Pidato22 : Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pengelolaan Lingkungan Hidup

Demi Terciptanya Keharmonisan Lingkungan

Disusun oleh : Anindya Rachma D. XII IPA 2 / 06

Assalamualaikum Wr.Wb.

Ibu Rahardini yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini dengan sehat wal afiat tanpa kurang suatu apa. Pada kesempatan yang baik ini saya akan sedikit menguraikan beberapa hal mengenai pengelolaan lingkungan.

Kehidupan manusia di muka bumi ini tidak terlepas dari peran serta lingkungan. Manusia merupakan bagian dari lingkungan, bersama-sama dengan tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme lain yang membentuk kesatuan sistem rantai makanan. Namun, seringkali manusia mengabaikan lingkungan sekitarnya. Salah satu contoh yang dapat diamati adalah kebiasaan membuang sampah di sungai. Dengan melakukan pembuangan sampah ke sungai, maka tanaman-tanaman yang berada di sungai akan mati karena adanya polutan . Hal ini tentunya dapat mengakibatkan keseimbangan ekosistem sungai terganggu. Agar ekosistem selalu terjaga keseimbangannya, maka kita harus mengurangi pencemaran lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam secara tepat,

Berdasarkan UU No. 23 Th. 1997, lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan ruang dengan kesemua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Pengelolaan lingkungan hidup didefinisikan sebagai upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup. Adapun tujuan pengelolaan lingkungan hidup antara lain :

Tercapainya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup

Terwujudnya manusia Indonesia sebagai insan lingkungan hidup yang mempunyai sikap dan tindak untuk melindungi serta membina lingkungan hidup

Terjaminnya kepentingan generasi masa kini dan generasi masa mendatang

Tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup

Terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut.

Mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup dengan memelihara lingkungan hidup dengan baik.

Mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana agar seluruh sumber daya alam digunakan oleh kepentingan orang banyak seproduktif mungkin dan menekan pemborosan seminimal mungkin.

Mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup, oleh sebab itu pengembangan sumber daya alam senantiasa harus disertai dengan usaha memelihara kelestarian tata lingkungan.

Melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang.

Masalah lingkungan hidup telah menjadi faktor penentu dalam proses pengambilan keputusan pemanfaatan dan pengolahan SDA. Pembangunan tidak lagi menempatkan SDA sebagai modal, tetapi sebagai satu kesatuan ekosistem yang di dalamnya berisi manusia, lingkungan alam dan/atau lingkungan buatan yang membentuk kesatuan fungsional, saling terkait, dan saling tergantung dalam keteraturan yang bersifat spesifik, berbeda dari satu tipe ekosistem ke tipe ekosistem yang lain. Oleh sebab itu, pengelolaan lingkungan hidup harus bersifat spesifik, terpadu, holistik dan berdimensi ruang.

Dengan adanya pengelolaan lingkungan yang terpadu dan spesifik, diharapkan manusia dapat hidup selaras dengan lingkungannya sehingga alam akan memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Selain itu, pengelolaan lingkungan sekaligus dapat mengurangi bencana alam yang diakibatkan oleh eksploitasi alam yang berlebihan.

Kiranya cukup sekian materi yang dapat saya sampaikan mengenai pengelolaan lingkungan hidup. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati teman-teman sekalian. Semoga apa yang saya sampaikan dapat menambah wawasan kita mengenai pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan hidup.

Wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Leave a Reply