Naskah Pidato : Kenakalan remaja

Tugas : PIDATO

Topik umum: Kenakalan remaja

Topik khusus: kurangnya perhatian orang tua merupakan penyebab terjadinya kenakalan remaja.

Pokok-pokok masalah: – masalah yang timbul pada masa sekarang.

– Faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja timbul.

– Dampak-dampak yang ditimbulkan oleh kenakalan remaja.

– Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menuntaskan kenakalan remaja.

Teks pidato

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama mari kita senan tiasa memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul ditempat yang sederhana ini. Dan tak lupa pula kita menghaturkan shalawat serta salam kepada nabi besar Muhammad SAW, atas junjungan beliau yang mengantarkan kita pada kebaikan.

Bapak dan ibu guru serta teman-teman yang saya hormati!

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya dan pada kesempatan ini perkenankanlah saya untuk membawakan sebuah pidato yang berjudul penyebab terjadinya kenakalan remaja dalam kehidupan masyarakat.

Para hadirin yang saya banggakan!

Kita lihat pada masa sekarang yang banyak timbul dimasyarakat yaitu masalah kenakalan remaja. Mengapa masalah tersebut timbul didalam kehidupan masyarakat? Masalah tersebut muncul karena diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu : Faktor yang pertama, karena perkembangan media massa pada dewasa ini. Media massa mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan masa sekarang. faktor yang kedua, kurangnya tekanan orang tua tehadap anaknya sehingga mengakibatkan anak tidak merasa tertekan dan dapat bertindak sebebas-bebasnya. Maka membuka pintu untuk berperilaku yang melanggar norma yang berlaku dimasyarakat. Oleh karena itu, orang tua harus berperan aktif terhadap keluarganya terutama pada anaknya.

Para hadirin yang saya hormati!

Kenakalan remaja menimbulkan dampak-dampak terhadap kehidupan masyarakat. Antara lain, karena semakin maraknya kenakalan remaja di masyarakat sehingga mengakibatkan masyarakat menjadi resah dan merasa tidak tenang akibat perilaku-perilaku remaja yang nakal tersebut. Selain itu, kenakalan remaja juga menimbulkan perilaku-perilaku yang menyimpang sehingga menimbulkan tindakan-tindakan yang anarkis.

Bapak dan ibu guru yang saya hornati!

Kita dapat melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja. misalnya, sebagai orang tua seharusnya sering memberikan arahan-arahan yang baik terhadap anaknya dengan tujuan untuk membentuk perilaku anak yang baik. Selain itu, kita sebagai kalangan remaja yang sudah bisa membedakan hal-hal yang baik dengan hal-hal yang buruk seharusnya berperilaku yang sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.

Para hadirin yang saya banggakan!

Sebagai kesimpulan, mari kita bersama-sama berpartisipasi untuk memerangi yang namanya kenakalan remaja. Karena kenakalan remaja merupakan masalah yang dapat menyebabkan masa depan generasi mudah terancam. Selain itu, orang tua memiliki peranan yang cukup besar terhadap anaknya untuk menjauhkan anaknya dari perilaku yang menyimpang.

Bapak dan ibu guru serta teman-teman yang saya hormati!

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam pidato singkat yang saya bawakan pada hari ini lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu Alaikum Wr. Wb.

By Muh. Yunus

Nis : 14496

Kelas X6

2

Leave a Reply