PIDATO : DAMPAK HIV / PENCEGAHANNYA

PIDATO

DAMPAK HIV / PENCEGAHANNYA

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Ibu Kasriatin selaku pembimbing bahasa dan teman-temanku XII IPA 2 yang saya sayangi.

Alhamdulillah hirobil alamin. Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiqdan hidayahnya kepada kita semua. Tak lupa sholawat serta salam kita tunjukkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Untuk mempersingkat waktu, perkenalkan nama saya Khoiriyati Yakiniah. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang dampak buruk HIV/Aids dan cara untuk pencegahannya.

Saat ini tercatat 39,5 juta orang penderita HIV/Aids.dan insiden utama HIV/Aids ini terutama terjadi pada usia produktif dan juga pada bayi serta anak-anak. Selain itu penyekit ini bisa mengakibatkan kematian.

Karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Hingga saat ini belum ditemukan obatnya karena antiretroviral hanya mengurangi aktifitas virus dan infeksi oportunistik.

Sehingga itu kita hanya bisa mencegahnya dengan cara jauhilah seks bebas atau seks bergantian pasangan dan sebaiknya tidak mencoba mengkonsumsi narkoba. Karena dengan mengkonsumsi narkoba dengan cara memakai jarum suntik secara berganti-ganti juga bisa mengakibatkan penularan virus HIV/Aids. Contonya juga meladon adalah turunan narkoba (morfin, heroin) yang mempunyai efek adiktif (nyandu) dan menyebabkan loss control (tidak mampu mengendalikan diri) dengan dalih agartidak menggunakan narkoba suntik meladon pun ditempuh dengan cara lewat mulut.

Akibat dari programini loss control berarti penularan yang utama pada virus HIV/Aids ini dan telah diakui bahwa kesehatan mental mengantarkan pada 50% kesembuhan. Dan sisilain, jika selama ini penyakit HIV/Aids belum ditemukan obatnya maka Negara wajib dan menggerakkan dan menfasilitasi para ilmuan dan para ahli kesehatan agar secapatnya bisa menemukan obatnya. Dengan cara-cara tersebut diharapakan dapat memutus mata rantai penyebaran / penularan HIV/Aids sehingga jutaan anak bangsa dapat diselamatkan. Jika tidak kita akan bangsa ini kehilangan generasi.

Para hadirin semuanya marilah kita hidup sehat dan jauhilah barang-barang yang tidak baik dan jauhilah narkoba. Agar jadi generasi penerus bangsa.

Apabila hal-hal yang saya sampaikan dilakukan saya yakin penyebaran HIV/Aids akan terhenti. Oleh karena itu untuk menciptakan kehidupan sehat dikehidupan mendatang yang bebas dari HIV/Aids kiranya kita tanamkan kepada masyrakat bahwa sangat berbahaya Virus HIV/Aids satu-satunya cara melindungi diri dari penularan HIV/Aids adalah merendam pelaku seks dan narkotika.

Para hadirin demikan sambutan dari saya apabila ada kurang lebihnya saya minta maaf.

Akhir kata saya sampaikan wassalamualaikum Wr.Wb

Nama : KOIRIYATI YAKINIAH

Kelas : XII IPA 2

No. : 13

Leave a Reply