Pidato : Pertama-tama Mari Kita Panjatkan Puji Dan Syukur Ke

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke khadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya kita dapat berkumpul pada kesempatan ini. Tak lupa shalawat dan salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan ini, izinkalah saya menyampaikan pidato mengenai Dampak Internet

terhadap Kehidupan Manusia.

Pada masa sekarang ini, tentu kita sudah sangat mengenal dengan istilah Internet. Suatu hal yang cukup berpengaruh dalam kehidupan kita sekarang ini. Namun tentu internet juga memiliki segi positif dan segi negatif yang perlu kita perhatikan.

Dari segi positif, internet dapat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi yang aktual. Kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain hanya dengan membaca pada layar komputer ataupun ponsel kita. Selain itu internet juga dapat dijadikan referensi bagi para pelajar dalam mencari ilmu, tanpa adanya internet seorang siswa mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencari bahan untuk tugas sekolahnya. Mereka perlu pergi ke berbagai macam toko buku dan perpustakaan hanya untuk mencari materi yang ia butuhkan, namun dengan adanya internet ia hanya perlu duduk di depan komputernya dan mulai mencari materi yang ia perlukan. Selain itu, internet juga berjasa dalam segi sosial manusia, internet dapat dijadikan wadah untuk mencari teman baru, baik dari dalam negeri atau bahkan ke negara lain.

Dengan melihat dampak-dampak positif tersebut tentu kita senang dengan keberadaan internet. Namun ada beberapa hal negatif yang perlu kita perhatikan dari internet. Poin pertama, internet merupakan wahana global, dimana seluruh kebudayaan yang terdapat pada internet merupakan campuran dari kebudayaan yang terdapat dari seluruh dunia, dan tentu kita sebagai bagian dari kebudayaan timur tidak dapat sepenuhnya menerima kebudayaan barat yang sangat bertolak belakang dengan kebudayaan kita. Lagipula hal ini dapat berdampak pada terkikisnya kebudayaan kita. Poin kedua, internet memiliki berbagai konten yang tidak senonoh untuk dilihat bagi para pelajar dan yang belum cukup umur. Contohnya misalkan kekerasan dan pornografi. Hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda di negara kita.

Maka dari itu, perlu adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah dalam mengawasi dan menjaga segala hal dalam internet. Kita butuh akan internet dalam perkembangan bangsa ini, namun diperlukan pengawasan ketat dari pemerintah dalam penerapannya. Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat mengenai internet serta dampak-dampaknya, sehingga masyarakat mengerti dan dapat turut berperan dalam menjaganya.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Apabila ada salah kata maupun salah ucap saya

haturkan maaf.

Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA DAN SISWA ini mudah-mudahan bermanfaat (hanya Contoh) dan silahkan mengeditnya  kembali.

Assalamualaikum wr wb, Bapak/ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang Pengaruh Internet Terhadap Remaja Dan Siswa.

Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negative.

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan Warnet, Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya,…

Leave a Reply