Teks Pidato : Kebersihan Kunci Dari Kesehatan

Kebersihan Kunci dari Kesehatan

Assalamu’alaikum wr.wb.

yang saya hormati bapak kepala sekolah SMAN 1 Cianjur, yang saya hormati ibu/bapak guru, beserta teman – teman seperjuangan yang saya banggakan,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maha Esa karena, atas curahan rahmat yang diberikan-Nya kita semua pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, ber-muwajahah di tempat ini, ditempat yang berbahagia ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepana nabi junjunan kita semua, nabi besar Muhammad SAW. Beserta para keluarganya, para sahabatnya, dan para umatnya sampai akhir zanan.

Rekan-rekan yang saya banggakan.

Kebersihan sebagian daripada iman, itulah salah satu hadist nabi Muhammad SAW yang sering kita dengar, namun perlu kita ketahui bahwa kandungan dari hadist tersebut menganjurkan masyarakat kita, khususnya muslimah untuk senantiasa menjaga kebersiahan. Akan tetapi banyak masyarakat awam yang kurang tau akan hadist tersebut dan kurang peduli terhadap kebersihan.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan selalu menjadi polemik yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya selalu meningkat, khususnya di Negara Indonesia ini. Masalah kebersihan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akah hal kebersihan. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernafasan dan penyakit lain yang disebabkan air dan udara tidak dapat terelakkan lagi terutama menyerang golongan keluarga ekonomi lemah yang kurang menerti akan pentingya menjaga kebersihan. Akan tetapi apabila kita senantiasa menjaga kebersihan masalah seperti itu takkan terjadi lagi. Maka dari itu, dapat diambil kesimpulan bahwa kebersihan adalah kunci dari kesehatan.

Dalam hal ini, Pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan melalui penerapan budaya cinta akan kebersihan. Budaya cinta akan kebersihan dapat diwujudkandengan cara senantiasa memelihara kebersihan lingkungan dari sampah dan kotoran, baik itu di rumah sekolah, di kelas, MCK ataupun di lingkungan sekitar rumah. Oleh karena itu kesadaran dari diri sendirilah hal yang paling penting untuk terciptanya lingkungan yang sehat.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata.
Assalamu’alaikum wr.wb.

M. YUSUF A

X-3

Leave a Reply