Teks Pidato : Membangun Bangsa di masa yang akan datang dengan pendidikan

Teks pidato

Topik: Membangun Bangsa di masa yang akan datang dengan pendidikan.

Tujuan Umum: Sosialisasi

Tujuan Khusus: Memberikan penjelasan serta keterangan kepada generasi muda penerus bangsa mengenai pentingnya pendidikan bagi pembangunan Negara Indonesia di masa depan.

Membangun Bangsa di masa yang akan datang dengan pendidikan.

Bapak/ Ibu guru yang saya hormati,

Serta teman-teman yang saya banggakan,

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah dan rahmat yang Ia limpahkan kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan kesehetan untuk dapat berkumpul dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Dalam kesempatan ini pula, saya selaku siswa SMAN 2 Cimahi yang merupakan generasi penerus bangsa, akan membahas suatu topik mengenai Membangun Negeri yang akan Datang dengan Pendidikan.

Hadirin yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui, hari sumpah pemuda adalah hari dimana pemuda-pemuda indonesia bersatu dan berjuang demi mengangkat harkat dan martabat orang indonesia hingga akhirnya negara kita dapat mencapai kemerdekaannya. Dan sebagai generasi penerus bangsa, sepatutnya kita meneruskan perjuangan mereka, salah satunya adalah melalui pendidikan. Pendidikan sangat penting bagi pembangunan bangsa kita ke depan, sebab melalui pendidikanlah tercipta sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Mungkin hingga saat ini SDM berkualitas di indonesia belum banyak, meskipun akhir-akhir ini beberapa siswa indonesia mampu mengukir prestasi di kancah dunia melalui beberapa olimpiade seperti matematika, fisika, atau bahkan robotika. Dan tak sedikit dari mereka yang menyabet medali emas. Tentunya hal tersebut menjadi suatu kebanggaan dan motivasi bagi bangsa kita untuk terus meningkatkan prestasi di bidang pendidikan. Selain itu, dengan prestasi-prestasi tersebut Bangsa indonesia dapat membuktikan kepada dunia bahwa masyarakat kita mampu bersaing dengan negara maju lainnya. Bahkan bukan hal yang mustahil jika suatu saat nanti indonesia bisa menjadi negara nomor 1 di dunia.

Banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut masih sebatas mimpi, sebab apabila kita melihat kehidupan jalanan dan desa-desa terpencil di Indonesia, masih banyak anak-anak yang tidak bisa mengenyam pendidikan seperti yang kita rasakan saat ini. Dan mungkin hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

banyak yang tidak memiliki biaya, apalagi di zaman globalisasi seperti saat ini, biaya sekolah sangatlah mahal.

sebagian masyarakat kita masih belum mengerti akan pentingnya pendidikan.

belum ada perhatian dari pemerintah indonesia kepada setiap daerah. Apalagi jika daerah tersebut termasuk ke dalam daerah yang terpencil dan sulit dijangkau.

Teman-teman sekalian,

sejak awal, kita sudah mengetahui bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kehidupan kita di masa yang akan datang. Oleh karena itu, kita semua harus giat belajar dan tidak pantang menyerah. Negara kita akan maju dan dihormati oleh bangsa lain apabila kualitas SDM kita baik. Kesimpulannya, kita semua harus paham akan pentingya pendidikan. Untuk itu, mari kita bersatu untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa kita. Dan akhir kata, saya mengucapkan permohonan maaf apabila ada kesalahan. Terimakasih atas perhatiannya,

Wasssalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply