Pidato Adik Embok : Perpisahan Kelas XII SMK Negeri 1

Pidato Perpisahan Kelas XII SMK Negeri 1 Bandar Seikijang

Assalamulaiakum Wr.Wb.

Yang terhormat, Ketua PGRI Bandar Seikijang, Bapak M. Nur, S.Pd

Yang terhormat, Kepala SMK Negeri 1 Bandar Seikijang, Bapak H. Nasril, M.Pd

Yang terhormat, Ketua Komite Sekolah SMK Negeri 1 Bandar Seikijang, Bapak H. Salim

Yang kami hormati,  Kepala Urusan Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah, Majelis Guru, Karyawan dan Karyawati SMK Negeri 1 Bandar Seikijang,

Yang kami muliakan, Ayahanda dan Ibunda, Orang Tua kelas XII SMK Negeri 1 Bandar Seikijang

Hadirin para undangan yang berbahagia serta adik-adik kelas sekalian yang kami cintai.

Dengan segala keikhlasan dan kerendahan hati, marilah kita bersyukur kehadirat Allah swt yang hanya dengan payung rahmat, nikmat, dan taufiknya sehingga kita dapat berkumpul, bertatap muka pada acara perpisahan Kelas XII dengan Keluarga besar SMK Negeri 1 Bandar Seikijang.

Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan alam nabi akhir zaman Rasulullah SAW, pembawa risalah kepada seluruh umat manusia, beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya, yang tidak kenal lelah menegakkan agama dan memperjuangkan risalah beliau.

Bapak Ibu Majelis Guru dan Hadirin sekalian sekalian yang berbahagia

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan sebagai perwakilan teman-teman seperjuangan kelas XII.

Pada hari ini tepatnya acara perpisahan kelas XII dengan keluarga Besar SMK Negeri 1 Bandar Seikijang,  sebuah momentum yang bersejarah yang akan senantiasa kami kenang sebagai akhir dari perjalanan panjang kami kelas XII dalam menjalani hari-hari yang bergelimang dengan suka dan duka, canda dan tawa serta berkutat dengan buku-buku, terpaku dengan sekian banyak pelajaran dan kewajiban-kewajiban lainnya di sekolah yang kami cintai ini.

Kini tibalah saatnya untuk mengakhiri  itu semua karena setiap ada pertemuan maka tidak dipungkiri adanya perpisahan, dengan harapan semoga apa-apa yang telah kami kami peroleh dapat bermanfaat bagi diri kami pada khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya serta menjadi bekal kami selanjutnya untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi atau pun ke jenjang berikutnya. Dan semoga kami termasuk orang-orang yang disebutkan dalam firman-Nya.

Artinya :

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat

Bapak Ibu Majelis Guru dan Hadirin sekalian sekalian yang berbahagia

Mengawali pidato kami pada kesempatan ini, ialah ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh bapak dan ibu majelis guru. Tidak akan mungkin kami mampu membalas jasa-jasamu selama 3 tahun ini karena atas segala pencerahan ilmu yang engkau berikan kepada kami, pengembangan potensi, serta kemampuan kami. Doa kami adalah semoga bapak dan Ibu sekalian mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah swt.

Tidak bisa dibayangkan seberapa besar peran seorang guru sehingga bangsa ini mesih tetap bisa berdiri kokoh dan berwibawa serta berilmu pengetahuan. Semuanya itu tidak bisa dilepaskan dari peran seorang guru. Dimulai dari pendidikan Sekolah Dasar dari tangan seorang gurulah semua warga bangsa bisa pandai membaca dan menulis yang terus mengantarkannya untuk mampu menjalani kehidupannya yang penuh dengan tantangan kedepan dapat  terlewati berkat wawasan keilmuan yang telah di wariskan oleh seorang guru tersebut.

Tidak bisa di pungkiri seorang albert enstein misalnya yang mampu menjadi seorang ilmuwan  besar dengan teorinya yang terkenal yang hingga saat ini masih dipakai dalam literature ilmu pengetahuan semuanya itu tidak mungkin diwujudkannya tanpa peran seorang guru. Begitu pula seorang Imam Bukhari dengan kitab shahih karangannya yang selalu menjadi rujukan utama Hadits oleh segena umat Islam didunia ini tidak juga mungkin akan terwujud kalau tanpa peran seorang guru.  Lebih dari itu, dari tangan seorang guru ini pula lahirlah seorang presiden, seorang jenderal, dan bahkan seorang professor. Sehingga bagi kami semua guru bukanlah seorang pahlawan tanpa tanda jasa akan tetapi begi kami engkau  adalah seorang pahlawan bangsa.

Melihat kenyataan ini, maka tidak lah wajar sekiranya kami hanya mengungkapkan rasa terima kasih saja ata segala pengorbananmu dan keikhlasanmu dalam mendidik kami. Tetapi kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dari apa yang telah engkau berikan kepada kami, dan kami mohon kepada Allah agar kami mampu menjadi orang yang berterima kasih dan kelak kami sanggup membawa harapan bapak ibu majelis guru sekalian untuk menjadi seorang yang sukses dan berkata kesuksesan ini adalah kesuksesan bapak-ibu guru sekalian.

Kemudian, ingin rasanya kami menangis ketika kami mengenang kesalahan-kesalahan kami kepadamu selama ini. Kami yang membangkang atas perintahmu, kami yang tidak menaati nasehat-nasehatmu serta kesalahan-kesalah kami yang lain yang membuatmu kesal dan marah kepada kami. Sehingga  tak jarang muncul sumpah-sumpah serapah untukmu pada  saat hukuman menyapa.

Tetapi kini kami telah menyesali semua itu, kami meyakini bahwa segala bentuk kemarahanmu itu adalah wujud kasih sayangmu kepada kami, dan kami mohon maaf atas itu semua. Dan kami akan jadikan itu sebagai pelajaran yang berharga dalam hidup kami.

Bapak Ibu Majelis Guru dan Hadirin sekalian sekalian yang berbahagia

Selanjutnya, tidak lupa kami mengucapkan terima kasih  kepada segenap civitas akademika SMK Negeri 1 Bandar Seikijang atas segala fasilitas, sarana dan prasarana yang telah disediakan, sehingga kami mampu menyelesaikan studi di SMK Negeri 1 Bandar Seikijang ini dengan lancar.

Kami berharap kedepan, SMK Negeri 1 Bandar Seikijang ini tetap eksis sebagai Sekolahyang bercirikan teknologi standar pembelajaran yang berbasis IT dan selalu bersinergi dengan IMTAQ , kualitas pengajarannya serta inovasi-inovasi lainnya untuk tetap menjadikan SMK Negeri 1 Bandar Seikijang yang akan menghasilkan para siswa-siswi yang berkualitas yang siap bersaing di jenjang pendidikan yang lebih tinggi , berwawasan Nasional  dan mampu manjawab tantangan global serta mampu menyejajarkan diri dengan Sekolah terkemuka lainnya.

Bapak Ibu Majelis Guru dan Hadirin sekalian sekalian yang berbahagia

Apa yang kami peroleh selama ini, tidak akan terwujud tanpa ketulusan dan keikhlasan ayahanda dan ibunda sekalian. 3 tahun lamanya engkau menghabisakan hari-harimu bekerja untuk mencukupi keperluan sekolah kami, siang malam banting tulang tanpa kenal lelah, tidak kenal panas matahari dan hujan yang mengguyuri tetapi engkau terus bersemangat untuk mencari nafkah bagi  kami dengan harapan semoga kami dapat terus melanjutkan pendidikan ini, tidak ada harapan lain dari engkau sekalian kecuali hanya ingin melihat kami dapat menimba ilmu menjadi manusia pandai dan mampu membahagiakan kedua orang tunya.

Sudah seharusnya  apabila kami menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh orang tua kami, dengan segala jerih payahnya dengan penuh keprihatinan selalu memberikan dukungan moril dan materil.

Kami berjanji, setetes keringat dan air matamu akan kami jadikan sebagai permata yang gemerlap, menebar cahaya keindahan dan kedamaiaan di tengah kegersangan. Kini, 3 tahun sudah  dalam hari-harinya engkau melepas keberangkatan kami ke sekolah dan menyambut kepulangan kami dengan penuh haru semuanya ini hanya kami persembahkan untukmu. Semoga kami bisa menjadi seorang anak yang lebih baik lagi untuk selanjutnya kami menjalani deretan  perjuangan yang masih panjang serta tantangan untuk meraih masa depan yang cermerlang.

Terima kasih atas pelukan hangat ketika kesedihan menerpa kami. Terima kasih engkau karena engkau selalu menginginkan, menunjukkan dan meyakini ada hal-hal yang terbaik untuk kami. Dan kami akan menjadikan ini sebagai motivasi dan inspirasi baru bagi kami kedepan untuk dapat melanjutkan dan menunaikan janji-janji  untuk kebahagianmu.

Untuk Kemudian Adik-Adik sekalian yang Kami Cintai

Hari-hari telah kita lalui bersama dalam satu keluarga dibawah payung Sekolah yang kita cintai ini. Telah banyak kenangan-kenagan yang tak terlupakan bersama denganmu semua.  Telah banyak pula suka dan duka yang telah kita jalani. Tetapi semua itu hanya tinggal kenangan saja. Kami hanya berharap semoga apa-apa yang mungkin bisa menjadi teladan dari kami kami bisa menjadi wawasan dan pencerahan yang bermanfaat bagi adik-adik semua dalam menjalani hari-hari di sekolah untuk seterusnya.

Masih panjang perjalanan yang harus adik-adik sekalian lalui di sekolah ini, maka dari itu  kami berpesan untuk selalu menjadi seorang siswa yang senatiasa menjunjung nilai-nilai agama dan akhlakul karimah dan selalu memanifestasikan itu semua pada diri masing-masing kalian.  Jadilah siswa yang Berprestasi dan Berdisiplin yang tinggi dan berbudi yang luhur. Karena tugas kalian semua adalah mendukung sekolah kita dalam merealisasikan program-program dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan sekolah ini.

Bapak Ibu Majelis Guru dan Hadirin sekalian sekalian yang berbahagia

Terakhir, tak lupa kami berpesan kepada sahabat-sahabat SMK Negeri 1 Bandar Seikijang agar selalu menjaga nama baik almamater, dengan pandai-pandai menempatkan diri ditengah masyarakat, menjaga sikap, moral dan kahlakul karimah. Jadilah orang yang tanggap dan mawas diri, janganlah menjadi orang yang merasa dirinya paling pintar. Ingatlah, diatas langir masih ada langit. Ilmu yang kita peroleh selama di Sekolahhanyalah setitik dari lautan ilmu Allah.

No Regret about the past, no fear about the future, make your wish and hope your dream come true.

Tak ada penyesalan dengan masa lalu, tak ada ketakutan dengan amsa depan. Buatlah harapanmu! Semoga mimpimu menjadi nyata.

Sebuah pantun untuk mengakhiri pidato saya pada kesempatan kali ini ;

Pucuk pauh delima batu

Anak sembilang ditapak tangan

Biar jauh dinegeri satu

Hilang dimata dihati jangan

Pesisir Bukit nama Kecamatan

Disana ada Sekolah Nan asri

Tiada lain yang kami harapkan

Semoga SMKN 1 tetap Berprestasi

Wassalamulaiakum Wr.Wb.

Leave a Reply