Contoh Pidato Tentang Kebudayaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, Alhamdulillahi Rabbil Alamin Washolatu Wasalamu Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Ala Alihi Wa Shohbihi Ajmain,. Amma badu.

Pertama tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allaw SWT, yang telah memberikan rahmatnya kepada kita berupa kesehatan dan kesempatan, sehingga kita dapat melaksanakan ujian praktek pidato bahasa indonesia ini dengan keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam tetap kita limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW. Yang telah membimbing kita semua dari zaman jahiliyah ke zaman islamiyah.

Yang saya hormati ibu Ayu, selaku guru bahasa indonesia. Beserta teman teman yang saya sayangi.

Dalam kesempatan ini saya akan membawakan sebuah pidato yang bertemakan Lunturnya kebudayaan Indonesia di kalangan remaja Indonesia.

Kita tahu dengan semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maka informasi-informasi apa saja dengan mudah sampai ke indonesia. Seiring dengan inilah, semakin lama makin pudar semangat putra putri bangsa untuk melestarikan budaya daerah sendiri. Era Globalisasi yang memudahkan budaya asing masuk ke Negara kita melalui media, majalah, dan sebagainya. Sehingga kita lebih tertarik dengan budaya asing, dan tertarik untuk mempelajarinya.

Sebagai bangsa Indonesia yang menganut adat budaya timur, seharusnya kita bisa memfilter diri kita untuk bisa menerima budaya-budaya apa saja yang baik dan yang kurang baik. Akan tetapi saat ini budaya barat hampir menguasai anak muda pada zaman ini, Saya ambil contoh tentang cara berpakaian. Kita sebagian dari remaja putri mengikuti cara berpakainnya bergaya barat. Mereka gemar sekali memakai rok mini, hotpants, tanktop dan kaos strit. Meraka tidak malu bahkan bangga dengan apa yang mereka lakukan. Saya juga ini bertanya, apa mereka tidak merasa kedinginan dengan pakaian seperti itu? Apa mungkin Indonesia sudah terlalu panas sehingga kita harus memereka harus memakai pakaian yang seperti itu?

Itu juga menandakan bahwa mereka tidak malu mengumbar auratnya kepada orang lain dan merasa jika berpakaian model tersebut maka mereka terlihat waaah. Mungkin sebagian orang memandang mereka menarik, karena berpakaian sexy, tetapi bagi orang-orang yang benar-benar mengerti tentang budaya dan agama, mereka justru akan mencela, karena perbuatan tersebut dinilai sangat buruk, mengumbar aurat untuk dinikmati banyak orang, nau dzubillahhimindalikh

Itu hanya sebagaian contoh kecil dari budaya barat yang menlunturkan cinta putra putri bangsa kepada budaya Indonesia. Memang pengaruh kebudayaan asing yang melanda Indonesia memang tidak bisa kita hindari, hanya saja kita harus benar-benar pandai dalam memilih budaya dan kebiasaan apa yang baik yang tidak bertentangan dengan agama dan sesuai dengan adat orang timur.

Apalagi sekarang tengah digalakkan hari jumat sebagai hari batik, itu adalah salah satu contoh membudayakan budaya bangsa Indonesia, Seharusnya kita dapat berpartisipasi penuh, kita sadar, kita telah melunturkan jati diri kita. Perkembangan mode yang sekarang juga sudah mengubah image batik mode yang gak kalah gaul, Masikah kita tidak ingin mengenali budaya sendiri? Kita seharusnya bangga dengan kebudayaan kita, bahkan orang orang dari luar negri datang untuk mengunjungi dan melihat kebudayaan kita, jadi kenapa kita tidak melestarikannya?

Melestarikan budaya daerah sendiri juga bertujuan supaya kebudayaan kita tidak punah dan selalu jaya. Dan bermanfaat karena dapat menambah wawasan kita mengenai daerah kita lebih jauh, juga dapat menambah wawasan tentang budaya daerah lain.

Sekian dari saya apabila ada ucap atau kata-kata saya yang menyinggung dan kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. wabillahi taufik walhidayah

Wassalamialaikum Wr. Wb.

Leave a Reply