Pidato : Yang Terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 2 Mojokerto

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Yang terhormat Bapak kepala SMA Negeri 2 Mojokerto Drs.H.Sugiono, M.Pd .

yang saya hormati Bapak Ibu Guru, karyawan serta , teman-teman yang saya cintai .

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul dalam acara ini tanpa halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Saw, karena beliau sebagai suri tauladan yang patut kita contoh dalam kehidupan kita sehari-hari. Mudah-mudahan kita semua termasuk umat yang setia kepadanya.

Terima Kasih saya sampaikan kepada panitia yang telah memberikan kesempatan kepada saya, untuk menyampaikan pidato. Dalam kesempatan ini saya mengambil tema Bahaya merokok bagi kesehatan ". Tujuan pidato saya pada hari ini yaitu agar orang-orang yang merokok, dapat menghentikan kebiasaan merokok dan mereka sadar bahwa kebiasaan itu sangat merugikan dan menjadikan hidup suram .

Segenap undangan yang kami hormati. Rokok adalah benda beracun yang memberikan efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitarnya yang bukan perokok atau biasa disebut dengan perokok pasif .

Salah satu penyebab mengapa jumlah perokok semakin bertambah ? Adalah,karena semakin gencarnya iklan rokok yang beredar di berbagai media, baik media elektronik maupun cetak. Selain itu, adanya image yang dibentuk oleh iklan rokok tersebut, sehingga terlihat seakan-akan orang yang merokok adalah orang yang sukses dan tangguh yang dapat melalui rintangan apapun. Iklan, promosi ataupun sponsor yang dilakukan oleh para produsen rokok merupakan sarana yang sangat ampuh untuk mempengaruhi remaja dan anak-anak.

Hadirin yang saya hormati. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang sangat berbahaya yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu nikotin, tar, dan karbon monoksida . Zat nikotin merupakan zat adiktif yang dapat menyebabkan kecanduan dan mempengaruhi syaraf serta peredaran darah, zat tar merupakan hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada di pipa bronkiolus yang terdapat dalam tubuh yang mengarah ke paru-paru, dan zat karbon monoksida, karbon monoksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen, sehingga mengurangi kapasitas oksigen dalam darah. Oleh sebab itu, darah orang yang banyak kemasukan karbon monoksida, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang tersebut dapat meninggal dunia karena keracunan karbon monoksida.

Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali lipat mengandung bahan yang memicu iritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok yang dihisap semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok, adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalan raya yang macet.

Hadirin yang saya hormati, Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan, karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Akibatnya, seorang rela mengeluarkan banyak uang untuk memuaskan hasratnya untuk merokok. Merokok adalah salah satu barang yang mahal, karena harga rata-rata sebungkus rokok adalah Rp. 10.000,-. Bayangkan seorang perokok membakar tiga bungkus rokok per hari. Ia harus menyisihkan uang sebesar Rp. 30.000,- per harinya untuk membeli rokok , dan Rp. 900.000,- setiap bulannya, serta Rp. 10.800.000,- dalam satu tahun. Sepuluh tahun kedepan, perokok tersebut wajib menyisihkan uang serendah-rendahnya sebesar Rp. 108.000.000,- hanya untuk membeli rokok saja. Selain itu, biaya untuk perobatan medis juga harus dipersiapkan, sebab perokok cenderung lebih mudah terserang penyakit, mulai dari infeksi saluran pernapasan dan keluhan kecil lainnya seperti pilek dan batuk, sampai dengan penyakit parah seperti penyakit jantung, kanker, dan paru-paru. Juga masalah pernapasan dan masalah lain yang berkaitan dengan pankreas, ginjal, dan hati.

Hadirin yang berbahagia. Salah satu penyebab utama kematian manusia setiap tahunnya adalah rokok. Kebiasaan merokok selama bertahun-tahun dapat menyebabkan berbagai penyakit, yaitu: 1) berisiko lebih tinggi menderita katarak yang menyebabkan kebutaan 2) kanker pada mulut, tenggorokan, pita suara, dan esophagus 3) kanker paru-paru 4) gagal jantung, serangan jantung, hipertensi, stroke dan 5) tulang rapuh. Selain itu, yang perlu diingat dan wajib diingat bagi penggunaan rokok secara berkepanjangan dapat menyebabkan kematian yang lebih cepat yaitu sebesar 75%.

Dari beberapa penjelasan yang saya sampaikan mengenai bahaya merokok bagi kesehatan, alangkah bodohnya kita apabila kita mengkonsumsi rokok . Untuk itu, harapan saya bagi pengguna rokok yang ingin menghindari kecanduan rokok yang terpenting adalah niat yang besar serta sungguh-sungguh ingin berhenti merokok. Tanpa niat yang besar mustahil seseorang bisa berhenti merokok. Kemudian Informasikan teman-teman dan keluarga tentang keputusan Anda untuk berhenti merokok. Mengapa? Karena seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok perlu dukungan dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka bisa membantu mengawasi dan mengingatkan apabila anda mulai tidak disiplin. Intinya cara berhenti merokok yang paling efektif bersumber pada diri anda sendiri. Kekuatan,aeinginan dan niat untuk berhenti merokok ada di dalam diri anda sendiri. Jika ingin hasil yang positif, usaha juga harus positif dan tetap disiplin. Mulailah hidup sehat dengan berhenti merokok hari ini! Kesimpulannya merokok merupakan kegiatan yang merugikan bagi diri sendiri dan orang lain serta bagi yang menghisapnya merupakan benda yang membawa berbagai macam penyakit .

Go Studying Stop Smoking!

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan terima kasih atas perhatiannya. Wa Billahi taufiq wal hidayat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply