosis menimbulkan nyeri yang hebat dan ketidakmampuan pada penderitanya. Patah tulang kerena osteoporosis bagian panggul merupakan keadaan paling berat pada penderitanya dan akan mengakibatkan kematian.

Hadirin yang berbahagia,

Melihat banyaknya penyakit yang rentan di derita tersebut, maka semakin penting untuk kita selalu menjaga kesehatan agar kita tidak tekena penyakit penyakit tersebut, terutama bagi kaum wanita. Saya berharap smoga pidato saya ini dapat membantu memberikan tambahan pengetahuan dan bekal untuk menjaga kesehatan. Bagaimanapun juga, sebagian besar penyakit yang rentan pada perempuan bisa kita hindari dengan cara mengubah pola hidup yang sehat dan dengan deteksi sedini mungkin. Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan, bila ada kelebihan semata mata berasal dari Tuhan, dan apabila ada kesalahan asalnya dari kami yang tidak sempurna mohon dimaafkan. Sekian.

Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply