PIDATO DPD : BUPATI PADANG LAWAS

BUPATI PADANG LAWAS UTARA

SAMBUTAN

BUPATI PADANG LAWAS UTARA

PADA ACARA KUNJUNGAN KERJA ANGGOTA DPD/MPR-RI

KAMIS, 21 JULI 2011

Di Aula Kantor Bupati

Kabupaten Padang Lawas Utara

ASSALAMU ALAIKUM WR. WB.

SELAMAT SORE DAN SALAM SEJAHTERA,

YANG SAYA HORMATI,

SDR. ANGGOTA DPD / MPR-RI DR. H. RAHMAT SHAH BESERTA ROMBONGAN

SDR. KETUA, WAKIL DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

SDR. WAKIL BUPATI PADANG LAWAS UTARA;

SDR. SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA;

PARA ASISTEN, SEKWAN, KEPALA BADAN, KEPALA DINAS, KEPALA KANTOR, KEPALA BAGIAN DAN CAMAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA;

PARA UNDANGAN, HADIRIN DAN INSAN PERS YANG BERBAHAGIA;

MENGAWALI SAMBUTAN INI MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA NIKMAT DAN HIDAYAH YANG TELAH DILIMPAHKANNYA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA KITA DAPAT BERKUMPUL DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DITEMPAT YANG BERBAHAGIA INI.

SELAKU KEPALA DAERAH, SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT DATANG KEPADA BAPAK DR. H. RAHMAT SHAH ANGGOTA DPD/MPR-RI HASIL PEMILIHAN UMUM TAHUN 2009 DARI DAERAH SUMATERA UTARA. KAMI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN BAPAK, UNTUK MELAKUKAN SOSIALISASI KELEMBAGAAN DPD DAN PRODUK YANG DIHASILKAN. SELAIN ITU, PENYERAPAN ASPIRASI DAERAH MERUPAKAN TUJUAN UTAMA DARI ACARA INI, SEHINGGA ASPIRASI MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA DAPAT DISAMPAIKAN KEPADA WAKIL RAKYAT KITA UNTUK DIPERJUANGKAN DI LEMBAGA LEGISLATIF DPD/MPR-RI KHUSUSNYA YANG BERKAITAN DENGAN OTONOMI DAERAH.

OTONOMI DAERAH PADA DASARNYA MEMPUNYAI DUA TUJUAN UTAMA YAITU TUJUAN DEMOKRASI DAN TUJUAN KESEJAHTERAAN. TUJUAN DEMOKRASI MEMPOSISIKAN PEMERINTAHAN DAERAH SEBAGAI INSTRUMEN PENDIDIKAN POLITIK DI TINGKAT LOKAL SECARA AGREGAT AKAN MENYUMBANG TERHADAP PENDIDIKAN POLITIK SECARA NASIONAL UNTUK MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA MASYARAKAT MADANI ATAU CIVIL SOCIETY. TUJUAN KESEJAHTERAAN MENGISYARATKAN PEMERINTAHAN DAERAH UNTUK MENYEDIAKAN PELAYANAN PUBLIK BAGI MASYARAKAT LOKAL SECARA EFEKTIF, EFISIEN DAN EKONOMIS.

PADA KESEMPATAN YANG SANGAT BERHARGA INI, SAYA MENYAMPAIKAN KEPADA BAPAK BAHWA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA MERUPAKAN DAERAH OTONOM BARU YANG DIBENTUK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 37 TAHUN 2007 TENTANG PEMBENTUKAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA DI PROVINSI SUMATERA UTARA. SECARA ADMINISTRATIF WILAYAH PADANG LAWAS UTARA TERDIRI DARI 9 (SEMBILAN) KECAMATAN, 386 DESA DAN 2 KELURAHAN.

DARI SISI DEMOGRAFIS KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA DIDIAMI PENDUDUK SEBESAR 223.351 JIWA, ANGKA TERSEBUT MERUPAKAN HASIL SENSUS PENDUDUK TAHUN 2010 YANG DILAKSANAKAN OLEH BPS. SEBAGAI GAMBARAN STRUKTUR PENDUDUK MAYORITAS TERDIRI DARI USIA SEKOLAH YAITU SEBESAR 88.412 JIWA. SEHINGGA DARI STRUKTUR TERSEBUT URUSAN PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN INFRASTRUKTUR MERUPAKAN PRIORITAS PEMBANGUNAN DAERAH SESUAI DENGAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD) 2009-2013.

UNTUK URUSAN PENDIDIKAN, STRATEGI KEDEPAN YAITU PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA, PENINGKATAN SDM BAIK KUALITAS MAUPUN KUANTITAS. PERLU BAPAK KETAHUI, RASIO JUMLAH SEKOLAH DAN MURID, RASIO GURU DAN MURID DI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA MASIH BELUM SESUAI DENGAN STANDAR NASIONAL. UNTUK ITU KAMI PEMERINTAH DAERAH MENGHARAPKAN DUKUNGAN BAPAK UNTUK MEMPERJUANGKAN ASPIRASI MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN. KARENA KEMAJUAN SUATU DAERAH TERGANTUNG BAGAIMANA KUALITAS SDM-NYA, SEDANGKAN SDM BERBANDING LURUS DENGAN KUALITAS PENDIDIKAN.

HAL TERSEBUT DIPERKUAT DENGAN TINGKAT PARTISIPASI PENDIDIKAN UNTUK TINGKAT SMA MASIH SEBESAR 51% DAN PERGURUAN TINGGI SEBESAR 7%, YANG DISEBABKAN OLEH MINIMNYA SEKOLAH YANG ADA. UNTUK ITU KEDEPAN HAL TERSEBUT HARUS MENJADI PERHATIAN KITA SEMUA, AGAR TINGKAT PARTISIPASI SEKOLAH MENJADI MENINGKAT, BAHKAN MENCAPAI 100%. PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN JUGA MASIH JAUH DARI HARAPAN KITA, YAITU MASIH SEBESAR 32%.

UNTUK BIDANG KESEHATAN, PENINGKATAN KUALITAS RSUD GUNUNGTUA SANGAT MENDESAK BAIK DARI SEGI SARANA DAN PRASARANA MAUPUN DARI SEGI SUMBER DAYA MANUSIA TERUTAMA DOKTER SPESIALIS, MENGINGAT KEBUTUHAN MASYARAKAT AKAN PENGOBATAN YANG MEMADAI. SELAIN ITU KONDISI TOPOGRAFI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA YANG BERBUKIT SEHINGGA MENYULITKAN KECAMATAN TERLUAR UNTUK MENDAPATKAN AKSES PENGOBATAN, UNTUK ITU PENGEMBANGAN PUSKESMAS RAWAT INAP DIRASA BISA MENJADI SOLUSI ATAS PERMASALAHAN TERSEBUT.

BAPAK-BAPAK ANGGOTA DPD RI YANG TERHORMAT

KAMI MENYAMBUT BAIK ATAS KUNJUNGAN BAPAK-BAPAK SEKALIAN KEDAERAH KAMI, DAN KAMI BERHARAP KUNJUNGAN BAPAK-BAPAK DAPAT MENAMPUNG ASPIRASI KAMI DAN DAPAT MEMBERI ARTI POSITIF SERTA SERTA SPIRIT TERSENDIRI BAGI KAMI DAPAT MEMBANGUN DAERAH YANG KAMI CINTAI INI. HARAPAN INI TENTU MERUPAKAN SUATU KEWAJARAN MENGINGAT DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA ADALAH DAERAH YANG TERBILANG BARU DIMEKARKAN DARI KABUPATEN INDUK YAITU KABUPATEN TAPANULI SELATAN. KAMI MERASA SANGAT BANGGA MENDAPATKAN KUNJUNGAN DARI BAPAK-BAPAK DPD/MPR-RI SEKALIAN.

DEMIKIANLAH SAMBUTAN SAYA INI, SEKALI LAGI KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG KE DAERAH KAMI, KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA. MUDAH-MUDAHAN ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERI KITA BIMBINGAN DAN PETUNJUK DALAM BEKERJA DAN MEMBANGUN BANGSA INI. AMIN YA ROBBAL ALAMIN.

BILLAHI TAUFIK WALHIDAYAH

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

BUPATI PADANG LAWAS UTARA

Drs. BACHRUM HARAHAP

loading...

Leave a Reply