Naskah Sambutan Pidato : Ketua PDGKI

Naskah sambutan Ketua PDGKI

Yth. Para pembicara

Yth. Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah atau yang mewakili

Yth. Ketua IDI Cabang Kota Semarang atau yang mewakili

Serta hadirin yang saya homati.

Assalaamualaikum wr. wb.

Pertama-tama kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita semua berkesempatan untuk hadir disini dalam rangka seminar Food Supplement to Ease Food Allergy.

Alergi makanan merupakan suatu penyakit imun yang menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Menurut data World Allergy Organization (WAO), pada tahun 2011 tercatat prevalensi alergi yang terus meningkat sebesar 30 40 persen dari total populasi dunia. Di Indonesia, beberapa peneliti memperkirakan bahwa kasus alergi meningkat sekitar 30 persen setiap tahunnya. Peningkatan kasus ini, menjadikan alergi sebagai permasalahan global saat ini. Gejala penyakit bervariasi, sedang hingga berat, dan dapat pula terjadi reaksi anafilaksis, suatu reaksi alergi yang mengancam jiwa, walaupun angka kejadiannya jarang.

Hingga saat ini tidak ada terapi untuk mencegah maupun mengobati alergi makanan. Satu-satunya cara adalah untuk menghindari alergen dari makanan. Terapi yang diberikan pun hanya mengatasi gejala alergi yang muncul.

Di sisi lain, suplemen yang diklaim sebagai anti inflamasi mulai dipergunakan untuk mengatasi inflamasi yang disebabkan oleh alergen serta meningkatkan respon imun. Saat ini suplemen makanan menjadi bisnis yang menjanjikan di seluruh dunia. Laporan oleh CDC (The Centers for Disease Control and Prevention) pada tahun 2011 separuh penduduk AS mengkonsumsi suplemen dengan alasan untuk kesehatan dan mengobati penyakit, termasuk alergi makanan. Namun demikian dari berbagai studi, ternyata suplemen yang diklaim menguntungkan kesehatan ternyata memberikan efek samping yang merugikan, bahkan kematian.

Oleh karena itulah PDGKI bekerja sama dengan Bagian/SMF Gizi Klinik FK UNDIP/RS Dr Kariadi mengadakan seminar kesehatan yang berjudul Food Supplement to Ease Food Allergy untuk memberikan pengetahuan kepada para dokter maupun praktisi kesehatan tentang mekanisme alergi, pemeriksaan dan diagnosis alergi makanan serta peran suplemen makanan dalam terapi alergi makanan.

Harapan saya, sejawat dan hadirin mengetahui patofisiologi serta mendiagnosis alergi makanan dengan baik, dan mengetahui peran suplemen makanan dalam mengatasi alergi makanan.

Selamat mengikuti acara seminar ini, semoga seminar ini bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamualaikum wr.wb

loading...

Leave a Reply