Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Menghadapi UN dengan Percaya Diri

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat pagi/siang/sore/malam dan salam sejahtera bagi kita semua

Teman-teman seperjuangan,

Ujian Nasional alias UN bagi sebagian dari kita, mungkin termasuk saya, adalah sesuatu yang menakutkan seperti momok yang siap menerkam kita pada pagi hari, kapan saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena kita tidak percaya diri.

Nah, timbul lagi pertanyaan, mengapa kita tidak percaya diri menghadapi UN? Ada banyak jawabannya, diantaranya adalah tidak siap kemampuan dan tidak siap mental.

Teman-teman seperjuangan

Jika dua hal itu masalah kita, hanya ada satu cara mengatasi yaitu memperbaiki keduanya. Pertama kemampuan kurang, persiapkanlah diri kita menjelang ujian tiba, rajin membuka buku, ulangi soal latihan, ikuti bimbingan belajar serta tidak lupa meminta bimbingan pada guru.

Yang Kedua, soal mental. Menjelang Final Examination ini, banyak-banyaklah mendekatkan diri pada Tuhan, banyak berdoa. Tak kalah penting mintalah restu dari orang tua, Ayah-Bunda, kakak dan keluarga dan minta dido’akan agar ujian lancar.

Teman-teman seperjuangan

Yakinlah, jika dua hal diatas dapat diterapkan dengan baik, rasa PeDe pada diri sendiri akan timbul dengan sendirinya. Hingga kita tak lagi ngeri dan berkeringat saat UN, malah…jadi enjoy dan senang melewatinya. Namun begitu, janganlah PeDe terlalu berlebihan agar tidak terjerumus takabbur.

Demikianlah pidato singkat saya ini, semoga bermanfaat dan dapat menggugah hati kita bersama agar percaya diri dalam menghadapi UN. Semoga kita semua lulus seratus persen, amin.

Wassalam…

—————–

Leave a Reply