PIDATO PENUTUPAN PELATIHAN : BUPATI AGAM

BUPATI AGAM

pada acara pertemuan kesepakatan kesatuan gerak pkkkb kesehatan

ASSALAMMU `ALAIKUM WR. WB.

YTH. SDR.KETUA TP PKKKB KAB. AGAM

YTH. SDR KEPALA BKKBN KAB AGAM

YTH. YTH KEPALA DINAS KESEHATAN KAB. AGAM

YTH. PANITIA PELAKSANA PERTEMUAN KESEPAKATAN KESATUAN GERAK PKKKB KESEHATAN

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

PUJI DAN SYUKUR MARILAH SAMA-SAMA KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SUBHANAHU WATAALA, ATAS KESEMPATAN DAN KESEHATAN YANG DIBERIKAN KEPADA KITA, SEHINGGA KITA DAPAT MENGIKUTI ACARA pertemuan kesepakatan kesatuan gerak pkkkb kesehatan

SELANJUTNYA SELAWAT BERIRING SALAM KITA HATURKAN KEPADA JUNJUNGAN KITA NABI BESAR MUHAMMAD SAW. SEMOGA KITA DAPAT MENCONTOH SURI TELADAN DAN MEMPEDOMANI DUA PUSAKA BELIAU, ALQURAN DAN HADITS.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

PELAYANAN ADALAH KUNCI KEBERHASILAN DALAM BERBAGAI USAHA ATAU KEGIATAN YANG BERSIFAT JASA. PERANANNYA AKAN LEBIH BESAR DAN BERSIFAT MENENTUKAN MANAKALA DALAM KEGIATAN-KEGIATAN JASA DI MASYARAKAT ITU TERDAPAT KOMPETISI DALAM USAHA MEREBUT PASARAN ATAU LANGGANAN.

DI BIDANG PEMERINTAHAN TIDAKLAH KALAH PENTINGNYA MASALAH PELAYANAN ITU, BAHKAN PERANNYA LEBIH BESAR KARENA MENYANGKUT KEPENTINGAN UMUM, BAHKAN KEPENTINGAN RAKYAT SECARA KESELURUHAN. KARENA PERANAN PELAYANAN UMUM YANG DISELENGGARAKAN OLEH PEMERINTAH MAKIN TERASA DENGAN ADANYA PENINGKATAN KESADARAN BERNEGARA DAN BERMASYARAKAT, MAKA PELAYANAN TELAH MENINGKATKAN KEDUDUKANNYA DI MATA MASYARAKAT MENJADI SUATU HAK, YAITU HAK ATAS PELAYANAN. NAMUN TERNYATA HAK MASYARAKAT ATAU PERORANGAN UNTUK MEMPEROLEH PELAYANAN DARI APARAT PEMERINTAH TERASA BELUM DAPAT MEMENUHI HARAPAN SEMUA PIHAK, BAIK MASYARAKAT ITU SENDIRI MAUPUN PEMERINTAH DAN PELAYANAN UMUM TERSEBUT BELUM MENJADI BUDAYA MASYARAKAT.DISANA SINI MASIH SELALU DITEMUI KELEMAHAN-KELEMAHAN YANG DAMPAKNYA SERING MERUGIKAN MASYARAKAT YANG MENERIMA LAYANAN.

PELAYANAN ADALAH SUATU PROSES. OLEH KARENA ITU OBYEK UTAMA MANAJEMEN PELAYANAN IALAH PROSES ITU SENDIRI. JADI MANAJEMEN PELAYANAN ADALAH MANAJEMEN PROSES, YAITU SISI MANAJEMEN YANG MENGATUR DAN MENGENDALIKAN PROSES LAYANAN, AGAR MEKANISME KEGIATAN PELAYANAN DAPAT BERJALAN TERTIB, LANCAR, TEPAT MENGENAI SASARAN DAN MEMUASKAN BAGI PIHAK YANG HARUS DILAYANI.

SISTEM MANAJEMEN PUBLIK HARUS BERSIFAT TRANSPARAN DAN ACCOUNTABLE, PELAYANAN BERARTI PULA SEMANGAT PENGAMBDIAN YANG MENGUTAMAKAN EFISIENSI DAN KEBERHASILAN DAERAH DALAM MEMBANGUN YANG DIMANISFETASIKAN ANTARA LAIN DALAM PERILAKU :

MELAYANI BUKAN DILAYANI

MENDORONG BUKAN MENGHAMBAT

MEMPERMUDAH BUKAN MEMPERSULIT

SEDERHANA BUKAN BERBELIT-BELIT

TERBUKA UNTUK SETIAP ORANG BUKAN HANYA UNTUK SEGELINTIR ORANG.

PADA PRINSIPNYA ADA 2 (DUA) TUGAS UTAMA SUATU PEMERINTAH YAKNI :

MENGATUR DAN MENGENDALIKAN KEKUATAN-KEKUATAN SOSIAL MASYARAKAT AGAR TIDAK BERTENTANGAN DAN MEMBAHAYAKAN

MENGORGANISASI DAN MENGINTEGRASIKAN KEGIATAN MANUSIA, GOLONGAN-GOLONGAN KEARAH PENCAPAIAN TUJUAN MASYARAKAT.

UNTUK MENCAPAI PELAKSANAAN TUGAS NEGARA DIMAKSUD, DIBUTUHKAN SUATU APARATUR NEGARA YANG BERKUALITAS. MEMILIKI KEMAMPUAN DALAM MELAYANI, MEMENUHI KEBUTUHAN, MENANGGAPI KELUHAN MASYARAKAT SECARA MEMUASKAN.

INI MERUPAKAN TUGAS KITA SEMUA DIMANA MASIH PERLU PEMBENAHAN SUNGGUH-SUNGGUH DALAM BERBAGAI SEKTOR YANG MENJADI PENDUKUNG TERHADAP PELAYANAN ITU SENDIRI.

BERBICARA TENTANG KEPROFESIONALAN PEMERINTAH, TIDAK TERLEPAS DARI KUALITAS PARA APARATURNYA. KENAPA TIDAK, SEBAB PEMERINTAH PADA DASARNYA ADALAH KUMPULAN ORANG-ORANG YANG BERTUGAS MELAYANI MASYARAKAT DAN MENYELENGGARAKAN PEMERINTAHAN. UNTUK ITU, SEBAGAI BAGIAN DARI PEMERINTAHAN, KITA DITUNTUT UNTUK SELALU MENINGKATKAN KUALITAS DIRI DAN KELOMPOK SEHINGGA FUNGSI DAN TUGAS POKOK DAPAT DIJALANKAN DENGAN BAIK. APA JADINYA PEMERINTAHAN KALAU ORANG-ORANG YANG MENJALANKANNYA TIDAK MEMAHAMI TUGAS DAN FUNGSINYA SERTA TIDAK MENGIKUTI PERKEMBANGAN DINAMIKA MASYARAKAT DAN DUNIA.

MENINGKATKAN KUALITAS SDM DAN MEMBENTUK SIKAP PROFESIONAL DAPAT KITA LAKUKAN DENGAN BERBAGAI CARA, BAIK MELALUI PENDIDIKAN FORMAL, BELAJAR DARI PENGALAMAN PRIBADI MAUPUN MENGIKUTI BERBAGAI SEMINAR-SEMINAR ATAUPUN PELATIHAN/DIKLAT.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

MASYARAKAT ERA GLOBALISASI DAN ABAD 21 (ABAD INFORMASI) YANG DIDUKUNG TEKNOLOGI MODERN TERUTAMA DI BIDANG TRANSPORTASI TELEKOMUNIKASI MEMBUAT MOBILITAS DAN AKTIVITAS MASYARAKAT SEMAKIN MENINGKAT DENGAN CEPAT, MENUNTUT PELAYANAN YANG SEMAKIN CEPAT DAN TEPAT. ADANYA KELUHAN MASYARAKAT YANG BERKAITAN DENGAN KEGIATAN BIROKRASI MERUPAKAN SUATU INDIKATOR BAHWA PELAYANAN PEMERINTAH DIANGGAP MASIH LAMBAN, KURANG RESPONSIVE TERHADAP KELUHAN, KEBUTUHAN MASYARAKAT, KURANG TERBUKA DAN KURANG EFISIEN.

UNTUK LEBIH MEMPERMUDAH MASYARAKAT MANGURUS ATAU MENDAPATKAN PELAYANAN, PEMERINTAH KABUPATEN AGAM TELAH MENYERAHKAN 34 JENIS KEWENANGAN KEPADA PEMERINTAH KECAMATAN DAN 1 JENIS KEWENANGAN PELAYANAN KEPADA PEMERINTAHAN NAGARI.

UNTUK ITU SAYA BERHARAP KEPADA SELURUH PESERTA PELATIHAN PELAYANAN/PERIZINAN, AGAR MAMPU MELAKSANAKAN TUGASNYA SEBAGAI PELAYANAN MASYARAKAT SECARA EFEKTIF, EFISIEN DAN PROFESIONAL DAN DAPAT MEMPRAKTEKKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN YANG TELAH DIPEROLEH SELAMA MENGIKUTI PELATIHAN INI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB. BERSIKAPLAH PROFESIONAL DALAM BEKERJA, KARENA HANYA DENGAN KEPROFESIONALAN KESUKSESAN DAPAT KITA RAIH.

HAL PENTING LAINNYA YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PELAYAN MASYARAKAT ADALAH MORAL YANG TINGGI. BAGAIMANAPUN PANDAI DAN TINGGINYA ILMU PENGETAHUAN SESEORANG KALAU TIDAK DIIRINGI DENGAN PERILAKU DAN MORAL YANG BAIK SERTA RASA TAKUT KEPADA ALLAH SWT, MAKA KEPANDAIAN YANG DIMILIKINYA AKAN MEMBAWANYA KEPADA PERBUATAN YANG BERSIFAT DESTRUKTIF YANG AKHIRNYA AKAN MERUSAK DAN MENGHANCURKAN TATANAN KEHIDUPAN YANG SUDAH ADA.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

DEMIKIANLAH BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN INI. SEMOGA PARA PESERTA PELATIHAN YANG TELAH MENYELESAIKAN PADA HARI INI DAPAT MEMETIK MANFAAT YANG BANYAK. SAYA SANGAT BERHARAP DIKLAT YANG TELAH DIIKUTI MEMPERLUAS WAWASAN, MEMBUKA CAKRAWALA BERFIKIR, MEMPERBAIKI ETOS KERJA DAN MENINGKATKAN PROFESIOANLISME PARA PESERTA DAN SEGERA MENGAMALKAN ILMU YANG DIPEROLEH YANG DITANDAI DENGAN PERBAIKAN SIKAP MENTAL, PERILAKU, DAN PRESTASI KERJA YANG MEMENUHI KUALIFIKASI APARATUR YANG PROFESIONAL YANG BERCIRIKAN :

TEKUN DAN ULET DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN KEWAJIBAN

CERMAT DALAM MENILAI SITUASI

TAJAM DALAM MEMILIH ALTERNATIF

TERAMPIL DALAM MELAKSANAKAN BERBAGAI KEBIJAKAN

ALHAMDULILLAHIRABBILALAMIN PELATIHAN PELAYANAN / PERIZINAN BAGI APARATUR KECAMATAN DAN NAGARI SERTA KELEMBAGAAN YANG ADA DI NAGARI TAHUN 2003 DENGAN RESMI SAYA TUTUP. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN BIMBINGAN DAN PETUNJUK BAGI KITA SEMUA, AMIN.

WABILLAHI TAUFIQ WAL HIDAYAH

WASSALAMMUALAIKUM WR. WB.

BUPATI AGAM,

ARISTO MUNANDAR

BUPATI AGAM

RAPAT KERJA PEMERINTAH KABUPATEN AGAM

RABU, 24 SEPTEMBER 2003

– 12 –

Leave a Reply