PIDATO WALIKOTA : SAMBUTAN PADANG

SAMBUTAN WALIKOTA PADANG

PADA ACARA PEMASANGAN PERDANA

TANDA SELAR KAPAL GT 7 KEBAWAH

KAMIS, 14 MEI 2009

YTH. KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROPINSI SUMATERA BARAT

YTH. KEPALA ADPEL TELUK BAYUR

YTH. KEPALA BADAN/DINAS/INSTANSI JAJARAN PEMERINTAH KOTA PADANG

YTH. KEPALA UNIT/INSTANSI YANG MEMPUNYAI TUGAS DI BIDANG KELAUTAN

HADIRIN DAN HADIRAT YANG BERBAHAGIA

ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.

Pertama-tama dan tak henti-hentinya , marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan izinNya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam rangka Pemasangan Perdana Tanda Selar Kapal GT7 Kebawah yang berada dalam wilayah Kota Padang.

Selanjutnya shalawat beriring salam kita kirimkan bagi junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Bapak/Ibuk, para hadirin yang berbahagia,

Pemasangan tanda selar kapal GT 7 kebawah ini sebenarnya sudah kita rencanakan sejak tahun 2008 yang lalu namun karena sesuatu dan lain hal baru bisa terlaksana tahun ini. Kegiatan ini dimulai dari tahapan inventarisasi kapal GT 7 kebawah dimana kalau dilihat dari data tahun 2007/2008 jumlah kapal GT 7 kebawah berjumlah 138 unit.

PADA KESEMPATAN INI, PERLU KAMI SAMPAIKAN BAHWA KEGIATAN INI MERUPAKAN IZINKAN SAYA MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH KEPADA KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG BESERTA JAJARANNYA (KHUSUSNYA PERHUBUNGAN BIDANG LAUT), YANG TELAH MENINDAK LANJUTI PERINTAH LISAN SAYA BEBRAPA WAKTU LALU TEPATNYA PADA SAAT SERAH TERIMA JABATAN KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG BULAN JANUARI LALU. HAL INI MENCERMINKAN ADANYA HUBUNGAN YANG HARMONIS, KOMUNIKASI DAN KOORDINASI YANG BAIK DENGAN DINAS/ INSTANSI TERKAIT DI BIDANG LAUT SERTA PARTISIPASI DAN DUKUNGAN SEMUA PIHAK TERUTAMA PEMILIK KAPAL.

SAUDARA-SAUDARA PARA HADIRIN YANG SAYA HORMATI…….

DENGAN PELAKSANAAN LOUNCHING PEMASANGAN TANDA SELAR KAPAL GT.7 KEBAWAH INI, SAYA YAKIN BANYAK DARI KITA YANG HADIR BERTANYA-TANYA KEPADA BAPAK WALIKOTA NGOTOT MELAKUKAN INI UNTUK ITU PERLU SAYA JELASKAN PADA KITA SEMUA TUJUAN DARI PEMASANGAN TANDA SELAR INI ADALAH UNTUK MELINDUNGI NELAYAN DAN PEMILIK KAPAL DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN SEHARI-HARI KARENA DENGAN PEMASANGAN TANDA SELAR SESUAI DENGAN PAS KECIL DAN SURAT TANDA KEBANGSAAN, MAKA SEMUA ORANG AKAN MENGETAHUI BAHWA KAPAL MILIK MASYARAKAT KOTA PADANG, DAN APABILA TERJADI HAL-HAL YANG TIDAK KITA INGINI KITA AKAN SEGERA TAHU BAHWA KAPAL TERSEBUT KEPEMILIKANNYA TERDAFTAR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG.

INI SEMUA SAYA LAKUKAN KARENA MELIHAT PADA KONDISI MASA YANG LALU ADA DIANTARA KAPAL NELAYAN KITA YANG HILANG DAN TIDAK DAPAT DITEMUKAN LAGI, KARENA CIRI-CIRI KAPAL TIDAK DIKETAHUI, MAKA DARI ITU SAYA MENGAJAK SELURUH PEMILIK KAPAL GT.7 KEBAWAH MARILAH KITA PASANG TANDA SELAR INI, IDENTITAS KEPEMILIKAN KAPAL SESUAI DENGAN SURAT PAS KECIL DAN SURAT TANDA KEBANGSAAN KARENA TANDA SELAR INI SAMA DENGAN TANDA NOMOR KENDARAAN BERMOTOR DI DARAT.

SAUDARA-SAUDARA PARA HADIRIN YANG SAYA HORMATI…….

SEBENARNYA TANDA SELAR INI HARUS TERPASANG PADA SETIAP KAPAL YANG ADA DI INDONESIA PADA UMUMNYA DAN KOTA PADANG KHUSUSNYA KARENA TANDA SELAR INI SUDAH DIATUR OLEH BERBAGAI MACAM PERATURAN SEPERTI :

KONVENSI INTERNATIONAL TAHUN 1964 TENTANG PENGUKURAN KAPAL.

UNDANG-UNDANG NO.21 TAHUN 1992 TENTANG PELAYARAN YANG TELAH DIROBAH DENGAN UNDANG-UNDANG NO.17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN

KEPRES NO.05 TAHUN 1989 DAN KEPMEN NO.41 TAHUN 1990 TENTANG PENGUKURAN KAPAL DI INDONESIA.

PP. NO.38 TAHUN 2007 TENTANG PELIMPAHAN WEWENANG DARI PEMERINTAH PUSAT KE PEMERINTAH PROPINSI, KABUPATEN DAN KOTA.

BERHUBUNG KARENA BEBERAPA HAL SEHINGGA KITA KURANG MEMPERHATIKAN TANDA SELAR INI, ALHAMDULILLAH HARI INI KITA SUDAH DAPAT MELAKSANAKANNYA.

UNTUK ITU SEBAGAI WALIKOTA PADANG PERLU SAYA INGATKAN KEPADA KITA SEMUA, BAHWA DENGAN SEGALA KEMAMPUAN YANG ADA DAN SUMBER DANA YANG TERBATAS SAYA AKAN TERUS MEMBERIKAN MUTIVASI DAN DORONGAN KEPADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG DAN INSTANSI YANG TERKAIT DIBIDANG PERHUBUNGAN LAUT UNTUK SELALU MENINGKATKAN KOORDINASI YANG BAIK DAN KONDUSIF SERTA SALING BAHU MEMBAHU DALAM MELAKSANAKAN PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PADA SELURUH PEMILIK KAPAL DAN NELAYAN KITA, AGAR TINGKAT KESEJAHTERAAN MEREKA DIMASA YANG AKAN DATANG SEMANGKIN MENINGKAT.

SAUDARA-SAUDARA DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI……….

PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI SAYA JUGA MENGHIBAU KITA SEMUA, MARILAH KITA BERESAMA SAMA SELALU MENJAGA KEBERSIHAN DILINGKUNGAN KITA MASING MASING DAN KHUSUSNYA BAGI MASARAKAT NELAYAN JANGANLAH MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN APALAGI MEMBUANG SAMPAH KELAUT, ITU AKAN MERUSAK HABITAT YANG ADA DI LAUT, HINGGA BEERKURANGNYA PENDAPATAN NELAYAN KITA, DAN JUGA SAYA HARAPKAN KEPADA KITA SEMUA MARILAH SECARA BERSAMA-SAMA BAHU MEMBAHU UNTUK MENJAGA KETERTIBAN, KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN KOTA PADANG YANG KITA CINTAI INI SEMOGA DI MASA YANG AKAN DATANG KITA DAPAT SEGERA MENJADI KOTA METROPOLITAN.

DEMIKIANLAH SAMBUTAN DARI SAYA SEMOGA TUHAN SELALU MEMBIMBING KITA DALAM BERTUGAS SERTA MENDAPATKAN RIDHONYA

TERAKHIR DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAHHIRROHMANIROHIM SECARA RESMI LOUNCING PEMASANGAN TANDA SLAR KAPAL GT 7 KEBAWAH DILAKSANAKAN.

SEKIAN TERIMA KASIH ASSALAMUALAIKUM WW.

WALIKOTA PADANG

Drs.H. FAUZI BAHAR, M.Si

LAPORAN KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG

DALAM RANGKA

PELAKSANAAN LOUNCHING TANDA SELAR KAPAL GT 7 KEBAWAH

BAPAK WALIKOTA PADANG YANG KAMI HORMATI,

PADA KESEMPATAN INI IZINKAN KAMI MEMBACAKAN LAPORAN TENTANG PELAKSANAAN PEMASANGAN TANDA SELAR KAPAL GT 7 KEBAWAH TANGGAL 13 MEI 2009 SEBAGAI BERIKUT :

DASAR HUKUM PELAKSANAAN.

KONVENSI INTERNASIONAL TAHUN 1964 TENTANG PENGUKURAN KAPAL.

KEPPRES NOMOR 5 TAHUN 1989 DAN KEPMEN NOMOR 41 TAHUN 1990 TENTANG PENGUKURAN KAPAL DI INDONESIA.

UNDANG UNDANG NOMOR 21 TAHUN 1992 DAN UNDANG UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN.

PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 38 TAHUN 2007 TENTANG PELIMPAHAN WEWENANG DARI PEMERINTAH PUSAT KEPADA PEMERINTAH PROPINSI , KABUPATEN DAN KOTA.

PERDA NO.07 TAHUN 2004 TENTANG JASA PELAYANAN PELABUHAN

PERDA NO.16 TAHUN 2008 TENTANG STRUKTUR ORGANISASI DINAS PERHUBUNGAN

PERWAKO NO.31 TAHUN 2008 TENTANG URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PERHUBUNGAN

MAKSUD DAN TUJUAN PEMASANGAN TANDA SELAR KAPAL.

MAKSUD.

AGAR SEMUA KAPAL GT 7 KEBAWAH DAPAT TERINVENTARISIR DENGAN BAIK.

AGAR SEMUA KAPAL GT 7 KEBAWAH MUDAH DIIDENTIFIKASI DAN DIKETAHUI POSISINYA.

TUJUAN.

DENGAN TERINVENTARISIRNYA KAPAL KAPAL TERSEBUT SEHINGGA MEMUDAHKAN KITA UNTUK MELAKSANAKAN PENGAWASAN TERHADAP OLAH GERAKNYA SERTA DAPAT MEMBERIKAN PERLINDUNGAN DENGAN SEGERA APABILA TERJADI HAL HAL YANG TIDAK KITA INGINKAN.

AGAR KITA DAPAT DENGAN MUDAH MEMBERIKAN PENYULUHAN PENYULUHAN / SOSIALISASI TERHADAP NELAYAN DAN PEMILIK KAPAL TENTANG KESELAMATAN PELAYARAN.

UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN TERHADAP NELAYAN DAN PEMILIK KAPAL DIMASA YANG AKAN DATANG.

JUMLAH INVENTARISASI KAPAL GT 7 KEBAWAH DI KOTA PADANG.

TAHUN 2007 / 2008 JUMLAH KAPAL SEBANYAK 138 UNIT.

TAHUN 2009 JUMLAH KAPAL SEBANYAK 300 UNIT.

PADA KESEMPATAN INI JUGA DAPAT KAMI LAPORKAN KEPADA BAPAK BAHWA DARI BIDANG PERHUBUNGAN LAUT DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG TELAH DILAKSANAKAN KEGIATAN KEGIATAN SEBAGAI BERIKUT :

IVENTARISASI KAPAL GT 7 KEBAWAH PADA BULAN MARET 2009.

KOORDINASI DAN SOSIALISASI KEPADA KELOMPOK KELOMPOK NELAYAN YANG BERADA DI :

PASIE NAN TIGO

PASIR JAMBAK

GATES NAN XX GAUNG

KELURAHAN BUNGUS BARAT

SUNGAI PISANG

TENTANG KELENGKAPAN SURAT SURAT

KAPAL DAN KESELAMATAN PELAYARAN.

MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PEMILIK KAPAL DALAM PENGURUSAN SURAT SURAT KAPAL.

PEMANTAUAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KAPAL KAPAL GT 7 KEBAWAH SERTA DERMAGA KAYU YANG ADA DI PULAU PULAU DI WILAYAH PERAIRAN KOTA PADANG.

DEMIKIANLAH LAPORAN SINGKAT INI KAMI SAMPAIKAN, ATAS PERHATIAN BAPAK KAMI ATURKAN TERIMA KASIH.

KEPALA DINAS PERHUBUNGAN

KOTA PADANG

DRS. YOSEFRIAWAN

NIP. 010190239

SAMBUTAN WALIKOTA PADANG

PADA ACARA PEMILIHAN AWAK KENDARAAN UMUM TELADAN (AKUT) TINGKAT KOTA PADANG

RABU, 3 JUNI 2009

YTH. SDR. KAPOLTABES PADANG

YTH. SDR. KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROPINSI SUMATERA BARAT

YTH. SDR. KETUA DEWAN TRANSPORTASI KOTA PADANG

YTH. SDR. KETUA DPC ORGANDA PADANG

YTH. SDR. PIMPINAN PT. JASA RAHARJA

KEPALA BADAN/DINAS/INSTANSI JAJARAN PEMERINTAH KOTA PADANG

PARA PESERTA PEMILIHAN AKUT TINGKAT KOTA PADANG TAHUN 2009

HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA

ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.

Pertama-tama dan tak henti-hentinya , marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan izinNya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam rangka Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Kota Padang Tahun 2009.

Selanjutnya shalawat beriring salam kita kirimkan bagi junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati,

Seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap transportasi, tuntutan akan peningkatan kualitas pelayanan, keamanan dan keselamatan lalu lintas juga semakin dirasakan. Indikator dari penyelenggaraan lalu lintas yang berbasis keselamatan adalah apabila angka kecelakaan dapat ditekan serendah mungkin. Beberapa peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan raya dapat setiap saat terjadi kendati telah memenuhi standar dan prosedur keselamatan yang berlaku, namun kesalahan sekecil apapun dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan transportasi. Dampak dari kecelakaan dapat menyebabkan hilangnya nyawa orang lain maupun diri sendiri serta kerugian harta benda yang seringkali tidak sedikit jumlahnya.

Kecelakaan jalan jarang sekali disebabkan oleh faktor tunggal, tetapi temuan di berbagai negara menunjukkan bahwa faktor manusia merupakan penyebab utamanya. Catatan di Amerika Serikat dan Inggris menunjukkan 65-77% kecelakaan jalan disebabkan faktor manusia. Di Indonesia, menurut data Dephub kesalahan terbesar (86,8%) setiap kecelakaan disebabkan oleh faktor pengemudi, sedangkan data statistik Polri mencatat angka sebesar 84%. Karena itu, budaya dan mental pengemudi kendaraan yang bersifat aggressive driving (pengendaraan agresif) harus segera diperbaiki dengan membudayakan cara mengemudi yang benar berdasarkan penguasaan teknis dan mental pengemudi atau populer dikenal sebagai defensive driving.

Kebanyakan pengemudi yang santun membawa kendaraannya sebatas menerapkan pola safety driving yang lebih mengarah pada kemampuan mengemudi semata. Dalam bahasa sederhana, mereka berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya. Defensive driving lebih mengarah pada pola, cara, sikap, dan mental pengendaraan. Bila pengemudi menjalankan hal tersebut, paling tidak akan bermanfaat bagi jaminan keselamatan pribadi, dan bila lebih banyak lagi pengemudi yang menyadari hal itu, maka korban kecelakan jalan dipastikan dapat dikurangi.

Hadirin yang saya hormati,

Mengingat banyaknya korban jiwa dan besarnya kerugian ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh kecelakaan jalan, maka mendesak perlu dibangun budaya keselamatan jalan (road safety culture) di Indonesia. Budaya dapat mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap dan bertindak. Budaya yang baik akan memberikan hasil optimal, sebaliknya budaya yang tidak kondusif tidak akan memberikan hasil optimal. Dalam kaitannya dengan keselamatan jalan, seseorang yang telah terkondisi dengan budaya disiplin akan bersikap patuh terhadap aturan dan etika di perjalanan, begitu juga sebaliknya. Di satu sisi kesadaran seseorang dalam lingkungan merupakan penentu utama untuk mencapai keberhasilan dalam membangun budaya keselamatan jalan.

Budaya keselamatan merupakan hasil dari nilai, sikap, kompetensi dan pola perilaku individu dan kelompok yang menentukan komitmen, gaya dan kecakapan terhadap program keselamatan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka upaya membangun budaya keselamatan jalan tidak dapat dibebankan pada pemerintah semata, tetapi memerlukan partisipasi aktif keseluruhan komponen bangsa lainnya seperti, perusahaan angkutan, pengemudi, pengguna jalan dan stakeholders lainnya khususnya berperan dalam Kampanye keselamatan jalan.

Hadirin yang saya hormati,

Kenyataan yang ditemui masih banyak terjadi kecelakaan dijalan raya yang menimbulkan korban jiwa dijalanan. Data dari Unit Laka Lantas Poltabes Padang memberi gambaran kepada kita setiap tahun angka kecelakaan berlalu lintas di Kota Padang terus meningkat.

Pada tahun 2006

Kondisi tersebut seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat dan mudahnya mendapatkan kredit kendaraan bermotor sehingga pertumbuhan kendaraan bermotor tidak seimbang dengan peningkatan sarana dan prasarana pendukung lainnya. Hal itu tersebut diperparah lagi oleh disiplin pemakai jalan yang masih rendah dan jauh dari nilai-nilai etika dan tata krama berlalu lintas yang menimbulkan kecelakaan dan korban jiwa di jalan raya.

Hadirin yang saya hormati,

Awak kendaraan merupakan nahkoda atau pilot bagi penguna jasa angkutan umum sehingga keselamatan dan kenyamanan penguna jasa umum terletak dipundak Saudara sebagai awak kendaraan. Makanya melalui Departemen Perhubungan sesuai dengan program tahunannya dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas diseluruh Indonesia, mengadakan Lomba Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan dari Tingkat Kota, Provinsi sampai ke Tingkat Nasional.

Untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta untuk dapat memahami materi-materi dan pengetahuan tentang berlalu lintas yang diberikan oleh instruktur sehingga SDM dari Saudara-Saudara juga dapat meningkat dan diharapkan setelah selesainya pemilihan ini Saudara dapat menjadi motivator bagi rekan-rekan lainnya dalam tertib lalu lintas sehingga angka kecelakaan dapat ditekan.

Dan bagi peserta yang lolos dapat mengharumkan nama Kota Padang ditingkat Propinsi dan Nasional nantinya seperti tahun 1992 peserta dari Kota Padang mendapat Juara II Tingkat Nasional.

Undangan yang Begitu pentingnya budaya dan kesadaran dalam disiplin berlalu lintas dalam mencegah dan menekan angka kecelakaan, maka saya sangat apresiasi terhadap organisasi KNPI yang telah berperan aktif dalam menumbuhkan kesadaran berlalu lintas bagi generasi muda. Melalui acara ini, kita semua berharap, dengan meningkatnya budaya tertib dan disiplin berlalu lintas akan menurunkan angka kecelakaan khususnya di Kota Padang.

SAUDARA-SAUDARA DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI……….

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga menghimbau kita semua, marilah kita bersama-sama selalu menjaga K3 di lingkungan kita masing-masing dan khususnya bagi awak kendaraan umum untuk menyediakan tong sampang pada kendaraannya dan janganlah membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke jalan dan juga saya harapkan kepada kita semua, marilah secara bersama-sama bahu membahu untuk menjaga Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan Kota Padang yang kita cintai ini, semoga Kota Padang dapat segera menjadi Kota Metropolitan.

DEMIKIANLAH SAMBUTAN DARI SAYA SEMOGA TUHAN SELALU MEMBIMBING KITA DALAM BERTUGAS SERTA MENDAPATKAN RIDHONYA

TERAKHIR DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAHHIRROHMANIROHIM SECARA RESMI PEMILIHAN AWAK KENDARAAN UMUM TELADAN (AKUT) TINGKAT KOTA PADANG DIBUKA.

SEKIAN TERIMA KASIH.

ASSALAMUALAIKUM WW.

WALIKOTA PADANG

Drs.H. FAUZI BAHAR, M.Si

SAMBUTAN WALIKOTA PADANG

PADA PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PEJABAT ESELON IV

DI LINGKUNGAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG

KAMIS, 31 DESEMBER 2009

YTH. SDR. KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG

YTH. SDR. INSPEKTUR KOTA PADANG

YTH. SDR. KEPALA BKD KOTA PADANG

YTH. SDR. PEJABAT ESELON III DAN IV DI LINGKUNGAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG

REKAN-REKAN WARTAWAN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA

ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.

Untuk sejenak , marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan izinNya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam rangka Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Eselon IV.B dilingkungan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Selanjutnya shalawat beriring salam kita kirimkan bagi junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati,

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan juga

adanya pergeseran dari beberapa jabatan maka pada hari ini, baru saja kita menyaksikan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Eselon IV.B dilingkungan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Dalam rangka penguatan kelembagaan dan menjawab tantangan pekerjaan ke depan yang semakin berat dalam menjalankan roda pemerintahan, dibutuhkan adanya beberapa perubahan dalam struktur organisasi (SOTK), termasuk pejabatnya.

Makanya untuk lingkungan Dinas Perhubungan Kota Padang adanya penambahan struktur dimasing-masing Unit Pelaksana Teknis berupa Kasubag Tata Usaha dengan Eselon IV.B.

Saudara-saudara yang baru dilantik dan terpilih memangku jabatan sekarang ini adalah pejabat pilihan dengan berbagai pertimbangan seperti kemampuan, kecakapan dan keahlian yang dapat menunjang keberhasilan organisasi. Untuk melaksanakan itu dibutuhkan ketulusan hati, jiwa kesatria serta rasa cinta yang mendalam terhadap bidang tugas yang kita emban.

Dinas Perhubungan Kota Padang sebagai institusi yang bersentuhan langsung dengan publik, memiliki medan tugas, tanggung jawab dan resiko yang begitu besar. Banyak godaan, tantangan serta dinamika tugas dilapangan yang harus dilaksanakan sebagai jawaban atas tuntutan pelayanan kepada masyarakat luas, terutama sektor transportasi.

Oleh sebab itu, kepercayaan yang diberikan kepada Saudara-Saudara harus dapat dipelihara dan diimbangi dengan prestasi, kejujuran dan keihklasan dalam melaksanakan tugas.

Hadirin dan peserta upacara yang hormati,

PELANTIKAN INI MERUPAKAN RANGKAIAN DARI HASIL PROSES SELEKSI YANG SANGAT KETAT OLEH TIM BADAN PERTIMBANGAN JABATAN DAN KEPANGKATAN (BAPERJAKAT) PEMKO PADANG DAN HAL TERSEBUT TIDAK AKAN BERHENTI SAMPAI DISINI.

SAUDARA-SAUDARA YANG BARU DILANTIK BESERTA SELURUH PEJABAT STRUKTURAL LAINNYA AKAN TETAP DIEVALUASI KINERJANYA DAN SEWAKTU-WAKTU BISA SAJA DIMUTASIKAN MAUPUN DIBERHENTIKAN DARI JABATANNYA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ORGANISASI. JABATAN ADALAH AMANAH BUKANLAH HAK, OLEH SEBAB ITU AMANAH TERSEBUT HARUS KITA JAGA DAN LAKSANAKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. DENGAN DIBERINYA AMANAH KEPADA SAUDARA BERARTI SAUDARA DIPERCAYAI DAN DIHARGAI UNTUK MENGEMBAN TUGAS. JIKA TIDAK SANGGUP MENGEMBAN AMANAH INI LEBIH BAIK MUNDUR DARI SEKARANG.

Dengan dilantiknya Saudara-Saudara hari ini, saya mengharapkan administrasi perkantoran dan pelayanan dapat berjalan lebih baik karena tugas Saudara-Saudara selaku Kasubag Tata Usaha adalah menyangkut segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengelola, mengadakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan (data) yang diperlukan dalam unit kerja. Tidak ada alasan lagi data yang dibutuhkan pimpinan tidak ada ataupun istilah orang lapangan yang tidak mengerti administrasi. Bukan jamannya lagi saat ini bicara tanpa data yang valid. Dengan data, Saudara-Saudara bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman/nganguan terhadap organisasi.

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati,

Dalam beberapa kesempatan terdahulu, saya selalu menekankan kepada kita semua bahwa begitu berat tugas dan amanah yang dipikulkan kepada kita selaku Aparatur Pemerintah dan oleh karena itu kedepan penempatan seorang PNS dalam jabatan struktural maupun fungsional akan semakin selektif. Kemampuan, kecakapan serta moral lebih diutamakan dalam penempatan jabatan.

Untuk itu silahkan Saudara-Saudara untuk kompetitif dalam meraih jabatan dan jangan cepat puas terhadap hasil kerja yang ada. Promosikan diri Saudara pada pimpinan dilingkungan unit kerja Saudara bahwa Saudara layak untuk mendapatkan suatu jabatan dan betul-betul bisa dipercaya serta dapat bekerja secara optimal.

Dengan bekerja secara optimal dengan niat tulus dan ikhlas maka Saudara telah memaksa pimpinan Saudara untuk dipromosikan tetapi sebaliknya Saudara bekerja tidak maksimal berarti Saudara memaksa pimpinan Saudara untuk menonjobkan Saudara.

Saya berharap eselon IV bukan puncak karir Saudara, untuk itu bekerjalah dengan sebaik-baiknya dan bagi Saudara yang belum mendapat kesempatan sampai saat ini silahkan untuk promosi kepada pimpinan sebagaimana yang telah saya jelaskan tadi.

Hadirin dan peserta upacara yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan kepada Saudara :

Pelajari dan pahami tupoksi Saudara untuk dapat menyusun rencana dan program kerja yang terukur tingkat keberhasilannya

Lakukan tugas dengan tim yang kuat dan kompak karena tanpa dukungan dari tim yang solid, tujuan dari organisasi akan sulit dicapai

Bekerjalah dengan profesional karena tantangan kedepan akan lebih berat

Tingkatkan sistim pelayanan yang cepat dan mudah serta lakukan inovasi-inovasi baru yang tidak bertentangan dengan peraturan yang ada

Tingkatkan kinerja pribadi maupun organisasi serta motivasi bawahan untuk dapat bekerja optimal dan dorong mereka agar bisa maju.

Hadirin dan peserta upacara yang berbahagia,

Demikianlah sambutan saya pada kesempatan ini, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan Rahmat dan Ridho Nya pada kita semua untuk menjalan tugas yang lebih baik lagi dimasa-masa mendatang. Selamat Bekerja, Semoga tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat luas dapat menjadi nilai ibadah disisi Allah SWT. Amin.

Sekian, terima kasih

Wabilahitaufik Walhidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb

WALIKOTA PADANG

Drs.H. FAUZI BAHAR, M.Si

Incoming search terms:

  • pidato promosi padang
loading...

Leave a Reply